5 Strategi Pemasaran Hotel Baru Di Generasi Millenial Dan Okupansi Lebih Meningkat

Kun Hery

Pentingnya menyusun strategi pemasaran hotel baru dibangun ataupun hotel hotel lama yang kini kian menipisnya okupansi. Mungkin banyak yang melakukan riset, mengapa terjadi penurunan okupansi, padahal bila dilihat hotel yang bersebelahan juga tidak terlalu banyak bahkan sangat cukup kuat untuk menjadi hotel terbaik dari sisi fasilitas dan kualitasnya.

Pemasaran hotel sangat penting dilakukan secara berkala, baik di offlane ataupun di online, namun karena berada di generasi millenial, alangkah sebaiknya anda lebih berfokus pada sisi online. Hal ini mengingat, banyak sekali calon pelanggan yang ingin melakukan survey hotel pada area tertentu melalui internet atau bisa diibaratkan konsumen tidak mau repot mengenai survey survey secara langsung. 

Keuntungan bila anda berfokus pada sisi online juga tampak disisi kemenangan keyword position seperti “hotel di malang” maka posisi pertama Google Pencarian sudah jelas anda adalah yang direkomendasikan oleh Google sebagai hotel terbaik. Hal ini menandakan bahwa anda kuat dalam pemasaran pada kota tertentu dan tertarget.


Lantas Bagaimana Bila Pemasaran Jarang Dilakukan ?

Tentu hal ini berimbas pada keuntungan atau kebangkrutan, dan diantaranya juga banyak yang menggunakan cara lama yaitu dengan menurunkan harga kamar hanya untuk memenuhi okupansi, padahal tindakan tersebut belum tentu berhasil. Hotel hotel yang menerapkan cara demikian juga berdampak pada penurunan pendapatan, tidak ada nilai tambah, tidak ada calon konsumen yang berani membooking kamar dengan harga yang tinggi, dan pada akhirnya konsumen silih berganti lalu sepi.


Strategi Pemasaran Hotel Baru Yang Sangat Efektif Diterapkan

Fungsi utama strategi adalah mengetahui secara jelas riset pasar, apa yang dibutuhkan calon pelanggan juga bisa diketahui dan bisa mengevaluasi pada sisi kekurangannya. Hal inilah yang bisa menaikan okupansi tanpa merubah harga dan mempertahankan kekuatan hotelnya. Berikut ini diantaranya :

1. Membuat Website Untuk Membangun Kredibilitas, Dan Sekaligus Pemasaran

Walaupun hotel baru namun memiliki sistem pemasaran via website sama saja membangun branding dan mampu bersaing dengan hotel hotel besar sekalipun. Mungkin hal bisa menjadikan kekalahan hotel hotel besar, seperti ketidakmampuan atau kurangnya dalam membangun pemasaran via website.

Website mungkin terlihat sederhana, namun bagi pelaku SEO, keberadaan website adalah sesuatu hal yang sangat penting dan mungkin dapat dijadikan sebagai tombak pemasaran. Dalam sebuah website juga dikaitkan dengan jumlah visitor, semakin besar jumlah visitor yang didapat per/hari nya maka semakin pula jumlah peminat untuk memesan sebuah kamar. 

Berikut ini adalah salah satu contoh tool di dalam sebuah website yang bisa dilihat jumlah per/hari visitor-nya :


Oleh karena itu, bagi anda yang ingin memiliki website dan berhasil di pemasaran, setidaknya gunakan jasa pembuatan website yang memberikan layanan Jasa SEO, karena hal ini sangat penting, tanpa adanya tersebut sangat sulit bersaing di halaman pertama Google dengan pesaing pesaing berat lainnya. berikut ini contoh list pelayanan jasa pembuatan website yang mungkin bisa dijadikan rekomendasi :


Bila anda menginginkan jasa tersebut bisa menghubungi 0852-1500-2010 (gratis konsultas) Call/SMS/WhatsApp/Telegram atau bisa mengunjungi halaman -> Jasa Pembuatan Website


2. Daftarkan Hotel Anda Di MarketPlace

Ada banyak sekali cara untuk mengembangkan pemasaran lebih luas, yaitu dengan bekerjasama dengan marketplace terkenal seperti traveloka, tiket.com dan lainnya, caranya cukup mudah yaitu lakukan registrasi secara online, dan lalu isilah data data mengenai hotel termasuk kontak yang bisa dihubungi. Anda juga bisa memasang list harga mengenai kamar kamar yang anda sewakan.



3. Promosikan Hotel Anda Ke Media Berbayar 

Media berbayar tentunya memiliki dampak yang signifikan dan lebih tertarget secara instan, tanpa adanya proses seperti index google, persetujuan penayangan dan masih banyak lagi. Media berbayar yang tersedia saat ini bisa anda coba seperti Google Ads, Instagram Ads, Dan Youtube Ads. 

Usahakan bagi anda melakukan riset pencarian terlebih dahulu sebelum menembak target, karena pada kaitannya iklan berbayar menggunakan sebuah keyword untuk menjangkau pasar, contohnya seperti “hotel di bali” , “hotel di balikpapan” dan lainnya, sehingga ketika saat orang mencari sebuah keyword tersebut, maka iklan andalah yang akan muncul.

Berikut ini salah satu contoh hotel yang menggunakan layanan Google Ads, dengan kata kunci “hotel di malang” 


 4. Berikan Giveway Melalui Program Loyalitas Konsumen

Ada banyak sekali untuk mempertahankan pelanggan lama salah satunya yaitu dengan  memberikan diskon khusus pelanggan loyal, hadiah, promo dan lainnya. Setidaknya bagi para pemilik hotel bisa mendapatkan nomor pelanggan dari formulir pendaftaran sehingga anda bisa melakukan jalin komunikasi, pemberian promo dan lainnya melalui nomor tersebut.


5. Bergabung Dengan Perusahaan Lain Seperti Tour Travel Dengan Promo Khusus

Saat ini hotel hotel sudah banyak berkolaborasi dengan perusahaan lain, hal ini juga sangat menguntungkan dari sisi traveling yang mendapatkan beberapa persen dari seorang yang hendak menyewa hotel anda sedangkan sisi pemilik hotel, mendapatkan sisi promosi yang gratis dan calon pelanggan.




Kun Hery

res.partner(11,)