5 Cara Promosi Bisnis Tour Travel Paling Efektif

Metode Memasarkan Bisnis Travel Agen

Alex Dhika


Semenjak pemerintah mulai serius mengembangkan pariwisata Indonesia, semakin banyak pengusaha yang membuka bisnis tour and travel. Dari pengalaman saya sendiri sedikitnya ada sekitar 15 teman yang juga membuka bisnis tour and travel di beberapa kota yang berbeda. Hal ini cukup membanggakan karena dengan begitu akan semakin banyak wisatawan yang datang ke tempat-tempat wisata di Indonesia yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan daerah di tempat wisata tersebut. Namun di sisi lain semakin banyaknya pemain bisnis tour and travel tentunya akan semakin ketat persaingan bisnisnya meskipun di sisi lain juga semakin banyak peluang untuk bekerja sama.

Kali ini saya akan mengulas beberapa tips yang tentunya sudah melalui riset sebelumnya bagaimana mempromosikan bisnis tour and travel secara efektif

A. Secara Online

1. Instagram

Saat artikel ini ditulis, Instagram merupakan sosial media paling banyak digunakan khususnya untuk target market yang gemar berlibur dan jalan-jalan. Hal ini tentunya merupakan keuntungan tersendiri bagi Anda yang ingin mempromosikan bisnis tour and travel Anda melalui internet secara efektif. Kumpulkan follower sebanyak-banyaknya namun perlu diingat, trend sosial media akan terus berjalan dan berganti, jangan hanya berfokus pada Instagram, Anda perlu memiliki rumah sendiri yaitu website.

2. Website Multibahasa

Website ibarat rumah bagi bisnis Anda. Selain untuk rumah, manfaat website yang tidak pernah bisa digantikan oleh media lain adalah tentang "kredibilitas" atau kepercayaan terhadap bisnis Anda. Untuk pengusaha tour and travel sebaiknya tidak menggunakan website biasa tapi menggunakan website multibahasa untuk menggaet juga wisatawan asing agar berkunjung ke negara kita Indonesia. Jika Anda kesulitan membuat website multibahasa silahkan menghubungi kami di no 0852-1500-2010 atau langsung ke halaman jasa pembuatan website tour and travel.

3. Inbound Marketing


Cara paling efektif keluar dari zona persaingan bisnis adalah dengan membuat pasar baru atau istilahnya "Blue Ocean", Anda membutuhkan inbound marketing untuk menemukan samudera biru di bisnis tour and travel Anda. Metode marketing ini sangatlah menarik, dikenal sejak tahun 2006 sekarang menjadi metode marketing paling banyak digunakan dan dipelajari oleh marketer-marketer hebat di dunia. Saya sengaja menulis ebook khusus untuk membahas inbound marketing. Anda bisa mendownload nya secara gratis di sini.

4. Google Ads


Tidak diragukan lagi, inilah bintang di periklanan internet. Dengan menggunakan Google Ads, Anda dengan mudah mendapatkan lead baru yang juga dengan mudah dikonversi menjadi pembeli. Ada 2 versi Google Ads yaitu "search" dan "display", "search" menggunakan kata kunci untuk memunculkan iklan Anda di mesin pencari google dan "display" menggunakan user profil untuk memunculkan iklan Anda di website yang bekerja sama dengan Google Adsense. Jika Anda mahir menggunakannya, cara promosi dengan Google Ads akan sangat cepat melejitkan omset usaha tour anda travel Anda.

B. Secara Offline

1. Travel Fair

Menggunakan budget yang lumayan mahal, saat ini cara promosi melalui travel fair masih sangat efektif untuk mengenalkan bisnis tour and travel Anda secara offline. Selain bertemu dengan calon pembeli, bergabung dengan travel fair juga baik untuk bisnis Anda bertemu dengan teman-teman lain untuk saling bekerjasama.

Alex Dhika

res.partner(3,)