7 Cara Mempromosikan Kampus Swasta Baru Dan Negeri Agar Menarik Minat Mahasiswa Baru

Kun Hery

Cara mempromosikan kampus swasta dan negeri yang baru ataupun yang sudah berdiri lama harus memiliki strategi dalam menarik minat mahasiswa baru, bila tidak resiko kalah dalam persaingan dengan perguruan tinggi lain. Tidak bisa dipungkiri bahwa perguruan tinggi adalah salah satu yang paling sering di filter oleh kalangan lulusan SMA, karena yang dinilai bukan hanya besar, kemewahan, dan adanya jurusan yang diminati saja, ada berbagai aspek lain yang dilihatnya seperti akreditasi, bagaimana hasil lulusan alumninya dan sebagainya.

Hampir sebagian besar lulusan SMA / SMK sederajat selalu memilih untuk melanjutkan perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan lulusan SMA / SMK sangat sulit mendapatkan pekerjaan yang layak, tidak hanya itu persyaratan yang selalu diajukan oleh pihak instansi rata rata mendominasikan seseorang yang lulusan sarjana daripada SMA / SMK. Alasan tersebut karena lulusan sarjana lebih memiliki passion, mandiri, bertanggung jawab, memiliki wawasan luas dan lain lain.

Kesempatan seperti inilah yang perlu dimanfaatkan bagi para tim marketing kampus agar lebih dapat menarik daya minat calon mahasiswa-nya. berikut ini cara mempromosikan kampus yang dapat anda gunakan :


1. Kampus Baru Gunakanlah Website Agar Lebih Cepat Dikenal


Cara promosi bagi kampus yang baru buka adalah dengan menggunakan website company profile, dimana website ini adalah letak utama untuk menempatkan berbagai informasi, fasilitas, jurusan, biaya dan lain lain. kelebihan lain bila kampus memiliki website adalah dapat dipercaya, dapat memperlihatkan prestasinya, galeri, organisasi dan dokumentasi dokumentasi lain. 


2. Konten Marketing dan SEO Optimasi

Konten marketing adalah salah tips jitu untuk menarik pembaca di Google Search Engine, karena rata rata seseorang pasti akan melakukan survey mengenai kampus yang bagus menurut kebutuhannya. Konten marketing adalah tulisan / posting artikel yang berisi konten marketing yang di optimasi menggunakan teknik SEO.

Mungkin banyak yang belum mengetahui hal tersebut, karena strategi seperti ini sering digunakan oleh kalangan pembisnis besar namun ada juga yang melakukan pada sisi pemasaran sekolah dan perguruan tingginya.

Langkah langkah pembuatannya adalah dengan menggunakan riset kata kunci di Google, pembuatan konten berkualitas dan optimasi di SEO. Contoh berikut ini langkah riset : 


Dari tampilan diatas menyatakan bahwa penelurusan kata kunci “kampus malang” mencapai tiap bulannya 100   hingga 1.000 pencari di Search Engine Google, baik itu dari smartphone maupun komputer. 

Langkah kedua adalah dengan membuat konten “kampus malang” yang telah di optimasi judulnya dan isinya. Bila konten anda yang buat memiliki kualitas bagus, maka memungkinkan sekali anda mendapatkan posisi pertama di halaman Google, setidaknya cobalah untuk berkonsultasi dahulu kepada jasa optimasi gratis, untuk mendapatkan pengalaman dalam pembuatan konten. Silahkan contact personal atau kunjungi : https://www.suryasemesta.com/jasa-promosi-dan-optimasi-website-andromeda 

3. Buatlah Iklan Video Di Youtube

Mengaitkan penggunaan teknologi yang semakin besar, para remaja biasanya akan langsung mensurvey melalui video video yang terupload di youtube daripada berkunjung secara langsung ke perguruan tingginya. Strategi pemasaran perguruan tinggi swasta ataupun negeri seperti ini sering dilakukan, berikut ini beberapa contoh iklan kampus :

 
 

contoh promosi universitas


ada dua cara promosi via youtube untuk kampus yaitu bisa menggunakan yang berbayar ataupun juga bisa yang gratis, dengan mengupload video kampus dalam jumlah yang cukup banyak selain itu disertai optimasi keyword / kata kunci.


4.  Mengadakan Event Untuk Mahasiswa Di Kampus

Strategi promosi penerimaan siswa baru seperti ini juga sering dilakukan untuk perguruan tinggi yang terpojok karena ajaran baru sepi pendaftar. Event yang dimaksud hampir mirip seperti sayembara, dimana mahasiswa di kampus tersebut diberikan hadiah khusus bila berhasil mengajak adek adek SMA / SMK untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa kampusnya. Beberapa hadiah yang biasa diberikan oleh mahasiswa seperti gadget, dan laptop.

Walaupun terkesan seperti rugi, namun para marketing sudah menyikapi dengan biaya biaya yang sudah dimasukkan dalam pendaftaran atau biaya dari segi lain.


5.  Poster Promosi Universitas


Beriklan di media internet memang sangat efektif sebagai salah satu strategi pemasaran, namun tim marketing juga harus memaksimalkan promosi di media konvensial seperti koran, pamflet, baliho, spanduk, brosur dan lainnya. Ada berbagai isi dari sebuah promosi seperti baliho, spanduk dan lainnya diantaranya adalah daftar program studi, promo, kelebihan dan lainnya


6.  Menjalin Kerja Sama Dengan Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar sangat diminati sekali oleh kalangan tingkat SMA akhir semester agar siap menghadapi ujian akhir di sekolahnya. Dari sebagian kampus juga banyak yang menitipkan sebuah brosur yang berisi informasi jurusan, biaya, fakultas dan lainnya kepada jasa bimbingan belajar di instansinya.

Inilah salah satu strategi promosi kampus yang sering dipakai, saat usai pembelajaran beberapa brosur disebarkan di tiap tiap pintu keluar siswa-nya atau bisa juga diselipkan di tiap tiap meja bimbingan belajarnya.


7. Mengikuti Pameran atau Mengadakan Pameran 


Pameran adalah salah satu cara untuk mempermudahkan panitia langsung berbicara dengan calon mahasiswa-nya, tidak hanya itu panitia bersangkutan dapat memberikan informasi kelebihan, hal hal yang ditawarkan dan info menarik lainnya.

Beberapa manfaat dari pengadaan pameran tersebut yaitu :

  1. Memberikan konsultasi mengenai tes TOEFL untuk dapat masuk ke perguruan tinggi tersebut

  2. Mendapatkan tips tips dari pendaftaran

  3. Memberikan pemahaman persyaratan pendaftaran 

  4. Memberikan panduan, situs, brosur dan lainnya

  5. Memberikan pilihan rekomendasi yang bagus mengenai jurusan atau passion, bila siswa tersebut kebingungan dalam menentukan jurusannya


Itulah beberapa cara mempromosikan kampus agar lebih banyak dikenal dan menarik calon mahasiswa

Start writing here...

Kun Hery

res.partner(11,)