5 Cara Paling Efektif Memasarkan Usaha Catering Secara Online

Alex Dhika


Akhir-akhir ini semakin banyak bisnis yang masuk ke media online untuk meningkatkan penjualan dan bahkan untuk media branding. Tidak terkecuali bisnis catering. Jika Anda memiliki bisnis catering dan ingin memasarkan bisnis catering Anda secara online, berikut tips dan cara sederhana yang sudah kami seleksi untuk memasarkan bisnis catering Anda secara online dengan efektif. Sedikitnya ada 5 jalur yang harus Anda perhatikan untuk memasarkan usaha catering secara online

  1. Inbound Marketing
    Primadona baru di kalangan marketer internet. Ya itulah Inbound Marketing. Mulai dikenal sejak tahun 2006, metode ini sekarang menjadi metode yang paling banyak digunakan bahkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Konsep dari inbound marketing adalah "konsumen mencari bisnis, bukan bisnis mencari konsumen". Mari kita lihat perbandingan antara marketing tradisional (outbound marketing) dan inbound marketing :

    Dari gambar di atas sangatlah jelas perbedaan antara outbound marketing dan inbound marketing, dengan menggunakan inbound marketing artinya Anda perlu membuat nilai tambah di cara marketing Anda agar konsumen mencari produk dari bisnis catering Anda. Hal ini memang cuku sulit dijelaskan, namun kami sudah mempersiapkan ebook yang khusus membahas inbound marketing ini yang bisa Anda download secara gratis di sini.

  2. Website

    Salah satu peran website yang tidak bisa digantikan oleh media lain adalah "kredibilitas". Tingkat kepercayaan usaha catering Anda bergantung dari desain website catering Anda. Hal ini sangat penting terutama jika Anda ingin masuk ke pasar perusahaan. Dan kredibilitas juga sangat penting jika Anda ingin mengembangkan catering terutama jika ingin menarik minat investor ke bisnis catering Anda. jika Anda kesulitan dalam membuat website profesional silahkan menghubungi kami di nomer :
    0852-1500-2010 atau mengunjungi halaman jasa pembuatan website profesional.

  3. Masuk ke Marketplace
    Cara paling cepat untuk menghasilkan penjualan di bisnis catering adalah dengan masuk ke marketplace meskipun Anda kehilangan banyak hal seperti database pelanggan dan juga branding. Anda bisa mencoba masuk ke marketplace Go-Food maupun Grab Food.

  4. Email Marketing

    Metode jangka panjang yang sangat efisien untuk menjaga pelanggan, meningkatkan brand, juga untuk mengelola bisnis beskala besar jika suatu saat nanti bisnis catering Anda berkembang dan berskala nasional bahkan internasional.

  5. Social Media Marketing
    Inilah metode marketing yang paling mudah dilakukan. Cukup dengan membuak akun di Instagram, Facebook, Twitter maupun Line, Anda sudah bisa berjualan langsung di media sosial. Kemudahan menjadikan metode ini cukup mudah dikerjakan. Namun ada kelemahan yang cukup rawan jika Anda hanya menggunakan jalur sosial media untuk memasarkan usaha catering Anda. Apa itu? "Trending", ya trend sosial media terus berubah setiap tahunnya, dan Anda wajib mengikuti trendnnya terus menerus.

Sebenarnya dengan mengoptimalkan 5 jalur marketing di atas, Anda sudah melakukan marketing dan branding sekaligus. Tingkatkan terus wawasan Anda tentang 4 jenis marketing di atas, konsisten dan terus menerus meningkatkan kualitas produk dan jasa Anda.

Alex Dhika

res.partner(3,)