4 Manfaat Menggunakan Odoo untuk Manajemen Stok Barang

Muhamad Amirullah


Manajemen persediaan atau stok barang adalah hal yang sangat penting yang dimiliki oleh sistem ERP Anda. Pada saat yang sama, ERP dapat membantu untuk mengelola persediaan stok barang Anda dengan baik dan sesuai yang Anda butuhkan. Selain hal tersebut, ternyata sistem ERP atau Odoo ERP juga memiliki manfaat lain ketika diaplikasikan untuk mengelola stok barang pada bisnis Anda. Berikut adalah 4 manfaat menggunakan Odoo untuk manajemen stok barang:

1. Merencanakan Pemesanan Ulang Stok Anda

Fitur manajemen inventaris memungkinkan Anda untuk merencanakan dengan pemesanan ulang stok barang secara benar. Jumlah inventaris Anda harus akurat sehingga ketika terjadi pembelian atau pnerimaan barang dalam jumlah yang banyak, Anda akan mengetahui tindakan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Sistem manajemen persediaan yang terdapat pada sistem ERP dapat memungkinkan Anda untuk mengkategorikan bagian-bagian yang membantu Anda dengan mudah memesan barang dengan jumlah atau kuantitas yang tepat. Sasaran Anda di sini adalah lebih sedikit transaksi sehingga Anda dapat memesan jumlah barang secara tepat untuk memenuhi semua permintaan yang terlihat dalam kurun waktu tiga bulan ke depan. Dengan mengoptimalkan pengelolaan pemesanan ulang barang secara tepat, hal ini berarti  akan lebih sedikit transaksi dan mengarah ke akurasi inventori yang lebih baik.

2. Surplus Manajemen Persediaan

Dengan  fitur yang dimiliki oleh Odoo ERP, Anda dapat dengan cepat melihat dan bereaksi terhadap persediaan jika terjadi surplus. Apakah surplus ini disebabkan oleh penurunan beberapa permintaan atau karena beberapa faktor lainnya. Jika hal ini terjadi, maka sistem pengelolaan inventaris ERP Anda akan segera menyoroti surplus tersebut. Haruskah Anda mengembalikan barang tersebut? Dapatkah Anda menghubungi pelanggan dan meminta pesanan lain untuk menggunakan kelebihannya? Ada banyak  pilihan yang Anda miliki ketika terjadi surplus jika memanfaatkan fitur yang terdapat pada Odoo ERP.

3. Perputaran Pelacakan Inventaris

Anda dapat melacak perputaran inventaris bisnis Anda berdasarkan beberapa kategori dan bukan hanya secara keseluruhan. Sistem manajemen persediaan yang terdapat pada ERP memungkinkan Anda untuk mengkategorikan inventaris Anda dalam banyak cara dan menganalisis apakah susunan inventaris Anda sudah benar.

4. Investasi bisnis

Anda akan menghemat waktu dan uang melalui pengelolaan persediaan yang lebih baik jika bisnis Anda menggunakan software ERP. Pengelolaan yang lebih baik dapat mengarah pada peningkatan kepuasan pelanggan. Pengelolaan juga  dapat berarti memindahkan barang Anda dengan jumlah transaksi terbesar ke lokasi bagian atas stok dan dekat antara satu sama lain. Selain itu, sistem ERP mudah digunakan untuk meningkatkan organisasi inventaris dan hasilnya bisa lebih meningkatkan efisiensi dan produktivitas yang lebih baik pada stok barang Anda. Kepuasan karyawan Anda meningkat dan secara otomatis keuntungan Anda akan sejalan dengan itu.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Odoo ERP Anda dapat bertanya lebih dalam tentang sistem ini pada perusahaan jasa implementasi Odoo ERP terpercaya. Pada umumnya, penyedia jasa ini akan membantu Anda mulai dari dasar, manfaat, dan juga beberapa fitur yang terdapat pada Odoo ERP sebelum Anda memutuskan untuk mengaplikasikannya pada bisnis Anda.