Analisa Persaingan Bisnis Online Dengan Mencuri Kompetitor Pelanggan

Kun Hery

Analisa persaingan bisnis memang sangat diperlukan sekali, terutama bagi anda yang belum memiliki nama brand yang luas atau masih baru. Dalam dunia bisnis online, pasti memiliki kompetitor, baik itu produk anda yang mirip, fungsi yang mirip ataupun harga yang lebih bersaing. Mengapa analisa adalah hal yang harus dipahami?

Mungkin bagi anda yang memiliki kekuatan brand yang kuat tidak akan menjadi masalah, karena sudah dipastikan bila produk anda terjun otomatis sudah memiliki banyak peminat di kalangan pelanggan, sebut saja contoh brand-nya Google, dan memiliki beberapa produk diantaranya smartphone Google Pixel, Youtube, GPS dan lain sebagainya, tanpa perlu dipasarkan yang luas pun, brand Google tetap bisa memperkenalkan produknya dari testimoni satu ke testimoni lainnya. Lalu bagaimana dengan brand brand yang masih lemah atau yang biasa? Tentu diwajibkan mengenali persaingan pasar dahulu.

Semua produk yang anda pasarkan di bisnis online, memang tidak semua produknya akan 100% menang, namun walau tidak 100% sebagai pihak marketers online tentu ada suatu cara yang meningkatkan penjualan hingga diatas 70%.


5 Cara Analisa Persaingan Bisnis Online Dengan Cara Mencuri Pelanggan Kompetitor

Analisa yang kami berikan dibawah ini bukanlah kita menyusup ke salah satu perusahaan lalu mencuri database penjualannya. Melainkan kita bersaing dengan sehat, dengan menggunakan metode metode SEO dan beberapa aplikasi pendukung. Berikut ini diantaranya :


1. Amati Pasar Dan Kenali Kompetitor

Dalam menghadapi kompetitor, setidaknya anda harus melihat dahulu kompetitornya sehingga anda dapat menyusun strategi strategi yang sama ataupun lebih sehingga anda bisa memenangkannya. Dalam dunia bisnis online, kompetitor yang kerap kali bersaing di Search Engine Google, dan para pemilik situs website berlomba lomba agar dapat menempatkan posisinya di halaman pertama Google. Untuk mengamati kompetitor tersebut, sebaiknya kenali dahulu “apakah situs anda sudah cukup kuat untuk bersaing dengan yang akan disaingi?” bila belum, carilah kompetitor dengan kata kunci yang rendah. Hal ini akan lebih baik dan lebih cepat mendapatkan calon pembeli, daripada harus berbulan bulan lebih menyaingi kompetitor yang besar dan belum tentu berhasil.

Contoh kata kunci kompetitor yang berat dan ringan, bisa anda lihat di https://ads.google.com/aw/keywordplanner dan ketikan kata kunci sesuai produk anda, contoh kata kunci  ‘jual kosmetik’

 


Gambar diatas dapat disimpulkan bahwa banyaknya orang yang menggunakan search engine Goole dan mencarikata kunci ‘jual kosmetik’ antara 100 – 1000 per/bulan. dan untuk melihat kompetitornya bisa anda tuliskan di search engine Google, dan hasilnya seperti ini :


Langkah Mengambil Traffic / Pengunjung Dari Kompetitor

Dari contoh diatas, anda bisa mengambil salah satu contoh kompetitor dari salah satu situs dan bisa menganalisa-nya menggunakan aplikasi seperti Ahref. Berikut ini salah satu analisanya :


Gambar diatas adalah salah satu cara untuk mengenali posting / artikel mana saja yang mendapat posisi di halaman pertama Google, anda bisa melakukan klik untuk lebih detail mengenai keyword keyword yang digunakan dan setelah itu dapat diaplikasikan ke artikel anda. Jadi, buatlah artikel yang lebih bagus daripada kompetitornya sehingga presentase kemenangan lebih besar. 

Tidak hanya itu juga, pembangungan backlink juga bisa anda tiru, dan lihat, berikut ini salah satu contoh penerapannya.



2. Menawarkan Harga Bersaing Di Market Place

Harga bersaing memang sangat mudah menarik daya minat pembeli, namun sebagai gantinya keuntungan yang didapat juga sangat minim. Walaupun ada resiko tersebut, beberapa orang bahkan bersedia rugi sedikit untuk membangun branding toko terlebih dahulu, sehingga suatu saat setelah produknya laris terjual , harga juga bisa ditingkatkan tanpa takut kehilangan calon pembeli. 


3. Perlihatkan Keunggulan Produk Anda Melalui Foto Testimoni

Bila anda memiliki calon pembeli, cobalah untuk mengadakan give away agar mendapatkan testimoni. Testimoni ini bisa dikirimkan melalui whatsapp baik berupa text saja, gambar ataupun lebih baik video. Setelah anda mendapatkan testimoni, bisa anda posting di situs website anda sehingga dapat menarik calon pembeli, walaupun kompetitor anda besar sekalipun, testi sangat berpengaruh karena dalam bisnis online kompetitor tinggi belum tentu memberikan hasil sesuai harapan konsumen.


4. Ciptakan Produk Yang Unik Dari Kompetitor Anda

Banyak sekali produk mirip dan unik, sehingga keunikan tersebut bisa dijadikan sebagai bahan menembak kompetitor. Salah satu contohnya adalah produk makanan brownies, dahulu hanya dikenal rasa coklat saja, namun saat ini banyak kompetitor yang menciptakan varian rasa seperti anggur, strawberry dan lainnya.


5. Buatlah Nilai Tambah Dari Segi Apapun Yang Membedakan Dengan Yang Lain

Banyak sekali ide ide untuk menambah nilai kelebihan toko atau bisnis anda dengan kompetitor, salah satunya adalah dari segi pelayanan yang ramah, cepat dan jelas. Mungkin anda perlu mencantumkan whatsapp konsultasi sehingga para konsumen bisa langsung chat dengan anda, dan utamakan fast respon.


Mengalahkan Kompetitor Dengan Jasa SEO ?

Mungkin banyak yang mendengar jasa jenis tersebut, namun belum mengerti sepenuhnya dan menganggapnya hal sepele. Jasa SEO adalah jasa yang digunakan untuk menaikan traffic pada situs anda, hal ini berbanding sebalik yaitu semakin tinggi traffic maka semakin pula banyak calon pembeli yang datang. Penerapan jasa SEO ini bermacam macam, mulai dari optimasi backlink, optimasi DA PA, optimasi konten, promosi dan lainnya. Bila anda kurang mengenal jasa ini, bisa konsultasi GRATIS di nomor 0852-1500-2010 (gratis konsultas) Call/SMS/WhatsApp/Telegram. Atau bisa mengunjungi halaman -> Andromeda




Kun Hery

res.partner(11,)