5 Tips Menghadapi Persaingan Bisnis yang Semakin Ketat

Bagaimana Menemukan Lautan Biru Kita Masing-masing

Alex Dhika


Saya masih ingat apa yang dikatakan oleh salah satu guru bisnis saya Bapak Ridwan Abadi sekitar tahun 2014, beliau mengatakan begini "Jika bisnis kita tidak ada pesaingnya, kemungkinan besar bisnis kita juga tidak ada pasarnya". Hem.. Benar juga, setiap bisnis selalu ada pesaing dan justru karena pesaing itulah bisnis kita bisa punya semangat untuk maju dan berinovasi menjadi lebih baik lagi.

Lalu apa yang harus kita lakukan dengan persaingan? Yang pertama kita harus mengerti bahwa persaingan itu akan selalu ada bahkan semakin terhubung nya dunia melalui teknologi digital akan membuat persaingan bisnis semakin ketat dan semakin sengit.

Sebelum kita membahas lebih jauh, saya akan menegaskan bahwa dalam menghadapi persaingan bisnis kita tidak memiliki tujuan untuk menang dan mengalahkan bisnis lain tapi untuk menemukan "Blue Ocean" kita masing-masing sehingga kita bisa melayani konsumen ideal kita masing-masing, bukan mengalahkan dan mematikan bisnis lain di luar bisnis kita.

Berikut ini saya rangkum kan beberapa tips untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat baik di usaha perdagangan, jasa maupun usaha apapun.

A. Marketing

Saya menempatkan marketing di posisi pertama yang harus Anda perhatikan dalam menghadapi persaingan bisnis karena di bagian inilah semuanya bermula

  1. Kenali konsumen Anda
    Inilah awal mula dari bisnis, tanpa mengenali kebutuhan konsumen Anda, bisnis Anda tidak bisa bertumbuh, bahkan dengan mengenali konsumen Anda dengan tepat seringkali Anda akan keluar dengan sendirinya dari persaingan bisnis atau istilah nya "Blue Ocean". Di bagian ini Anda perlu jeli dan teliti.

  2. Buatlah website dan kumpulkan database pengunjung website Anda. Bisa menggunakan email marketing atau cara yang lebih modern menggunakan "push notification".

  3. Gunakan Inbound Marketing
    Mulai dikenal sejak 2006, metode marketing ini saat ini menjadi metode yang paling banyak digunakan dan menjadi metode favorit marketer-marketer hebat di dunia bahkan perusahaan-perusahaan besar pun menggunakannya. Dengan menggunakan inbound marketing Anda dengan mudah menciptakan pasar baru dan keluar dari persaingan bisnis yang selama ini berusaha Anda menangkan.

    Setidaknya ada 5 manfaat jika Anda menggunakan inbound marketing, antara lain :

    • Cara promosi Anda tidak mengganggu konsumen

    • Mudah menciptakan pasar baru

    • Mudah dikerjakan

    • Biaya yang lebih rendah

    • Bersifat jangka panjang.


    Saya sengaja menulis ebook khusus membahas inbound marketing. Anda bisa mendapatkannya secara gratis diĀ sini.

B. Produk

  1. Inovasi Produk
    Jangan pernah berhenti melakukan inovasi di produk atau jasa Anda. Ada banyak hal yang bisa dikembangkan dari produk yang sudah ada, mulai dari kualitas, kuantitas, kemasan maupun fitur yang ada di dalamnya. Anda bisa menempatkan sumber daya manusia yang handal untuk melakukan riset produk.

  2. Buat produk baru
    Jika memang dibutuhkan oleh pasar, buatlah produk baru. Buatlah survey yang detail terhadap konsumen Anda jika Anda ingin membuat produk baru, jangan sampai produk baru yang Anda buat tidak terserap oleh pasar karena tidak dibutuhkan.

C. Manajemen Internal

  1. SDM
    Kunci dari maju atau tidaknya sebuah bisnis ada di kualitas SDM, anda perlu membangun SDM terlebih dahulu sebelum membangun sistem. Hal yang sering disalahartikan oleh banyak pengusaha adalah lebih fokus membenahi sistem baru kemudian memperhatikan SDM. Kualitas sumber daya manusia juga yang nantinya akan menentukan bagaimana bisnis bersaing di tengah persaingan pasar yang ketat

Cukup berfokus dengan 5 poin di atas akan sangat membantu bisnis Anda keluar dari persaingan bisnis yang ketat dan bahkan akan berenang sendirian di "Blue Ocean" Anda masing-masing. Semoga bermanfaat. Sampai bertemu di tulisan saya selanjutnya.


Alex Dhika

res.partner(3,)