7 Cara Meningkatkan Brand Image Toko Dan Bisnis Online Baru

Kun Hery

Berikut ini cara meningkatkan brand image toko online baru agar mendapat penjualan yang meningkat dan mendapatkan kepercayaan dari berbagai konsumen baru dan lama. Namun sebelum menerapkan langkah tersebut, setidaknya anda harus tahu apa itu “brand image” karena dari beberapa kejadian di lapangan banyak yang memperjuangkan brand image agar lebih banyak dikenal namun asal asalan, yang penting ada.

Brand image juga sangat identik sekali dengan keberhasilan suatu bisnis, tanpa adanya brand tidak memungkinkan perusahaan, ataupun bisnis online tersebut bisa berkembang secara drastis. Berikut ini pengertian brand image “gambaran konsumen terhadap brand”, bila brand yang anda bangun saja belum dikenal menandakan brand image anda belum luas atau belum dikenal. Maka dari itu diperlukan cara untuk meningkatkan brand agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat.

Contoh pengertian brand dan brand image : 


 

Google, memiliki brand image yang sangat tinggi dan beraneka ragam produk yang diciptakannya seperti playstore, admob, google map, smartphone dan lain lain. Apapun produknya bila memiliki merk brand “Google” pasti memiliki daya minat konsumen yang cukup tinggi karena brand image Google sangat bagus. 


Langkah Meningkatkan Brand Image Untuk Pengusaha atau Toko Online

Bila anda sudah mengerti brand image, yang harus anda lakukan adalah melakukan langkah langkah pemasaran yang benar, dan konsisten. Mengingat brand image akan menguras tenaga serta waktu yang cukup lama, dan belum ditambah kapan waktu brand yang kita miliki bisa terkenal.

Berikut ada beberapa langkah cara meningkatkan brand image untuk bisnis online anda :


1. Ciptakan Desain Logo Anda Terlebih Dahulu

Untuk awal membangun brand image, setidaknya anda harus memiliki icon tersendiri. Icon ini biasa digambarkan dalam bentuk sebuah logo, yang mana konsumen akan lebih mudah mengingat gambar dari perusahaan atau bisnis yang anda jalani. Tips untuk membuat logo pada bisnis anda adalah gunakan yang unik, tidak menjiplak, warna yang mudah di hafal oleh orang, mudah diingat dan mencirikan bisnis anda.


2. Memanfaatkan Sosial Media

Pemanfaatan sosial media sebagai cara meningkatkan brand image yang cukup efektif di media online. untuk mendapatkan brand image, langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan mencari follow sebanyak mungkin, dan membuat konten yang bermanfaat sebelum melakukan promosi. 

Anda juga bisa memanfaatkan “ads” berbayar dari layanan sosial media yang ada, contohnya adalah instagram. Berikut ini contoh gambar dari ads instagram :


Namun bagi anda yang belum memiliki dana yang cukup, buatlah konten konten yang menarik, selalu berinteraksi dengan pengguna instagram lain dan mencoba melakukan spam following.

3. Buatlah Konten Video Rutin Di Youtube 

Meningkatkan brand di youtube bukan lagi menjadi hal yang baru, berbagai konten yang di video-kan juga tidak 100% promosi melainkan hampir kurang lebih 80% konten yang dibuat berupa tips, cara, pengenalan, perbandingan produk dan lain lain.

Bila anda ingin mengetahui seberapa brand image yang anda dapatkan bisa dilihat dari jumlah subscriber youtube. Semakin besar maka semakin juga brand anda dikenal oleh masyarakat youtube. Untuk tips dalam pembuatan video di youtube adalah selalu update konten bermanfaat secara rutin, bagi yang baru pertama kali setidaknya 1 hari sekali dan berikan visualisasi video dengan kamera yang bagus. Setelah konten bermanfaat cukup banyak, cobalah untuk menyajikan konten promosi produk unggulan anda.

Berikut ini contoh brand dari Lenovo dan subscribernya :

 


4. Buatlah Website Resmi Untuk Bisnis Online Anda

Website saat ini bukan hanya sebagai tempat penjualan produk, melainkan isi dalam konten websitenya dapat memuat informasi. Selain itu website juga dapat meningkatkan nilai kepercayaan / kredibilitas dari konsumen karena menganggap bahwa anda serius menekuni bisnis online.

Dari beberapa kalangan memang website menjadi hal yang biasa, namun setelah ditelusuri pentingnya website juga dapat meningkatkan penjualan, bahkan kurang lebih dalam waktu 1 – 3 bulan sudah dapat melakukan closing penjualan. Berikut ini topik penjelasan unik closing dalam waktu 3 bulan menggunakan website yang bisa dibaca di : https://www.suryasemesta.com/blog/artikel-4/post/4-cara-mempromosikan-barang-dagangan-1-3-bulan-sudah-mulai-laku-118

Untuk langkah meningkatkan branding image menggunakan website setidaknya anda harus mengetahui teknik pembuatan konten marketing yang benar atau biasa dikenal dengan teknik SEO Marketing. Selain dari konten, kredibilitas website juga diperlukan optimasi agar memiliki rate bagus di dunia Search Engine. Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung menghubungi developer consultan website di nomor : 0852-1500-2010 (gratis konsultasi)  Call/SMS/WhatsApp/Telegram atau bisa juga mengunjungi link -> Pembuatan Website Profesional


5. Bangun Brand Image Anda Di Marketplace Yang Ada

Tidak perlu malu dalam ikut serta penjualan di marketplace karena saat ini bukan hanya brand brand kecil saja melainkan banyak brand besar yang tergabung dalam marketplace dengan kepentingan memasarkan produk, memperkuat brand, meningkatkan closing dan lain lain. 

Bagi bisnis baru, anda juga bisa mendaftar sebagai akun pelapak, upload semua produk yang ada dan buatlah desain yang menarik setiap produk yang anda posting agar memiliki nilai tambah. 

Berikut ini contoh brand brand luar yang tergabung dalam marketplace 


Isi dari brand tersebut hampir sama dengan pendaftaran akun pelapak, beberapa isi dari brand terkenal tersebut 100% penjualan dan produk yang di dagangkan-nya. bagi pemula sebaiknya selalu posting barang dagangan, berikan promo, gunakan ads market place untuk mempercepat brand produk yang anda miliki, dan selalu aktif.


6. Mencari Tokoh Terkenal Untuk Melakukan Endorse Di Media Sosial

Endorse adalah pemberian dari tokoh artis atau orang populer untuk mendukungan terhadap brand atau produk anda, untuk tarif-nya bermacam macam ada yang berkisar 200 – hingga jutaan tergantung tingkat kepopuleran artis yang anda booking.

Bagi olshop hal tersebut sangat sering dilakukan, karena dapat meningkatkan pengenalan brand anda di media sosial. Salah satu pemakaian endorse ini kerap digunakan di media sosial instagram.

Tips untuk menentukan endorse adalah gunakan artis yang populer di media sosial yang anda pilih, dan selalu pilih artis yang sesuai dengan produk anda miliki agar mendapatkan satu kesamaan dalam topik dan artis yang mengendorse.


7. Perkuat Jaringan Di Forum Forum Indonesia

Forum diskusi sangatlah penting dalam meningkatkan brand image di awal awal, dan forum sangat penting dalam meningkatkan rate website di Search Engine maka dari itu bila anda memiliki sebuah website, forum adalah jaringan kedua yang pasti ada. Tujuan utama forum adalah untuk memperkuat backlink agar website anda bisa mendapatkan posisi pertama di halaman Search Engine.

Selain kegiatan backlink, forum juga digunakan sebagai tempat diskusi, pemberian solusi yang berkaitan dengan produk, memperkenalkan identity brand, dan menjalin komunikasi.






Start writing here...

Kun Hery

res.partner(11,)