6 Alasan Mengapa UKM Wajib Memiliki Website Sendiri

Muhamad Amirullah

Jika Anda pemilik sebuah UKM yang masih tidak memiliki sebuah website, maka inilah saatnya Anda untuk mulai memikirkan hal tersebut. Dengan memiliki sebuah website, UKM yang Anda jalankan akan mendapat banyak sekali keuntungan. Berikut adalah 6 alasan mengapa UKM wajib memiliki website sendiri:

1. Orang menggunakan internet seperti menggunakan buku telepon.

Sebelum adanya internet, para pemilik usaha kecil tidak akan menemui masalah jika mereka tidak memiliki sebuah website untuk bisnis yang sedang mereka jalankan. Tapi sekarang, hampir setiap orang menggunakan internet untuk mendapatkan informasi – bahkan informasi lokal. Para pelanggan potensial menggunakan Smartphone dan tablet mereka untuk menentukan tujuan dan apa yang harus mereka beli.

Oleh karena itu, bisnis yang sedang Anda jalankan harus muncul di pencarian lokal atau para pelanggan yang mencari sebuah toko akan menemukan bisnis lokal lainnya daripada bisnis Anda. Dikarenakan hal tersebut, inilah mengapa memiliki sebuah website sangat penting untuk bisnis Anda dapat dikenal sehingga keuntungan dapat meningkat.

2. Sebuah website memberikan legitimasi pada bisnis Anda.

Banyak orang berharapbahwa sebuah seharusnya bisnis memiliki website mereka sendiri, sama seperti mereka biasa mengharapkan bisnis memiliki alamat fisik yang sebenarnya.

Jika sebuah bisnis tidak memiliki website, ini akan menimbulkan banyak pertanyaan di mata pelanggan. Apakah Anda seorang yang tidak paham teknologi? Masih belum terpikir untuk memiliki sebuah website? Atau seperti sebuah bisnis startup kecil yang tidak mampu memiliki sebuah website? Beberapa pertanyaan tersebut akan selalu muncul di pikiran para pelanggan jika sebuah bisnis tidak memiliki sebuah website.

3. Sebuah website bisis dapat memberi Anda saluran pemasaran yang lain

Memiliki sebuah website bisnis memberi Anda sebuah eksistensi di dunia digital. Anggap saja hal itu sebagai sebuah papan iklan online. Secara langsung,  Anda akan memiliki kesempatan lain untuk mengenalkan para pelanggan pada produk dan layanan Anda dan cara lain bagi mereka untuk menemukan bisnis Anda. (Tentu saja, berapa banyak orang yang melihat “papan iklan” Anda akan bergantung pada upaya pemasaran dan strategi promosi untuk menigkatkan brand awareness seperti Search Engine Optimization, blogging, memanfaatkan media sosial, dan lain sebagainya).

4. Sebuah website bisnis dapat membantu Anda mengumpulkan data pelanggan

Misalnya, membuat orang untuk menuliskan alamat email mereka di selembar kertas dan menyerahkannya di etalase fisik merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan.

Tetapi membuat orang untuk mengetikkan alamat email mereka ke sebuah kotak di sebuah website adalah hal yang jauh lebih mudah untuk dilakukan,  terutama jika mereka merasa mendapatkan sesuatu yang memiliki nilai tambah, seperti buletin, artikel yang informatif atau sebuah ebook. Dan begitu Anda memiliki alamat email mereka, Anda akan memiliki banyak cara lain untuk menjangkau calon pelanggan Anda

5. Berbelanja di e-commerce meningkat setiap tahunnya

Di AS, total belanja e-commerce adalah $ 341,7 miliar pada tahun 2015 dan Forrester Research Inc. memprediksi bahwa pembeli online akan menghabiskan $ 385 miliar pada tahun 2017. Selain itu, bisnis retail e-commerce juga diperkirakan akan tumbuh dengan cepat di tahun-tahun mendatang, mulai dari 396,7 miliar dolar AS pada tahun 2016 menjadi lebih dari 684 miliar dolar AS pada tahun 2020. Di Kanada, biaya yang dihabiskan untuk berbelanja di e-commerce adalah $ 27 miliar pada tahun 2015 dan penjualan diperkirakan mencapai hampir $ 40 miliar pada tahun 2018.  Inilah mengapa sebuah website bisnis sangat penting bagi bisnis Anda.

6. Webrooming dapat mengarahkan pelanggan ke toko Anda

Jika Anda memiliki sebuah toko offline, berinvestasi dalam membangun kehadiran toko Anda secara online seperti website e-commerce dapat meningkatkan keuntungan toko offline Anda karena semakin populernya webrooming. Jadi, apa itu webrooming? Ini adalah proses meneliti produk secara online sebelum pergi ke toko offline untuk melakukan pembelian.

Itulah 6 alasan mengapa UKM wajib memiliki website sendiri. Dengan memiliki sebuah webiste bisnis, maka UKM Anda akan dapat meningkatkan penjual dan brand produk akan dikenal oleh banyak pelanggan. Jika Anda masih kebingungan harus memula dari mana dan website bisnis apa yang cocok untuk UKM Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan perusahaan penyedia jasa pembuatan website yang berkualitas. Selain itu, jika Anda telah memiliki sebuah website bisnis namun masih dirasa kurang maksimal untuk meningkatkan penjualan, Anda juga dapat dapat menyewa perusahaan jasa perawatan dan optimasi website yang terpercaya.