Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Berinvestasi pada Konten Marketing

Muhamad Amirullah

Apakah Anda tidak yakin tentang strategi pemasaran konten yang tepat untuk bisnis yang sedang Anda jalankan? Sebagai salah satu dari banyak strategi pemasaran dengan biaya yang tidak terlalu besar dan potensi ROI (Return On Investment) yang tinggi, maka pemasaran konten (konten marketing) sangat dianjurkan untuk bisnis yang Anda jalankan. Inilah beberapa alasan mengapa bisnis anda wajib berinvestasi pada konten marketing:

Konten marketing akan melengkapi strategi pemasaran Anda saat ini

Pemasaran konten melengkapi tiga strategi pemasaran yang biasa dilakukan saat ini, diantaranya adalah PPC (Pay Per Click), pemasaran media sosial dan juga SEO (Search Engine Optimization). Namun bagaimana bisa pemasaran konten dapat mencakup ketiga hal tersebut? Untuk PPC, pemasaran ini memberi Anda lebih banyak peluang untuk para elanggan menuju ke landing page website Anda. Terkadang para pelanggan mungkin tidak sedang pada tahap ingin membeli suatu produk, namun mereka secara aktif mencari lebih banyak informasi yang akan berguna bagi mereka. Penerbitan entri blog yang masuk ke topik industri yang berbeda dapat menjadi tempat yang tepat untuk mengarahkan pelanggan ini ke jawaban yang mereka cari dan juga ke bisnis Anda. Setelah calon pelanggan mendarat di pos blog Anda, Anda dapat menunjukkan iklan kepada mereka begitu mereka meninggalkan situs Anda melalui Adwords Marketing.

Jika Anda sudah menerapkan SEO di situs Anda, maka pastinya Anda telah mengetahui pentingnya kata kunci dalam meningkatkan peringkat pencarian website Anda. Melalui blog, Anda dapat menggabungkan lebih banyak kata kunci yang lebih ‘friendly’ ke mesin pencari yang akan terus meningkatkan rangking Anda dengan mencari user organik dan biaya yang murah.

Media sosial adalah alat yang penting bagi kebanyakan bisnis, namun untuk menemukan materi yang relevan gara dapat dibagikan dengan audiens bisa menjadi hal yang cukup sulit. Dengan membuat konten Anda sendiri, Anda dapat meningkatkan follower dan like media sosial Anda dan mengarahkan pelanggan yang sudah tertarik ke situs web Anda.

Meningkatkan traffic website Anda

Pemasaran konten dapat membantu Anda untuk meningkatkan pengunjung ke situs Anda melalui semua saluran yang disebutkan di atas. Bahkan lebih baik, traffic tersebut berkualitas tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa pemasaran konten lebih efektif untuk mendapatkan prospek daripada mengirimkan email. Ini juga terbukti memiliki tingkat konversi traffic yang lebih baik, yang sebenarnya menggandakan rata-rata rasio konversi situs web dari 6% menjadi 12%. Mengapa bisa begitu? Itu karena Anda terhubung dengan pelanggan pada saat mereka membutuhkan informasi tentang apa yang Anda tawarkan. Hal ini lebih baik dari pada memberikan iklan pada mereka, Anda memberi mereka konten yang bermanfaat, yang menciptakan kepercayaan. Kepercayaan itu membangun hubungan antara bisnis dan pelanggan Anda. Sebenarnya, bisa dikatakan bahwa pemasaran konten adalah satu-satunya bentuk pemasaran berbasis hubungan dengan pelanggan yang dapat diukur kinerjanya.

Memiliki resiko yang kecil

Apakah Anda menjalankan iklan di Facebook, membuat kampanye PPC, atau berinvestasi di iklan bergambar, jika iya, maka Anda akan dikenakan biaya. Biasanya biaya yang dikeluarkan untuk beberap hal tersebut tidaklah murah. Terkadang dibutuhkan trial and error sampai Anda menemukan bauran pemasaran yang tepat yang membawa traffic berkualitas ke situs Anda melalui iklan berbayar.

Di sisi lain, pemasaran konten hanya memiliki sedikit biaya karena Anda mungkin akan menerbitkan konten tersebut di situs web Anda sendiri. Sekalipun konten tersebut gagal, Anda dapat melakukan perubahan yang diperlukan, mempublikasikan konten baru, dan tidak kehilangan banyak biaya dalam prosesnya.

Semua orang melakukan pemasaran ini

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa 88 persen organisasi B2B (Business to Business) dan 76 persen perusahaan B2C (Business to Consumer) memanfaatkan pemasaran konten, dalam beberapa bentuk atau lainnya, untuk mengembangkan bisnis mereka. Sekitar 50 persen bisnis berencana untuk memperluas pemasaran konten mereka di masa depan. Jika Anda belum mulai, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengejar ketinggalan? Jangan sampai tertinggal jauh ketika harus mengembangkan strategi pemasaran konten Anda. Gunakan beberapa tip sederhana ini untuk memulai.