5 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Apotek Dengan Jangkauan Luas

Kun Hery

Cara meningkatkan omset penjualan apotek memang sangat diperlukan, walaupun usaha tersebut adalah usaha yang pasti dibutuhkan oleh masyarakat karena setiap orang pasti pernah mengalami sakit serta membutuhkan obat. Berangkat dari analisis kebutuhan, memang apotik adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan, namun diantaranya juga banyak yang mengalami kebangkrutan, karena ada berbagai faktor salah satunya adalah pemasaran.

Bila saat ini anda telah membangun sebuah usaha apotik, dan penghasilannya tidak ada kurun waktu kenaikan, maka saatnya cobalah untuk mengantisipasi kebangkrutan dengan melakukan analisis ataupun riset mengenai apotik apotik yang paling ramai, dengan demikian anda sudah bisa menentukan strategi apa saja yang bisa diambil untuk mempertahankan Apotek anda, namun ada beberapa cara selain itu yang berguna untuk memaksimalkan omset yang turun dratis. Berikut ini diantaranya :

1. Bergabunglah Dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)

Bergabung dengan BPJS adalah salah satu aspek penting yang digunakan oleh apotek apotek untuk mendapatkan omset yang stabil dan cepat. Saat ini BPJS tidak hanya menyediakan join untuk Rumah Sakit saja melainkan farmasi, dan apotek juga bisa turut serta bisa memberikan pelayanan pengambilan obat jaminan  kesehatan. Untuk mendaftarkan apotek BPJS, silahkan pergi ke kantor BPJS untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

2. Jalin Kerjasama Dengan Klinik Dan Dokter

Bila anda telah memiliki ijin layanan kesehatan BPJS hal ini sangat lebih menguntungkan dan lebih dipercaya oleh klinik klinik hingga dokter spesialis. Namun bila tidak tergabung dalam layanan BPJS, anda juga bisa berkesempatan untuk menawarkan ke dokter dokter dengan memberikan persenan ataupun sesuatu yang bisa menarik antar kerjasama dua belah pihak.

3. Selalu Menyediakan Obat Obatan Yang Lengkap

Point nomor 3 memang sangat sulit sekali untuk apotek yang masih kecil, lantas mengapa point 3 ini sangat penting? Hal ini berguna untuk meminimalisir calon pembeli kecewa dan tidak datang untuk kedua kalinya, semakin obat yang anda sediakan lengkap maka secara otomatis konsumen akan lebih mempertimbangkan apotik yang akan dikunjunginya walaupun letaknya sangat berjauhan.

4. Jual Produk Di Market Place Agar Menjangkau Perluasan Pasar

Mengapa obat bisa dipasarkan ke marketplace, dan siapa yang membutuhkannya? Jawabannya adalah karena kebutuhan, dan perluasan informasi ke berbagai pihak, belum tentu beberapa daerah seperti luar pulau jawa memiliki apotek yang mudah ditemukan, dan hal seperti inilah yang bisa dijadikan sebagai target penjualan.

Dari beberapa riset, luar pulau terpencil memang sangat sulit mendapatkan obat kecuali harus pergi ke puskesmas yang letaknya sangat jauh, dan belum tentu puskesmas tersebut memiliki obat yang dibutuhkan pasiennya. Untuk menargetkan calon pembeli tersebut, anda bisa mendagangkan obat obatan anda di market place dan dikirim melalui jasa ekspedisi. Berikut ini adalah salah contoh penjualan obat amoxicillin di market place.

 

Berikut ini nilai besar penjualan dari salah satu pedagang obat :


Terlihat tampak 398 transaksi berhasil, inilah salah satu cara untuk menaikkan omset penjualan apotek anda. beberapa marketplace yang mungkin bisa dicoba diantaranya Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.


5. Luaskan Pemasaran Anda Di Search Engine Google Dan Membangun Brand Apotek

Search engine google adalah salah satu yang memudahkan calon pembeli menemukan apotek anda di dunia online. Banyak sekali oknum apotek yang memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan calon pembeli berkali kali lipat. Berikut ini adalah salah satu contoh apotek online yang muncul di halaman pertama Google Search Engine 


Inilah yang digunakan menfasilitasi calon pembeli konsultasi langsung dan mencari sebuah obat yang diinginkan. Salah satu syarat yang dibutuhkan bila ingin membangun brand di Google Search Engine adalah memiliki sebuah website yang Ber SEO.

Maksud website Ber-SEO adalah website yang dibangun memiliki prioritas bagus di mata Google, sehingga website anda mampu berada di halaman pertama. Maka dari itu diharapkan bagi anda yang ingin membangun sebuah website, cobalah cari jasa yang memang benar menyediakan layanan SEO dan bisa membantu menempatkan di halaman pertama. Contohnya seperti berikut :


Nah bagi yang sudah memiliki website Ber-SEO, berikut ini adalah tampilan visitor yang dapat dipantau kenaikannya, mengingat visitor berbanding sama dengan penjualan, jadi bisa diibaratkan semakin besar visitor maka semakin pula jumlah calon pembeli di toko anda.


Bagi yang ingin berkonsultasi dan ingin membangun silahkan hubungi pihak developer di nomor 0852-1500-2010 (gratis konsultas) Call/SMS/WhatsApp/Telegram atau bisa mengunjungi halaman -> Jasa Promosi dan Optimasi Website


Kun Hery

res.partner(11,)