7 Tips Agar Bisnis Online Anda Dipercaya Oleh Konsumen

Kun Hery


Bisnis online memang menjanjikan, pasalnya hampir setiap orang tidak ingin repot datang langsung ke tempatnya dan cukup melihat katalog online-nya. Namun ada masalah yang kerap terjadi di bisnis online yaitu tidak memiliki nilai kredibilitas yang cukup tinggi atau tidak bisa dipercaya oleh customer.

Semenarik apapun produk anda, bila anda tidak memiliki nilai kepercayaan (kredibilitas), maka hal ini tidak memungkinkan anda mendapatkan calon pembeli. Bisnis online juga bisa membangun finansial yang tinggi namun ada banyak yang gagal dan tidak memberikan keuntungan sama sekali. 

Berikut ini 7 tips yang bisa anda terapkan agar bisnis online anda lebih dipercaya dan berhasil :


1. Jangan Terlalu Berfokus Pada Instagram

Instagram merupakan sosial media yang sangat populer di saat ini, beberapa kalangan bisnis online juga banyak yang memanfaatkan demikian agar meningkatkan closing. Mengingat instagram sangat mudah dibuat dan tidak membutuhkan verifikasi khusus maka hal inilah yang menyebabkan banyak daya calon pembeli yang enggan melakukan transaksi via instagram karena banyak sekali tipu menipu.

Sebaiknya bila anda berkecipung di instagram bisnis online, anda harus bisa memberikan nilai tambah seperti memiliki website sendiri.


2. Buatlah Sebuah Website Agar Lebih Dipercaya

Tidak semua orang bisa membangun website dengan mudah, karena untuk membuatnya harus melakukan verifikasi data seperti SIUP, Akta, NPWP, dll dan data inilah yang akan kemudian hari disimpan dan bisa digunakan untuk pelacakan bila seandainya ditemukan adanya indikasi penipuan. 

Setidaknya anda harus memiliki naa domain .com atau co.id agar bisnis online yang anda jalani lebih dipercaya oleh orang lain. 


3. Desain Tampilan Website Yang Kurang Profesional

Tampilan website adalah salah satu pandangan awal konsumen terhadap bisnis online, hal ini juga berlaku pada sistem offlane, dimana seseorang yang berkunjung ke tokonya bila memiliki tatanan ruangan yang tidak mengenakan dilihat, maka pengunjung juga akan membatalkan keinginan untuk beli. 

Desain website dengan tampilan profesional yang dimaksud adalah memiliki basic desain yang tidak melelahkan mata, tersusun rapi, bila untuk company profile maka web desain yang dibuat disesuaikan dengan perusahaannya sedangkan toko online memiliki tatanan antara harga, foto, deskripsi, chat yang minimalis, responsive, frame komplek dan lainnya. 

Bagi anda yang ingin membuat website dengan tampilan profesional, setidaknya konsultasikan dahulu mengenai desain kepada tim developer, atau anda bisa berkonsultasi di nomor 0852-1500-2010 (gratis konsultasi) Call/SMS/WhatsApp/Telegram atau bisa juga berkunjung ke halaman -> website profesional untuk melihat langsung berbagai contoh jenis template yang sudah jadi.


4. Mudah Dihubungi dan Respon Cepat

Secara umum saat konsumen membaca deskripsi dan tertarik mengenai produk anda, akan langsung dihubungi, setidaknya jangan memberikan +- 5 menit batas respon awal agar mendapatkan nilai kepercayaan awal dari konsumen. Biasakan untuk memberikan pelayanan respon cepat dan mudah dihubungi, baik itu hanya dari whatsapp ataupun telp langsung.


5. Testimoni Konsumen

Simpanlah setiap testimoni dari konsumen walaupun testi tersebut hanya berupa foto produk yang telah sampai. Anda bisa memajang testi testi tersebut di dalam situs website anda atau di dalam laptop. Fungsi testi tersebut bisa anda gunakan saat konsumen anda menanyakan pertanyaan seputar “Apakah ini bukan penipuan?”, anda bisa menjawab melalui testi real yang telah anda simpan sekaligus foto foto resi pengiriman.


6. Berikan Nilai Tambah Dari Segi Pelayanan Yang Ramah Dan Rinci

Nilai tambah yang dimaksud adalah untuk membedakan antara toko online yang disebelah dengan toko anda. Salah satu nilai tambah yang bisa anda kedepankan adalah pemberian pelayanan yang ramah, walaupun si calon pembeli tersebut hanya sekedar konsultasi saja dan jangan terpaku pada closing. Tips yang bisa anda gunakan adalah membantu memecahkan masalah yang konsumen keluhankan, bukan sekedar hanya menawarkan produk. Buatlah penjelasan yang cukup jelas, mudah diterima, cepat dengan demikian seseorang bisa di runah statusnya menjadi “Lead” dan kemudian mudah digiring ke closing.


7. Bisnis Online Anda Tergabung Pada Marketplace

Marketplace adalah salah satu tempat transaksi aman 100% dengan menggunakan pihak ke tiga sebagai pemegang dana pembeli sebelum diteruskan langsung ke penjual. Beberapa contoh marketplace diantaranya Tokopedia, Bukalapak, Shopee dll. Fungsi utama marketplace bisa anda gunakan saat calon pembeli ragu dalam transaksi online, bisa anda kirimkan sebuah link yang menuju ke toko online marketplace anda. 

Marketplace memang sangat menguntungkan sekali dalam pembangunan kredibilitas namun kelemahan marketplace adalah tidak menyediakan tempat konten untuk penulis. Maka dari itulah fungsi utama website sangat penting karena dapat membantu menuliskan konten konten menarik yang bisa mendatangkan visitor / pengunjung. 


Start writing here...

Kun Hery

res.partner(11,)