4 Cara Sederhana Mengatasi Persaingan Bisnis Hotel

Tips Sederhana Terlepas dari Persaingan Bisnis Hotel dan Penginapan

Alex Dhika


Kantor utama kami berada di salah satu kota wisata yang cukup terkenal yakni kota wisata Malang. Ada banyak teman dan juga klien kami yang berbisnis di sektor hotel dan juga penginapan. Semakin lama semakin ketat juga persaingan bisnis hotel meskipun dari sisi pemerintah ada aturan mendirikan hotel namun arus digitalisasi seperti munculnya bisnis share penginapan seperti Airbnb cukup menggerus pasar yang sudah ada. Lalu bagaimana menghadapi persaingan bisnis seperti ini? Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan di bisnis hotel Anda.

1. Gunakan Inbound Marketing

Mulai dikenal sekitar 13 tahun yang lalu, metode ini sekarang sangat populer seiring dengan semakin meluasnya penggunaan perangkat-perangkat yang terkoneksi dengan internet seperti smartphone. Metode ini merupakan metode marketing baru yang sangat powerful untuk melejitkan bisnis Anda bahkan dengan mudah menciptakan pasar baru. 

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika kita menggunakan Inbound Marketing :

  1. Konsumen maupun calon konsumen tidak terganggu dengan cara marketing bisnis hotel Anda

  2. Biaya yang lebih rendah karena lebih efisien jika dibandingkan metode memasang marketing iklan

  3. Jangka panjang yang berkelanjutan

  4. Mudah dikerjakan, Anda cukup membuat artikel marketing di website

  5. Konsumen lebih menghargai cara Anda menjual

Kami menulis ebook gratis yang berisi ulasan sederhana yang disertai contoh tentang metode Inbound marketing ini, jika Anda tertarik silahkan mendownload secara gratis di sini

2. Gunakan database marketing
Database marketing sudah lama dikenal di kalangan bisnis skala besar, saat ini biaya untuk mengadopsi metode marketing ini semakin murah, Anda bisa menggunakan layanan-layanan seperti Mailtarget, Mailchimp, Keap, ActiveCampaign dan sejenisnya untuk memulai menggunakan metode database marketing yang efisien. Dalam tingkat lanjut, database marketing akan sangat powerful jika digabungkan dengan Inbound Marketing.

3. Jalin relasi dua arah dengan konsumen
Gunakan sosial media sebaik mungkin. Sosial media memang akan selalu mengikuti trend pasar, jika dulu BBM berganti ke Facebook kemudian berganti ke Instagram dan WhatsApp namun mengikuti trend ini sangat diperlukan untuk menjalin relasi dua arah dengan konsumen Anda.

4. Efisiensi kan biaya
Selain menggunakan 3 metode marketing di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan menggunakan sistem untuk mengoptimalkan pekerjaan dan biaya yang dikeluarkan, gunakan sistem ERP supaya mempermudah relasi antar bisnis proses dan antar divisi di bisnis hotel Anda. Anda bisa mendapatkan informasi tentang sistem ERP di sini.

Dengan menerapkan 4 poin sederhana di atas akan sangat membantu Anda dalam mengatasi persaingan bisnis hotel maupun penginapan.

Alex Dhika

res.partner(3,)