7 Media Promosi Online Paling Efektif Untuk Jualan Gratis Dan Berbayar

Kun Hery

Berbagai media promosi online yang efektif dalam membantu meningkatkan penjualan, dan brand awareness yang cukup populer beredar di media informasi namun diantaranya gagal karena tidak mengerti cara pemakaian dan konsep penargetannya. 

Promosi memang bukan lagi menjadi sesuatu yang baru, karena kaitan promosi adalah memperkenalkan kepada penonton sehingga tercipta brand awareness dan disaat itu pula tercipta lead yang dapat digiring ke closing. 

Memperkenalkan produk dan jasa di media online sangat efektif bahkan saat ini banyak pelaku bisnis baru yang berkecipung di dunia marketing online agar mendapatkan traffic yang tinggi. Pengaruh traffic inilah yang menyebabkan banyaknya minat dari calon pembeli, sehingga bisa diibaratkan seperti toko yang banyak dikunjungi banyak orang.


Alasan Melakukan Promosi Di Media Online

Seiring dengan pemakaian jumlah internet yang semakin meningkat, peluang promosi di media online juga akan semakin meningkat. Bahkan saat ini seseorang akan cenderung lebih menyukai survey di online daripada langsung di offlane. Maka dari itu beberapa alasan memilih promosi online diantaranya :

  1. Jangkauan promosi yang lebih luas

  2. Penargetan konsumen yang lebih mudah

  3. Membangun brand image

  4. Menjalin komunikasi antara konsumen dengan penjual


Perlengkapan Yang Dipersiapankan Sebelum Promosi Online

Untuk melakukan promosi online berbayar, setidaknya anda harus memiliki sebuah situs website. Dimana website tersebut merupakan tempat penyimpanan informasi produk yang anda jual, sedangkan layanan periklanan tersebut hanya menampilkan deskripsi singkat dan akan dialihkan ke situs anda.

Beberapa kategori website diantaranya :

  • 1. Toko online

  • 2. Company profile (Jenis situs perusahaan)

  • 3. Pribadi

Bila anda belum memiliki sebuah situs website, anda dapat membuatnya di halaman -> Jasa Pembuatan website, atau bisa juga berkonsultasi langsung ke pihak developer di nomor : 0852-1500-2010 (gratis konsultasi) Call/SMS/WhatsApp/Telegram



7 Media Promosi Online Paling Efektif Berbayar Dan Gratis

Berikut ini 7 media promosi online yang kerap digunakan para marketers dalam menjual produk dagangannya.


1. Google Ads

Google ads adalah layanan jasa periklanan yang dikelola oleh Google, mengingat Google meruapakan salah satu perusahaan terbesar di dunia online maka banyak para marketers yang kerap menggunakan layanan tersebut untuk beriklan produk dan jasa mereka. Keunggulan Google Ads adalah dapat menargetkan pasar sesuai keinginan, dengan cara melakukan riset keyword / kata kunci dalam layanan Google Ads.

Contoh iklan Google Ads, dengan keyword “Penginapan malang”


Keuntungan Google Ads lainnya adalah selalu berurutan di posisi 1.


2. Instagram Dengan Menggunakan Teknik Hastag (Gratis)

Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer saat ini, untuk melakukan promosi di media online tersebut sangat gratis yaitu upload semua gambar produk atau jasa yang anda jual dan isi deskripsi pada tiap gambar cantumkan hastag (#). Hastag tersebut bertujuan untuk menembak sasaran target.



3. Instagram Ads

Instagram ads adalah layanan berbayar dari instagram, beberapa keunggulan instagram ads adalah dapat meningkatkan brand awareness secara cepat di platform instagram. Bahkan hampir pengguna instagram melewati iklan saat scroll timeline-nya sehingga dapat berdampak pada pengenalan brand bisnis dan menarik daya calon pembeli.

Untuk beriklan pada instagram ads, beberapa hal yang harus dipersiapkan diantaranya video yang unik, dan situs website. Video tersebut akan menampilkan di timeline pengguna instagram secara singkat, bila pengguna tertarik maka akan menekan tombol selengkapnya / beli / shop now, dst setelah itu akan dialihkan ke situs anda.

Contoh instagram ads :



4. Marketplace 

Berbagai macam marketplace populer yang tersedia di indonesia diantaranya Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan lain lain. Untuk beriklan di marketplace sangatlah mudah, dengan mendaftar dengan nomor handphone dan dilanjutkan mengisi etalase pada toko online anda. berikut ini contoh promosi online di Tokopedia 


 

5. Marketplace Ads

Marketplace ads adalah layanan yang digunakan untuk memposisikan di halaman pertama di marketplace, cara kerjanya hampir sama dengan layanan Ads lain yaitu ketika calon pembeli mengetikan kata kunci pada produk yang sesuai yang anda jual, maka posisi produk anda berada di halaman teratas dan nomor satu. 

Beberapa kelebihan marketplace ads adalah biaya yang murah, dapat disesuaikan kata kunci target dan tidak memerlukan sebuah situs website. Berikut ini contoh marketplace ads :



6. Facebook Ads

Waalupun platform facebook juga banyak yang meninggalkan, namun bisa digunakan untuk meningkatkan periklanan di plaform tersebut. Semakin banyak platform yang anda pakai maka semakin pula keuntungan traffic yang anda dapatkan. Syarat untuk memakai facebook ads anda harus memiliki sebuah situs website, dan kelebihan lain hampir sama yaitu penargetan keyword / kata kunci, harga yang bisa disesuaikan dan murah.


Contoh facebook ads :


 

7. Forum Indonesia

Media promosi online gratis selanjutnya adalah forum. Pemakaiannya sangat mudah dan Gratis yaitu cukup mendaftar di forum dan melakukan pembuatan thread pada produk atau jasa yang anda jual. Kelemahan forum juga tidak bisa melakukan targeting kata kunci dan belum ditambah jarangnya pengguna forum.




Kun Hery

res.partner(11,)