5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Jualan Dan Bisnis Pemula

Kun Hery

Banyak sekali strategi branding beserta contohnya yang terdapat di media media informasi konvensional hingga online dan kerap kali digunakan oleh para marketing dalam meningkatkan brand produk. Namun kendala yang paling utama adalah ketidakberhasilan dalam menerapkannya.

Mengingat brand awareness sangat penting sebelum tercipta minat daya tarik seseorang untuk membeli produk anda. Brand awareness diibaratkan seperti pengenalan, tanpa adanya pengenalan yang luas maka tidak memungkinkan terjadinya closing yang cukup besar. 

Bagi pengusaha pemula, sebaiknya kenali dahulu tahapan dalam meningkatkan branding produknya karena ada beberapa yang melakukan kesalahan seperti langsung menggunakan brand ambassador (Endors). Memang dalam penggunaan brand ambassador bisa memungkin berhasil lebih cepat, namun bila anda memiliki budget minim sebaiknya lakukan hal hal yang anda kerjakan sendiri dan setelah sukses anda bisa menggunakan brand ambassador.

Beberapa kelemahan endors yaitu semakin terkenal artis atau orang ternama yang anda pilih maka semakin pula budget yang harus dikeluarkan dan kelemahan kedua adalah salah sasaran target pasar sehingga produk yang anda jual tidak laku.


Berikut ini strategi branding beserta contohnya yang bisa anda terapkan untuk membangun brand awareness secara bertahap dan hasil lebih memuaskan :

1. Buatlah Sebuah Logo Anda Sendiri

Berbicara mengenai logo terkadang membuat terpikirkan desain, benarkan desain logo itu sangat penting? Mungkin dari sebagian besar logo adalah hal yang penting untuk perusahaan yang besar, namun ternyata hal itu kurang benar dikarenakan logo sangat penting untuk perusahaan baru, bisnis baru, hingga toko online yang baru merintis sekalipun.

Logo sangat berguna untuk seseorang mengingat toko anda melalui visual gambar, untuk cara membuatnya anda bisa menggunakan sebuah software grafis photoshop atau menggambar secara manual di gambar konvensional lalu di scan untuk dipindai di komputer.

Untuk membuat strategi branding produk melalui logo, setidaknya anda harus memiliki konsep yang anda buat seperti : (1) dapat didiskripsikan sesuai produk dagangan yang anda miliki, (2) mudah diingat, (3) warna yang indah

Contoh desain untuk bisnis 



2. Manfaat Marketplace Yang Terkenal

Branding strategy marketplace merupakan salah satu strategi yang paling umum dijumpai untuk bisnis pemula. Menggunakan market place sangat bagus menunjang visitor dan pengenalan produk di dunia maya, ada berbagai contoh market place seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan lainnya.

Menjadi seorang pengusaha dituntut untuk peka dalam menyikapi perkembangan jaman saat ini, bila tidak ikut serta dalam pemanfaatan teknologi tersebut akan berdampak pada produk dagangan yang anda miliki. Semenarik apapun produk yang anda miliki tidak akan dikenal oleh masyarakat luas dan tidak akan mencapai closing yang memuaskan.

Langkah yang anda harus lakukan adalah untuk mendaftar marketplace, bukalah tokopedia.com, dilanjutkan isilah data data yang anda miliki dan upload logo yang sudah jadi. Setelah proses pendaftaran selesai, isilah etalase produk dagangan anda, buatlah gambar yang semenarik mungkin agar mudah dikenal oleh calon pembeli.



3. Pemasaran Menggunakan Media Sosial

Strategi branding media sosial adalah hal yang diperlukan, mengingat pengguna media sosial hampir meningkat bahkan hampir setiap orang memilikinya. Bagi perusahaan yang baru mengembangkan bisnisnya, hal tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan personal branding atau identity company.

Langkah yang harus anda lakukan adalah ambil salah satu sosial media yang harus ditekuni, contohnya adalah instagram. Dalam hal ini media yang akan diambil adalah instagram dan konten yang dimuat adalah gambar atau video sehingga setidaknya anda harus mengupload konten jenis tersebut. 

Gunakan logo yang sudah jadi untuk profil instagram anda, dan mulailah dengan mengupload konten, menfollow banyak orang, berinteraksi seseorang dengan menggunakan fitur DM,  gunakan penargetan hastag(#) sesuai produk dagangan anda. 

Contoh salah satu bisnis penjualan buku sastra, menggunakan strategi branding melalui instagram. 


Mengingat sosial media juga memiliki kelebihan dan kekurangan salah  satunya adalah jika terlalu banyak mengupload promosi dagangan akan memicu timbulnya blokir dan dianggap spam bagi yang memfollow-nya. Cobalah juga untuk berinteraksi, comment, like dan membuat konten yang bermanfaat bagi orang lain seperti tips tips dan lainnya.


4. Website Sebagai Media Branding

Strategi branding menggunakan media website sering kali digunakan oleh para marketers untuk memperluas wilayahnya. Sama halnya seperti sosial media maka brand yang didapatkan berasal dari sosial media saja, marketplace maka brand produknya dikenal oleh beberapa orang dari marketplace juga, sedangkan website akan memperluas wilayahnya di search engine Google dan Yahoo.

Perlu diingat bahwa Google dan Yahoo adalah perusahaan terbesar daripada instagram ataupun marketplace sehingga hal ini akan berbanding juga pada jumlah pengunjung yang didapatkan dari website.

Beberapa keuntungan bila memiliki website sendiri :

  1. Mendapatkan pengunjung lebih banyak dan bisa ditingkatkan dengan teknik SEO

  2. Tidak terpengaruh pada harga barang dan jasa yang anda jual, konsumen akan lebih memilih dari konten yang bisa membantu pembacanya dalam menemukan solusi dan pelayanan yang mudah

  3. Website dapat menampung jenis konten tulisan, gambar maupun video

  4. Dapat menargetkan penjualan secara baik

  5. Brand yang anda miliki lebih dipercayai karena memiliki website sendiri


Kelemahan pada sisi website adalah banyak website yang gagal, tidak mendapatkan keuntungan sama sekali, tidak ada calon pembeli sedikit pun dan membledakan biaya pengeluaran. 

Mengapa hal ini bisa terjadi? Beberapa diantaranya adalah kurangnya “optimasi”, konten “tidak berkualitas” dan “pembuatan website yang asal jadi”. Berikut ini adalah salah satu contoh yang berhasil mendapatkan pengunjung, dan closing yang cukup banyak 


Dari gambar diatas juga dapat dilihat bahwa pengaruh visitor yang cukup banyak akan berdampak closing pada produk anda. Hal ini juga berlaku pada toko konvensional juga, semakin banyak pendatang yang mengunjungi toko anda maka semakin pula jumlah pembeli.

Strategi branding melalui website memang tidak mudah, anda juga harus jeli dapat pembangunan website dan menguasai teknik teknik SEO. Solusi yang paling mudah untuk pemula dan bisa mendapatkan closing yang meningkat adalah dengan mencari jasa pembuatan website yang menawarkan teknik SEO + Pembuatan Website. Berikut ini salah satu contohnya :



Dari gambar diatas adalah list dari jasa pembuatan website surya semesta dalam paket build website, dan dari list tersebut memperlihatkan bahwa website tidak asal jadi, melainkan di optimasi sedimikian rupa hingga website dapat beroperasi dengan baik dan tentunya mendapatkan closing.

Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan developer surya semesta agar mendapatkan informasi lanjut di nomor  : 0852-1500-2010 (gratis konsultasiCall/SMS/WhatsApp/Telegram atau kunjungi https://www.suryasemesta.com/jasa-pembuatan-website-profesional





Kun Hery

res.partner(11,)