Alasan Bisnis Retail Wajib Menggunakan Software Kasir (Point Of Sale)

Muhamad Amirullah


Jika Anda merupakan pemilik atau manajer perusahaan retail, Anda pastinya menjual banyak barang setiap harinya dan harus membuat laporan yang cukup kompleks dan memakan waktu banyak jika dikerjakan secara manual. Jika iya, pastinya banyak waktu Anda yang terbuang sia sia. Oleh karena itu, sebagai pemilik atau menejer dari perusahaan retail, Anda membutuhkan sebuah software yang dapat membantu beberapa permasalahan tersebut. Berikut adalah beberapa alasan bisnis retail wajib menggunakan software kasir (Point Of Sale).

Meminimalisir terjadinya human error

Jika Anda mengelola pesanan dan menghitung stok secara manual, maka secara tidak langsung human error pasti akan terjadi. Tentunya Anda berpikir jika sedikit kesalah pasti tidak akan merugikan perusahaan namun kesalahan sebesar 1% dapat berdampak sangat besar jika dilakukan secara terus menerus (akumulatif). Sedangkan, jika Anda menggunakan software kasir POS (Point Of Sale), maka Anda akan mudah melakukan beberapa aktifitas tersebut tanpa takut terjadi human error.

Mengurangi kerugian perusahaan

Adalah hal yang menyedihkan jika sebuah bisnis mengalami kerugian karena pencurian atau kecurangan yang dilakukan oleh karyawan bisnis itu sendiri. Hal ini dikarenakan mereka tahu tentang bagaimana proses kerja perusahaan berjalan, mereka dapat memanfaatkan kekurangan ini untuk melakukan pencurian atau kecurangan yang dapat merugikan perusahaan. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi jika Anda menggunakan software POS, dengan menggunakan software POS yang berkualitas, Anda dapat melacak dan mengevaluasi setiap langkah yang ditempuh sebuah  produk mulai dari pembelian, pemasok, penjualan hingga menuju ke tangan pelanggan. Anda dapat menggunakan data ini untuk memahami di mana kerugian Anda terjadi. Dengan melakukan hal ini akan membantu Anda mengatasi kerugian perusahaan  dan melakukan penghematan hingga dua kali lipat.

Meningkatkan Efisiensi

Menggunakan software kasir yang berkualitas akan membantu Anda untuk memasukkan informasi penjualan secara otomatis ke inventaris Anda sehingga Anda tidak perlu lagi mengecek ketidak konsistenan antara penjualan yang Anda lakukan dan saham yang Anda miliki. Hal ini akan memberi Anda dan staf Anda lebih banyak waktu untuk dapat berkonsentrasi menghasilkan pendapatan tambahan dengan memperhatikan pelanggan.

Mengetahui Return on Investment dengan mudah

Laporan penjualan yang dihasilkan oleh sistem POS (software kasir) memungkinkan Anda untuk menganalisis keefektifan setiap promosis yang Anda jalankan. Hal Ini memungkinkan Anda untuk menemukan produk dengan margin terbaik, siapakah sales denganpenjualan terbaik di tim Anda, struktur harga tertinggi atau penawaran yang meyakinkan pelanggan untuk membeli, dan aktivitas pemasaran apa yang paling sukses untuk bisnis Anda. Dengan begitu. Anda kemudian dapat mengoptimalkan proses penjualan, pemesanan dan pemasaran untuk meningkatkan margin keuntungan perusahaan Anda.

Proses Checkout akan lebih maksimal

Anda dapat mempercepat proses checkout Anda secara signifikan dengan menambahkan pemindaian bar code. Pelanggan Anda akan jauh lebih puas jika mereka tidak perlu menunggu antrian untuk melakukan pembelian, dan Anda akan bisa melayani lebih banyak pelanggan setiap harinya. Plus, Anda akan bisa merekam lebih banyak data di checkout Anda yang bisa digunakan untuk memberi insentif loyalitas pada klien Anda dan membantu Anda memasarkan produk Anda dengan lebih baik.

Harga yang konsisten

Dengan memanfaatkan software kasir di perusahaan Anda, maka Anda dapat melakukan perubahan harga pada beberapa produk dengan lebih mudah tanpa harus melakukan pembaharuan satu persatu. Dengan begitu, para pelanggan akan dapat melihat harga yang up to date di setiap produk Anda. Ini berarti harga Anda akan selalu konsisten, sehingga pelanggan Anda tidak akan pernah merasa tertipu jika mereka melihat harga yang lebih murah di lokasi yang berbeda, atau bahkan menerima harga berbeda dari penjual. Jika Anda menggunakan software kasir POS pada seluruh saluran penjualan lainnya, seperti toko online Anda, maka Anda dapat memperbarui harga secara otomatis pada waktu bersamaan.

Jika perusahaan distribusi Anda masih menggunakan pena dan kertas, kalkulator atau perangkat lunak spreadsheet yang sederhana, mungkin sudah waktunya Anda untuk mempertimbangkan sistem penjualan yang lebih tepat. Ketika Anda memilih untuk menggunakan software kasir maka Anda secara langsung telah melakukan investasi jangka panjang yang dapat menguntungkan perusahaan distribusi Anda.