5 Cara Toko Online Menggoda Pelanggan Dengan Harga Mahal Tapi Closing

Kun Hery

Bagi kalangan bisnis online tentu bukan hal asing lagi berhadapan dengan konsumen yang selalu membandingkan harga karena hal ini sangat lumrah sekali dan wajar. Namun kerap kali para sales banyak yang mengalami kegagalan dalam menangani model pelanggan seperti ini dan menganggap bahwa hal tersebut pasti gagal closing. 

Karakter setiap pelanggan memang berbeda beda, ada yang mencari kesesuaian manfaat, perbandingan harga, pelanggan yang detail dan lain lain. Walaupun berbeda beda, bagi sales tentu memiliki langkah dalam menyikapinya. Salah satu yang mungkin banyak mengalami kegagalan adalah masalah Pricing Strategy.

Contoh harga di website anda dan contoh harga yang terdapat di marketplace :


Dilihat dari gambar seperti ini sudah tampak jelas perbedaan harga, disisi kiri website toko online memasang harga Rp 100.000 dan disebelah kanan memasang harga Rp 30.000 – 60.000. Perbandingan harga seperti inilah yang suatu saat pasti terjadi di situs anda dan bagi penjual online, setidaknya harus mempersiapkan bagaimana cara penanganan yang baik sehingga bisa mendapatkan closing.


5 Cara Closing Ke Pelanggan Meskipun Harga Lebih Mahal

Ada banyak sekali metode metode yang bisa diterapkan, namun sekiranya berikut ini ada beberapa tips bagaimana closing yang berkaitan dengan harga yang jauh lebih mahal di toko anda. berikut ini diantaranya :

1. Ramah Dan Fast Respon

Point yang sangat penting dan wajib ada, dimana point ini sangat disukai oleh pelanggan baru atau lama. Semakin anda fast respon, penjelasan yang singkat, namun jelas serta tentunya ramah membuat konsumen lebih tertarik kepada penjual dan membuat konsumen lebih nyaman, daripada di marketplace yang rata rata para seller memiliki akurasi kecepatan membalas 1 pesan antara 5 – 10 menit atau bahkan tidak ada balasan sama sekali.


2. Berikan Testimoni Mengenai Hasil Pemakaian Produk Tersebut

Walaupun harga di website anda lebih mahal daripada di marketplace bukan berarti produk anda tidak akan laku. Justru adanya website dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan atau bisa dianggap bahwa anda serius dalam meningkatkan brand produk anda. Salah satu contohnya adalah seperti berikut :


Dari gambar diatas terlihat harga produk diatas adalah Rp 200.0000 dan di marketplace berkisar antara Rp 100.000 – Rp 140.000 (bisa anda cek). Perbandingan harga memang sangat jauh, namun bagi sales bisa menyikapi hal tersebut dengan memberikan testi saat percakapan di Whatsapp agar menyakinkan konsumen bahwa produk anda lebih baik daripada yang di marketplace. Tidak hanya itu berikan pengertian ke pelanggan bahwa produk yang anda jual original, dan bisa membantu menangani permasalahan.

Untuk pemberian testimoni sebaiknya gunakan whatsapp web (bukan tampilan whatsapp mobile) agar dapat memberikan keyakinan bahwa seller memiliki banyak konsumen yang aktif karena terlihat dari list waktu yang terletak pada sisi kiri.


3. Berikan Potongan Harga Pada Jumlah Pembelian Tertentu

Langkah ketiga adalah bila konsumen menolak karena harga lebih mahal yaitu dengan memberikan diskon (%) dari total pembelian. Contoh 10%, 20% dan seterusnya



4. Berikan Gratis Ongkos Kirim

Mungkin konsumen masih kurang dalam hal diskon, cobalah untuk menawarkan untuk pemotongan ongkir ataupun mengratiskan keseluruhan ongkirnya. Walaupun cara ini kurang efektif namun sangat cocok digunakan untuk pengiriman di luar pulau yang rata rata memiliki biaya ongkos kirim lebih dari Rp 50.000


5. Berikan Gratis Voucher Pembelian Di Toko Anda

Penerapan hal ini sangat menguntungkan dalam mengingatkan konsumen mengenai brand toko anda sehingga saat mencari produk lain, toko andalah yang akan dihubungi. Pemberian voucher ini bisa berupa kaos, produk dari toko anda, ataupun lainnya.


Toko Online Anda Sepi, Cobalah Gunakan Andromeda

Dalam situs online, pengukuran tingkat keberhasilan ditentukan dari jumlah visitor, semakin traffic pada website anda tinggi maka semakin pula banyak pengunjungnya. Oleh karena itu, untuk mengoptimalisasi penggunaan website, setidaknya anda harus mengetahui teknik teknik SEO agar dalam search engine Google mendapatkan ranking 1.

Mungkin banyak permasalahan mengenai SEO karena belum tentu seorang pedagang harus mempelajari SEO yang semakin berkembang. Kami rekomendasikan sekali untuk menggunakan layanan andromeda agar traffic pada website anda bisa mencapai diatas 1000 pengunjung setiap harinya. Silahkan kunjungi halaman tersebut untuk informasi lengkapnya -> Andromeda

Atau bisa juga menghubungi 0852-1500-2010 (gratis konsultas) Call/SMS/WhatsApp/Telegram.


Kun Hery

res.partner(11,)