22 Software Akuntansi Terbaik

Alex Dhika

Berikut ini kami sertakan 20 list software akuntansi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan manajemen keuangan di bisnis Anda.
Poin yang kami gunakan untuk menilai dan menyusun daftar ini antara lain :
  1. Teknologi yang digunakan

  2. Kelengkapan fitur

  3. Kemudahan penggunaan

  4. Skalabilitas (kemampuan untuk dipakai perusahaan besar)

  5. Harga

  6. Jumlah pengguna

  7. Pengembangan kedepan

  8. Potensi di masa depan

  9. Support dan komunitas


1. Odoo


Kejutan terjadi di dunia ERP software termasuk software akuntansi sejak adanya Odoo. Odoo merupakan software akuntansi terbaik saat ini, selain gratis dan Open Source, Odoo memiliki fitur yang sangat lengkap. Odoo juga merupakan software ERP sehingga dengan menggunakan Odoo, kita sebenarnya sudah siap untuk mengadopsi sistem ERP yang tidak hanya terdiri dari aplikasi keuangan tapi juga seluruh aplikasi bisnis yang kita perlukan ada di Odoo, mulai dari website, email marketing, penjualan, pembelian, stok barang, manajemen SDM, manajemen pelanggan, manajemen aset dan masih banyak lagi. Untuk mempelajari lebih detail tentang Odoo silahkan mendownload Ebook pengenalan dasar Odoo (gratis) di sini.

2. ERP Next


Mirip dengan Odoo, ERPNext adalah software ERP yang ada aplikasi akuntansi di dalamnya. ERPNext juga berlisensi Open Source atau kode terbuka yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

3. FlectraHQ


FlectraHQ juga merupakan software ERP yang merupakan fork atau percabangan dari Odoo. Fitur yang ada di FlectraHQ mirip dengan Odoo dengan beberapa perubahan. FlecraHQ juga merupakan software Open Source yang bisa Anda download dan install secara gratis.

4. Jurnal.id


Jurnal adalah software akuntansi buatan dalam negeri. Jurnal menawarkan kemudahan dan support dalam menggunakan aplikasi ini. Anda bisa menggunakan jurnal dengan berlangganan bulanan atau tahunan. Anda wajib memiliki akses internet untuk menggunakan aplikasi jurnal.

5. Sleekr.co


Serupa dengan jurnal.id, Sleekr menawarkan kemudahan penggunaan dan kesederhanaan pengoerasian

6. Easy Accounting System (EAS)

Software ini dibangun sejak tahun 2009, berbasis desktop dan mobile EAS menawarkan kelengkapan fungsi sehingga software ini bisa disebut dengan semi-ERP.

7. Acosys Accounting

Acosys Accounting merupakan aplikasi multiplatform yang bisa berjalan di Windows, Mac dan Linux, aplikasi ini mulai dikembangkan sejak tahun 1997.

8. Bee Accounting

Bee juga merupakan aplikasi akuntansi mutiplatform yang menawarkan kemudahan penggunaan dan keakuratan laporan

9. MAS Accounting

MAS Accounting menawarkan fitur akuntansi yang bisa dikustom sesuai keinginan penggunanya.

10. Omega Accounting

Realtime dan bisa diakases dimana saja merupakan hal penting yang ditawarkan Omega Accounting

11. Zahir Accounting

Zahir Accounting buatan dalam negeri yang dimulai tahun 1997, Zahir dimulai dari aplikasi desktop berbasis windows dan sekarang sudah mendukung versi cloud

12. MYOB

MYOB merupakan aplikasi akuntansi populer di Indonesia, cukup mudah digunakan.

13. Accurate Accounting

Accurate menawarkan modul akuntansi lengkap, software ini banyak dipakai di kota-kota besar. Menyediakan versi desktop dan juga versi onlinenya.

14. Krishand

Selain merupakan software akuntansi yang lengkap, Krishand juga menawarkan modul Payroll dan juga perpajakan dengan mudah

15. Keysoft

Fitur lengkap untuk mengelola keuangan Anda, juga tersedia versi mobile.

16. Abipro

Abipro dibuat sejak tahun 1985, merupakan salah satu software akuntansi tertua yang ada di Indonesia

17. Fina

Software Akuntansi buatan dalam negeri yang cukup mudah digunakan dengan fitur yang lengkap. Fina juga menawarkan fitur custom sesuai keinginan penggunanya.

18. Integrated System

Mudah mengelola keuangan dengan IS yang juga dilengkapi dengan fitur POS. IS menawarkan kemudahan penggunaan dan tingkat kemananan yang tinggi.

19. Siscom

Software Akuntansi dengan klaim memiliki after sales terbaik di Indonesia untuk mendukung kemudahan penggunaan dan kelancaran bisnis Anda.

20. Bukubuku

Salah satu software akuntansi berbasis cloud yang menawarkan sistem yang handal dan juga "cantik" :)

21. e-accounting

Software akuntansi berbasis cloud yang sederhana, aman, powerful dan support yang sangat bisa diandalkan.

22. Million

Solusi untuk sistem akuntansi yang tidak mengenakan biaya tahunan untuk berlangganan.    

Jika Anda kesulitan menentukan atau memilih software akuntansi yang tepat untuk perusahaan Anda, silahkan menghubungi kami, dengan senang hati kami membantu Anda.