4 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Kerap Digunakan

Kun Hery

Contoh strategi pemasaran produk makanan yang bagus dan modern di bawah ini dapat anda gunakan untuk memasarkan produk bisnis olahan anda. Binis makanan memang sangat menggiurkan sekali, pasalnya banyak diantaranya yang sukses dan meraup keuntungan, namun disisi lain juga ada yang gagal dan bangkrut dalam membangun bisnis produk makanan.

Mendesain konsep bisnis produk makanan semenarik mungkin memang bisa dijadikan sebagai cara menarik daya minat pembeli namun hal ini belum-lah maksimal karena yang kita butuhkan adalah “strategi pemasaran”. Strategi pemasaran merupakan kegiatan untuk memperkenalkan kepada masyarakat agar produk yang anda jual bisa dikenal, sehingga bisa dikatakan tanpa adanya pengenalan, maka mustahil seseorang bisa memiliki minat untuk beli.


Mengapa Produk Makanan Lebih Menguntungkan Daripada Bisnis Lain

Usaha produk atau bisnis makanan memang sangat menguntungkan, karena selain harga yang mudah dijangkau oleh dompet masyarakat ada beberapa segi lain yang sifatnya lebih global yaitu : usaha makanan tidak akan ada habisnya dan terus berkembang, mengingat pertumbuhan penduduk akan terus semakin meningkat, yang mengacu pada kebutuhan pokok konsumen atau bisa dikatakan setiap orang pasti membutuhkan makan. Inilah yang menjadikan prospek utama bisnis makanan.


Sebelum Memasarkan Beberapa Hal Yang Harus Dipersiapkan

Berikut di bawah ini adalah hal hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum melakukan pemasaran, agar nantinya hasil lebih maksimal dan lebih mudah mendapatkan pengunjung untuk membeli.


1. Pastikan Membuat Bisnis Makanan Yang Diterima Oleh Lidah Masyarakat

Point yang terpenting adalah olahan produk makanan atau jajanan harus bisa diterima oleh lidah masyarakat, karena beberapa olahan masakan luar negeri yang cenderung pahit dan terkesan aneh sangat sulit ditargetkan penjualan di pasar bawah – menengah.

2. Buatlah Nama dan Logo Bisnis Produk Makanan Anda

Logo bisa anda ciptakan melalui foto editor seperti photoshop, corel draw dan lainnnya, manfaat logo sangat penting untuk mencitrakan nama brand bisnis anda, sehingga seseorang bisa mengingatnya dari gambar yang anda buat. Mengingat logo adalah hal yang penting, sehingga diharapkan bisa membuat yang unik dan menarik.

3. Ciptakan Minimal 6 Bulan Sekali, Cita Rasa dan Produk

Menciptakan cita rasa dan produk makanan sangat penting sama halnya menjaga agar konsumen tidak bosan dengan jenis olahan anda. Seperti bisnis produk brownies yang pernah kita kenal adalah varian rasa coklat, namun seiringnya bisnis ini berkembang menjadi beberapa varian seperti tiramisu, banana, pandan, sarikaya dan lainnya.



3 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Mudah Diterapkan

Contoh strategi dibawah ini sangat cocok untuk anda pembisnis pemula atau yang sudah tinggi sekalipun. Penerapan strategi di bawah ini juga sangat menguntungkan dan menekan biaya promosi karena bisa anda lakukan sendiri secara rutin serta bisa dipantau untuk hasilnya. Berikut ini diantaranya :


1. Membuat Website Sebagai Media Pemasaran Terbaik

Keberadaan website sangat penting dalam hal pemasaran, bahkan pemakaian website dapat meningkatkan kurang lebih 80% lebih penjualan produk makanan. Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui lebih rinci pemakaian website untuk berbisnis sehingga ketika sudah melakukan build website hasilnya akan sia sia bahkan tidak ada sama sekali alias gagal.

Pernahkah anda tahu, pengguna internet sudah meningkat? Jawabannya adalah iya, seiring dampak pengguna di dunia online, maka semakin besar peluang anda dalam menjual produk di dunia maya tersebut.


Tempat Sasaran Utama Media Pemasaran Website ?

Bila anda telah membuat website, setidaknya anda harus mengetahui tempat kita bersaing khusus media website tersebut. Persaing website terletak pada search engine baik itu yahoo ataupun Google. Berikut ini adalah contoh persaingan website di search engine, dengan produk “jual brownies”.



Bagaimana Langkah Awal Membangun Website?

Mengingat website adalah salah satu poin utama dalam kesuksesan dalam pemasaran produk makanan, setidaknya anda harus membuat website yang sudah teroptimasi SEO (Search Engine Optimization). Apa itu SEO? 

SEO merupakan kegiatan optimasi website, agar nantinya mudah mendapatkan urutan rank pertama di search engine Google (contoh tampak gambar diatas dengan kata kunci “jual brownies”). Maka dari itu, saat ini banyak sekali jasa pembuatan website murah atau bahkan gratis namun tidak mementingkan kegiatan SEO-nya sehingga inilah yang menjadi pencetus utama kegagalan dalam membangun sebuah website.

Disarankan sekali untuk membuat website kepada seseorang yang memberikan layanan penuh terhadap optimasi website, atau bila perlu bisa anda tanyakan sendiri “apakah ada jaminan untuk menempatkan di posisi halaman Google”. 

Berikut ini adalah salah satu contoh rincian rekomendasi bila anda hendak mencari jasa pembuatan website :

 

Mungkin bisa dibilang harga sedikit lebih mahal daripada jasa pembuatan website yang lainnya, namun anggaran tersebut sangat penting dalam meraup pengunjung di media pemasaran website, terlebih lagi target persaingan yang nanti dijalani berada pada produk paling terkenal yaitu miliknya Google dan pemakaian Google Search Engine sudah berkisar kurang lebih 1 Miliar.

Untuk info mengenai price list harga dengan penawaran halaman 1 Google bisa di cek di halaman -> https://www.suryasemesta.com/jasa-pembuatan-website-profesional atau bisa juga hubungi salah satu pihak developer website Gratis di nomor : 0852-1500-2010 (gratis konsultasi) Call/SMS/WhatsApp/Telegram.


Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Website Jadi?

Setelah pembuatan website dengan SEO sudah jadi , yang anda lakukan adalah membuat konten produk terlebih dahulu. Konten produk yang dimaksud adalah jenis olahan makanan atau minuman yang anda jual, buatlah minimal 300 kata atau lebih agar dari sisi pembaca merasa puas dengan informasi yang anda berikan. Beberapa konten yang diperhatikan adalah dilarang menjiplak, memiliki gambar yang menarik original, dan konten yang dibuat harus ada unsur minimal riset keyword. Untuk belajar riset keyword silahkan kunjungi halaman ini terlebih dahulu -> https://www.suryasemesta.com/blog/artikel-4/post/inbound-marketing-dan-cara-singkat-implementasinya-139


Apa Fitur Tambahan Untuk Pemasaran di Website?

Beberapa fitur website yang lain juga bisa dimanfaatkan sebagai media marketing diantaranya adalah Email marketing dan subscribe.


Buatlah Artikel Di Blog, Tentang Apapun dan Tidak Harus Menggunakan Buying Keyword

Buatlah minimal konten blog 3 hari sekali bertemakan tentang makanan yang anda jual (bukan keyword buying) contoh “keunggulan brownies coklat”, “alasan mengapa banyak yang memilih brownies keju coklat daripada yang lain”, dan seterusnya.

Konten tersebut sangat berguna untuk menarik pengunjung dan meningkatkan traffic pada website anda, agar nantinya bisa meningkatkan brand dari toko atau bisnis anda. Untuk pembuatan artikel di blog pun sama, yaitu bisa menggunakan riset keyword di keyword planner Google https://ads.google.com/intl/id_id/home/tools/keyword-planner/

Bila anda belum memahami cara pembuatan konten SEO, bisa konsultasi dengan kami gratis di nomor 0852-1500-2010 Call/SMS/WhatsApp/Telegram, agar nantinya konten yang anda buat tidak salah.


Cara Memantau Pengunjung Traffic Di Website 

Traffic bisa diibaratkan sebagai nilai ukur keberhasilan dalam membangun sebuah website, semakin banyak pengunjung / Traffic di dalam website anda maka semakin pula keberhasilan yang anda raih. Untuk memantau traffic, anda bisa meng-klik jetpack yang tersedia di fitur websitenya, tampilan statistik akan diperlihat seperti gambar dibawah ini :


Bagaimana Terjadinya Closing Melalui Situs Website?

Dalam artikel atau website sertakan kontak whatsapp, line dan lainnya, bila para pembaca atau pengunjung tertarik dengan produk akan langsung melakukan kontak lanjut sesuai yang anda sertakan. Berikut ini adalah salah satu contoh fitur plugin whatsapp direct otomatis, yang mempermudah konsumen menghubungi anda :



2. Menggunakan Media Instagram 

Menggunakan media instagram sangat baik untuk menunjang bisnis olahan makanan, walaupun traffic pada instagram sangat tinggi dan hampir setiap orang memiliki akun tersebut namun ada kelemahannya yaitu kurangnya kredibilitas dan sulit dipercaya karena rentan penipuan. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak yang menggunakan situs website agar usahanya lebih dipercaya, sedangkan pembangun website pastinya sudah menyerahkan beberapa data sebagai pendaftaran untuk mempermudah pelacakan bila terjadi penipuan. Bila pada instagram sangat sulit dilacak karena pendaftaran hanya menggunakan nomor telp saja.

Untuk memulai pemasaran produk makanan di instagram anda bisa membuat konten berupa foto dan video. Setelah itu dilanjutkan dengan mencari follower sebanyak banyaknya.

Penerapan Target di Instagram

Sama halnya pada riset keyword di Google, instagram juga memiliki demikian namun pada media instagram tidak tertera jumlah traffic yang mengakses keyword tersebut hanya berupa jumlah follower pada tagar atau hastag (#). Semakin banyak follower pada hastag maka semakin bagus untuk ditembak. Berikut ini salah satu contoh penggunaan hastag pada post instagram.



3. Youtube 

Youtube penerapannya juga hampir sama, saat ini juga sangat dipergunakan oleh perusahaan kecil hingga besar sekalipun. Pemakaian youtube sangat penting dalam meningkatkan kredibilitas bahkan bisa digunakan ajang sharing video produk dalam durasi yang lama. Untuk awal pemakaian youtube sabagai pemasaran, sebaiknya hindari pembuatan video yang sifatnya ‘menjual’ , buatlah video seperti ‘cara’, ‘tips’, ‘keunggulan’, dan lain sebagainya. Setelah jumlah subscriber pada chanel youtube anda besar, bisa langsung ke buying atau pengenalan produk.

4. Bekerjasama Dengan Bisnis Lain

Kerjasama merupakan seni yang jika Anda kuasai akan meledakkan omset bisnis Anda secara signifikan. Anda bisa bekerjasama dengan EO, Agensi Pariwisata atau Anda bisa bergabung dengan grup "Kolaborasi Pengusaha Untuk Dunia" secara gratis di sini.





Kun Hery

res.partner(11,)