7 Elemen Website yang Menentukan Kesuksesan Bisnis Anda

Muhamad Amirullah

Sebuah website tidak hanya sekadar “brosur online” untuk sebagian besar bisnis. Ini adalah interaksi pertama bisnis dengan para calon pelanggan. Jadi, sebuah website harus menawarkan kesan pertama yang tak terlupakan dan mengesankan bagi para pelanggan. Oleh sebab itu, inilah mengapa bisnis Anda wajib memiliki website dan ada beberapa elemen yang wajib dimiliki oleh setiap website agar dapat menarik minat pelanggan untuk terus mengunjunginya. Berikut adalah 7 elemen website yang menentukan kesuksesan bisnis Anda:

1. Desain Visual yang Baik

Salah satu faktor yang penting dalam sebuah website adalah memiliki tampilan desain yang menarik. Desain disini mencakup semua aspek visual dari sebuah website termasuk: tema, logo, font, warna dan tata letak. Ketika membicarakan tentang sebuah website bisnis, sebuah desain harus dikembangkan dengan baik, profesional, bersih dan relevan dengan bisnis tersebut. Misalnya, sebuah studio yoga kemungkinan akan memilih tema desain yang menekankan ketenangan dan harmoni yang sesuai dengan bisnis mereka, dan bukan desain dengan nada yang terlalu eksentrik. Jika Anda memiliki beberapa ide tentang desain visual dan ingin menerapkannya pada website Anda namun masih kebingungan bagaimana caranya, Anda dapat menyewa perusahaan jasa pembuatan website yang akan membantu Anda untuk mewujudkan desain visual impian untuk website bisnis Anda.

2. Konten yang Berkualitas

Menyediakan konten yang relevan yang dapat dinikmati pembaca adalah faktor penting berikutnya agar sebuah website terlihat bagus dan meyakinkan. Membuat strategi konten yang baik akan dapat memastikan sebuah untuk tidak hanya bekerja secara efektif, namun juga relevan dengan apa yang diminati oleh para pengunjung website tersebut.

Dua elemen terpenting dalam menciptakan konten yang berkualitas dalam sebuah website adalah apa yang Anda ingin katakan dan bagaimana cara Anda mengatakannya. Sebuah konten yang berkualitas harus mampu menjawab pertanyaan, “Apa untungnya bagi saya?” Konten harus informatif, tapi juga menarik untuk dibaca. Menemukan keseimbangan yang tepat sangat penting dan akan menarik perhatian pengunjung untuk terus melihat-lihat website Anda.

3. Memiliki navigasi yang jelas

Navigasi ibarat sebuah”GPS” yang ada di website Anda. Navigasi, atau yang biasa disebut dengan Nav Bars merupakan  tombol yang membuat pengunjung website Anda lebih mudah untuk mencari hal yang mereka inginkan. Pada umumnya, bar ini terletak di bagian atas halaman, atau di sepanjang sisi kiri sebuah website dan harus terlihat rapi dan mudah digunakan. Hal ini karena pengunjung ingin menemukan apa yang mereka cari secepat mungkin. Cobalah untuk membuat tombol navigasi yang mudah bagi mereka sehingga para pengunjung akan terus menggunakan situs web perusahaan Anda.

4. CTA (Call to Action)

CTA atau Call to Action adalah gambar atau teks yang dapat mendorong pengunjung, prospek, atau pelanggan untuk melakukan tindakan tertentu. CTA membantu membimbing mereka melalui costumer journey dan memberi tahu mereka tentang langkah selanjutnya.

CTA dapat mengajak pelanggan untuk memberikan lebih banyak informasi, menjadwalkan konsultasi, atau mendorong mereka untuk mendownload artikel, bulletin atau katalog produk secara gratis. Namun, Anda juga perlu memastikan jika beberapa hal tersebut relevan dan berguna bagi pelanggan ketika mereka mendaftar untuk menerima email dari Anda. Tak hanya berhenti disitu, pengunjung dapat juga diarahkan lagi pada aktivitas dan sumber daya yang berguna yang membuat pelanggan dapat menyelesaikan masalah mereka.

5. Kepercayaan dan kredibilitas

Sebuah website bisnis yang bagus akan selalu mendapatkan kepercayaan dari pengunjungnya. Selain itu, sebuah website bisnis perlu untuk memasukkan informasi dari produk produk yang dapat membantu pelanggan untuk mengidentifikasi bahwa perusahaan Anda dapat dipercaya. Untuk mendapatkan kepercayaan dan kredibilatas yang tinggi maka konten yang ada di website tersebut harus diatur dan benar secara tata bahasa, desain harus konsisten di setiap halaman, dan harus ada informasi kontak dan tautan ke halaman media sosial. Ini semua dapat meningkakatkan kepercayaan pelanggan agar mereka merasa nyaman mempercayai layanan Anda, yang akan membuat kesan positif dalam jangka panjang.

6. Akes mobile yang responsif

Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, smartphone dan tablet menjadi pilihan alternative untuk mengakses Internet di kalangan konsumen. Karena itu, pengunjung akan cenderung mengunjungi sebuah situ yang mobile-friendly. Ini berarti Anda harus memastikan bahwa website Anda memliki tema yang responsif sehingga secara otomatis dapat menyesuaikan dengan masing-masing perangkat. Sebuah situs bisnis yang berkualitas haruslah kompatibel di ponsel, tablet dan desktop untuk menjangkau pelanggan sebanyak mungkin.

7. Search Engine Optimization

Sebuah website bisnis dapat masuk dalam rangking teratas di mesin pencari, atau juga tidak. Rangking ini didasarkan pada seberapa baik konten di website anda dioptimasin. Ada banyak perancang website yang masih baru tidak banyak memikirkan pengoptimalan mesin pencari. Biasanya mereka hanya disibukkan dengan tampilan visual dan lupa bahwa SEO sama pentingnya dengan hal tersebut. Sementara desain dan konten merupakan elemen penting dari sebuah website yang berkualtas, jika tidak ada yang benar-benar menemukannya, maka tidak akan ada gunanya.

Salah satu dari sekian banyak cara untuk meningkatkan SEO adalah dengan memastikan konten dan gambar Anda selaras dengan metadata, kata kunci, dan tag di situs Anda. Setiap halaman situs web harus memiliki penekanan kata kunci, yang merupakan inti pesan dari halaman dan konten berikut harus mendukung hal tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan plugin SEO yang akan memantau penggunaan kata kunci pada artikel yang ada di website Anda. Jika website Anda dirancang di WordPress, plugin yang bagus seperti Yoast tidak hanya akan memberi tahu Anda seberapa optimal halaman Anda, tapi juga akan membuat rekomendasi tentang cara meningkatkan value SEO website Anda. Jika Anda masih kebingungan tentang bagaimana melakukan SEO maka Anda dapat menyewa perusahaan jasa perawatan dan optimasi website yang akan membantu Anda melakukan semua hal tersebut.

Semoga bermanfaat.