7 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Agar Tembus Pasar Asing Dan Lokal

Kun Hery

Pentingnya menyusun strategi pemasaran produk kerajinan agar mendapatkan calon pembeli dan mampu bersaing dengan kompetitornya. Percuma saja bukan? memiliki produk yang unik dan berkualitas baik, namun belum tentu laris dalam hal mendapatkan calon pembeli, lalu apakah yang salah? Tentu berujung kepada strategi pemasaran karena tujuan utama strategi pemasaran adalah mampu memperkenalkan lebih luas ke masyarakat baik  itu lokal maupun ke mancanegara.

Mengingat saat ini banyak sekali UKM UKM kecil di indonesia yang bermunculan dan diantaranya belum berhasil menjual produk hingga ke pasar luar negeri, padahal produk kerajinan yang dimilikinya dianggap setara dengan produk yang sudah terkenal lainnya. Dalam hal ini, kaitannya adalah branding, dimana brand (merk) dari kerajinan anda belum luas atau dikenal oleh banyak orang, sedangkan pesaing anda memiliki branding yang cukup luas dan tinggi, jadi sangat wajar bila konsumen lebih banyak membeli produk kompetitor anda walaupun produk yang anda miliki dianggap sama kualitas, harga dan produknya.


7 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Sering Digunakan

Bila anda menginginkan membangun branding, salah satu langkah yang harus dilakukan adalah menyusun strategi pemasaran sehingga dapat memperkenalkan dagangan anda kepada masyarakat. berikut diantaranya :


1. Bangun Produk Anda Secara Khusus

Saat anda menjadi UKM atau bisnis kerajinan baru, sebaiknya tentukan produk anda yang akan dijual, agar nantinya memudahkan untuk melakukan branding. Beberapa contoh kerajinan seperti gantungan kunci, tas, jam tangan kayu dan lain lain. Lebih baik menghindari keanekaragaman produksi kerajinan, sehingga nantinya sebagai konsumen akan bingung mengenai toko yang anda miliki, semakin dapat membentuk satu kerajinan khusus maka semakin itu pula memudahkan anda dapat memperkenalkan brand awareness.


2. Menggunakan Media Website

Website sangat sering digunakan untuk kalangan kerajinan rumahan, UKM Kecil ataupun kerajinan besar sekalipun. Dengan menggunakan media website seseorang akan memudahkan melihat seluruh katalog kerajinan yang anda jual, namun dikarenakan media tersebut sangat membingungkan, banyak diantara para kerajinan yang tidak mempedulikannya. Padahal website adalah salah satu media yang bisa menembus penjualan ke pasar asing dengan mudah. Berikut ini salah satu contoh situs kerajinan jam tangan kayu yang berhasil menembus pasar asing 


Memang seorang pengrajin rata rata kesulitan dalam mengoperasikan sebuah situs, dan terlebih lagi banyak diantaranya yang membeli sebuah situs yang ditawarkan seseorang tanpa memperhatikan optimasi di marketingnya. Saat ini ada beberapa jenis situs website yang dibangun, beberapa diantara tidak membutuhkan optimasi marketing dan diantara lagi membutuhkan optimasi tersebut agar brand toko dapat memudahkan dikenal oleh banyak orang serta mendapatkan ranking 1 Google dan visitor yang tinggi.

Optimasi marketing tersebut bisa dilihat hasilnya dari menang atau tidaknya kata kunci yang diterapkan pada situs websitenya, contoh “kerajinan jam tangan kayu” maka bila anda ketikan di Google akan mendapatkan posisi di halaman pertama. Berikut ini tampilannya :


Bila website yang dibangun menggunakan optimasi SEO maka memungkinkan besar anda mendapatkan posisi di halaman Google, contoh situsnya adalah matoa-indonesia.com


Bagaimana Cara Mendapatkan Pelatihan Website, Tutorial Dan Pembangunannya ?

Disarankan sekali untuk anda yang hendak membangun sebuah situs, carilah yang benar benar bisa melakukan optimasi situsnya dan hal yang terpenting adalah masalah training, cara pemakaian, pembuatan konten dan lainnya. Bila anda membutuhkan hal demikian, bisa konsultasi langsung ke bagian marketing and developer website di nomor 0852-1500-2010 (gratis konsultas) Call/SMS/WhatsApp/Telegram dan bisa juga langsung baca selengkapnya di halaman jasa pembuatan website profesional.


3. Menggunakan Sosial Media

Menggunakan sosial media juga bisa digunakan walaupun resistensi penjualannya sangat minim hal ini diakibatkan banyaknya oknum oknum sosial media yang rentan melakukan penipuan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, para pedagang kerajinan memberikan informasi bahwa kerajinannnya juga memiliki website, dengan demikian seorang pelanggan lebih percaya dikarenakan setiap seseorang ingin membuat website akan dimintai data data diri sehingga mengantisipasi maraknya penipuan.

Bagi anda yang ingin memanfaatkan sosial media, cobalah untuk berinteksi dengan orang lain, bisa dengan mempromosikan kerajinannya, komentar di profilenya ataupun sebagainya dengan tujuan menjalin komunikasi agar tercipta brand. Salah satu sosial media yang direkomendasikan adalah instagram.



4. Mengikuti Aktif Bazar Atau Pameran

Walaupun dampaknya tidak signifikan di awal, namun lama kelamaan akan membangun sebuah brand dan koneksi antara pelanggan atau bahkan perusahaan lain yang tertarik dengan anda. Setidaknya bagi pemilik bazar, sudah menyiapkan dahulu print out / kertas yang berisikan katalog katalog kerajinan beserta harganya yang mungkin bisa anda berikan kepada setiap orang yang mengunjungi kedaimu.


5. Mempromosikan Di Televisi

Bila anda memiliki uang yang lebih dalam promosi, bisa anda promosikan barang kerajinan anda di iklan televisi. Hal ini juga sangat bagus sekali dalam membangun brand milik anda dan semakin dikenal oleh masyarakat lokal dahulu. Namun bila anda ingin menekan biaya promosi televisi yang cukup mahal antara 10 – 50 juta per 30 detik (tergantung dari stasiun televisi), anda bisa mengakalinya dengan promosi dalam satu hal bidang saja yaitu menggunakan media website.


6. Mempromosikan Google Ads

Seperti pada jam tangan kayu milik mitoa indonesia yang menggunakan layanan Google Ads dalam mempromosikan dagangannya sekaligus meningkatkan branding, anda juga bisa melakukan hal yang sama, kelebihan Google Ads adalah harga yang bisa disesuikan dengan budget, semisal dalam 30 hari hanya mengeluarkan Rp 300.000 atau kurang dan lainnya, penjualan lebih tepat sasaran seperti seseorang yang mengetikan “Jual jam tangan kayu”, maka secara otomatis website anda berada di posisi halaman pertama. Berikut ini salah satu contoh tampilan Google Ads.


Bila anda membutuhkan layanan promosi demikian, bisa berkonsultasi di nomor 0852-1500-2010 (gratis konsultas) Call/SMS/WhatsApp/Telegram


7. Bergabung Dengan Partner Perusahaan Lain

Bergabung dengan perusahaan lain juga sangat menguntungkan, ada beberapa perusahaan yang dilobby secara gratis dan ada juga yang berbayar, tergantung dari kebijakan perusahaan. Bila anda menginginkan partner sebaiknya pilih yang sesuai dengan tujuan anda, semisal bila perusahaannya di bidang pelayanan tiket pariwisata, anda bisa bekerjasama dengan hal demikian karena anda menyediakan layanan penginapan / hotel. Bila bisnis anda adalah kerajinan bisa menjalin partner dengan pengusaha souvenir, Event perkawinan, ulang tahun dan lainnya.


Kun Hery

res.partner(11,)