4 Cara Memasarkan Produk Online Shop 90 Persen Berhasil Closing

Kun Hery

Cara memasarkan produk online shop dengan teknik seo adalah salah satu langkah yang cukup banyak digunakan dan sangat efektif sekali menunjang keberhasilan sebuah online shop, baik itu perusahaan baru ataupun yang sudah lama sekalipun. 

Tidak hanya dikehidupan marketing offline, dalam dunia bisnis online juga dikenal sebagai strategi pemasaran online atau biasa disebut sebagai marketing online. Tanpa adanya strategi tersebut, sangat sulit seseorang calon konsumen menemukan produk anda terlebih lagi bila menginginkan closing dalam jumlah yang besar. 

Maka dari itu, beberapa online shop yang dibangun dengan platform website juga banyak mengalami kegagalan. Penyebab utamanya adalah kurangnya pengetahuan mengenai  pemasaran bisnis online, sehingga para penjual / pedagang langsung terjun ke area kompetisi tanpa membuat strategi pemasaran terlebih dahulu.


Beberapa Hal Penting Sebelum Memasarkan Produk Online

Sebelum memasarkan produk lewat online, sebaiknya anda harus mengetahui beberapa cara pemakaian beberapa aplikasi media sosial. Untuk media yang kami rekomendasikan adalah instagram. Mengapa harus instagram?

Instagram memiliki jumlah pengguna terbanyak dalam kategori aplikasi media sosial dan hampir setiap orang memiliki instagram. Selain itu para pemakaianya juga sangat aktif, sehingga instagram bisa dijadikan prospek berpeluang dalam menjual produk anda.

Hal yang perlu dipelajari dalam meningkatkan pengunjung di instagram online shop adalah dengan memperbanyak follower, selalu aktif dalam membuat konten, dan mengetahui pemakaian hastag pada instagram yang benar (#).



4 Cara Memasarkan Produk Online Shop Yang Kerap Digunakan 


Memasarkan produk online shop dalam kaitannya dengan cara meningkatkan brand toko. Tujuan utama yang pertama adalah memperluas brand agar dapat diketahui oleh banyak orang atau biasa dikenal dengan jumlah traffic. Semakin jumlah traffic tinggi maka semakin pula jumlah calon pembeli yang anda dapatkan. Berikut ini diantaranya :

1. Menggunakan Google Ads

Google Ads adalah sebuah jasa periklanan yang dibuat oleh Google yang bermanfaat untuk memasarkan produk anda di halaman pertama search engine Google. Salah satu contohnya seperti ini, dengan kata kunci “jual jam tangan”

 

Kelebihan utama Google Ads adalah posisi produk anda pasti di tampil di halaman pertama Search Engine Google, dengan demikian seorang calon pembeli dipastikan akan selalu melakukan klik di halaman paling atas. Tidak hanya itu, kata kunci (keyword) tersebut dapat disesuaikan dengan keinginan anda, semisal contoh produk anda adalah jualan mobil dan menginginkan kata kunci “jual mobil murah di magelang” maka tinggal melakukan setting di akun keywordplanner.

Untuk menggunakan layanan tersebut, syarat utamanya adalah anda harus memiliki sebuah website, sehingga ketika seseorang pembaca tertarik dan melakukan klik, maka akan diarahkan ke website anda. Bila anda belum memiliki sebuah website, bisa konsultasi langsung dengan developer surya semesta di nomor : 0852-1500-2010 (gratis konsultasi) Call/SMS/WhatsApp/Telegram. Atau bisa kunjungi halaman -> jasa pembuatan website.

Tidak hanya itu, surya semesta juga menyediakan website gratis dan berbayar, beberapa kelebihan berbayar adalah anda akan dipandu secara Gratis dalam melakukan kegiatan pemasaran pada pelayanan Google Ads , Gratis 30 hari pemakaian Google Ads dan berbagai optimasi lain. 


2. Menggunakan Forum 

Banyak sekali forum terkenal di indonesia seperti forum kaskus, forum.detik.com dan lainnya. Cara pemasarannya cukup mudah, yaitu dengan melakukan posting atau artikel mengenai produk anda, dan menuliskan kontak person. 

Namun kelemahan forum ini memang tidak begitu efektif dalam melakukan closing, karena rentan sekali penipuan, sehingga tujuan utama adanya forum adalah dengan meningkatkan kredibilitas website atau kegiatan membangun backlink SEO. Untuk mengantisipasi kelemahan pada kredibilitas forum, anda dapat menyertakan website anda diketerangannya, sehingga konsumen lebih percaya.


3. Youtube Ads

Youtube ads juga hampir sama dengan Google Ads, namun perbedaannya adalah letak pada kontennya. Bila pada youtube ads, iklan yang digunakan dalam bentuk video sedangkan Google ads hanya berupa deksripsi singkat teks saja. Beberapa kelebihan video yang digunakan sebagai media pemasaran adalah dapat dengan mudahnya memperkenalkan produk dan sekaligus menarik daya peminatnya, hal ini tergantung keunikan video pemasaran yang anda buat. Untuk syarat utama menggunakan Youtube Ads yaitu harus memiliki sebuah website, karena iklan yang di klik akan mengarah pada situs.



4. Menggunakan Website Sendiri Dengan Artikel Model Funnel Tofu Mofu Dan Bofu

Bila anda memiliki sebuah website sendiri, anda bisa menunjang pemasaran secara gratis dan hasilnya pun lebih optimal daripada yang berbayar. Model artikel yang dibuat tersebut berdasarkan tingkatan yaitu Tofu, Mofu dan Bofu.


Tofu merupakan funnel pertama yang mendeskripsikan artikel tentang yang menarik dan dapat dinikmati oleh pembacanya, manfaatnya adalah untuk mendatangkan traffic. Contoh judulnya adalah “bagaimana cara memilih rumah” “contoh foto foto mobil mewah” “bagaimana cara diet 7 hari” dan lainnya.

Tahap kedua adalah Mofu, dimana artikel mendeskripsikan solusi yang terbaik dan lebih mendalam. Contoh bila anda mengambil judul Tofu “bagaimana cara diet 7 hari” maka judul Mofu yang bisa diambil “7 Produk Pelangsing Terbaik Di Tahun 2019”.

Tahap ketiga adalah BOFU mendeskripsikan produk yang dijualnya contoh pada judul Mofu yang diambil “7 Produk Pelangsing Terbaik Di Tahun 2019” maka didalamnya pasti terdapat berbagai produk seperti acai berry, duromine dll. BOFU lebih memperkenalkan harga, kelebihan produk, deskripsi produk dan lainnya. Contoh Judul Bofu “Jual Pelangsing Acai Berry”.

Penerapan Funnel Tofu, Mofu, Bofu tersebut berguna menggiring seseorang yang asalnya tidak tahu menjadi lebih tahu dan berakhir pada closing. Untuk setiap artikel yang dibuat dari Tofu harus melakukan link ke Mofu dan dari Mofu link ke Bofu agar memudahkan pembaca digiring. 

Bila anda belum memahami mengenai konsep marketing online dan lain lain, bisa langsung menghubungi 0852-1500-2010 (gratis konsultasi) Call/SMS/WhatsApp/Telegram.


Kun Hery

res.partner(11,)