Apa itu Mesin Absensi, Jenis, Fungsi dan Kegunaan

Pengertian Mesin Absensi

Alex Dhika


Pengertian mesin absensi, mesin absensi adalah mesin yang digunakan untuk mencatat kehadiran karyawan, siswa maupun anggota sebuah organisasi. Mesin absensi banyak digunakan di kantor, sekolah, instansi bahkan di sebuah proyek.

Peranan mesin absensi ini sangat penting untuk mencatat jam kerja terutama bagi perusahaan yang menghitung gaji atau upah menggunakan hitungan waktu. Mesin absensi juga sangat penting digunakan di sekolah untuk mencatat kehadiran siswa, termasuk untuk membantu mengajarkan kedisiplinan kepada siswa.

Jenis mesin absensi

Sama seperti perangkat teknologi yang lain, mesin absensi juga mengalami perkembangan secara teknologi dari jaman ke jaman, berikut ini beberapa jenis mesin absensi berdasarkan jenis inputnya :

  1. Mesin absensi kartu. Ini mesin absensi generasi awal, Mesin ini menggunakan kertas untuk mencatat absen.

  2. Mesin absensi digital. Mesin jenis ini merupakan perkembangan awal mesin absensi ke era digital, cara penggunaannya dengan memasukkan PIN, kartu barcode atau kartu magnetik.

  3. Mesin absensi biometrik. Generasi terbaru mesin absensi menggunakan sensor pendeteksi biometrik atau pendeteksi bagian tubuh manusia, Mesin absensi biometrik saat ini ada yang menggunakan fingerprint  (sidik jari), suara dan wajah. Mungkin kedepan akan banyak lagi jenis sensor yang digunakan misalnya retina mata.

Kelebihan mengunakan mesin absensi

Ada banyak manfaat menggunakan mesin absensi antara lain :

  1. Akurat. Penggunaan mesin absensi menghasilkan  pencatatan yang akurat dengan tingkat kesalahan yang sangat minim.

  2. Cepat. Mesin absensi juga menawarkan pencatatan yang cepat. Dengan catatan kita menggunakan mesin absensi dengan sensor berkualitas baik. Jika kita menggunakan mesin absensi dengan kualitas sensor yang buruk justru akan memperlambat proses pencatatan.

Perkembangan mesin absensi

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, penggunaan mesin absensi tidak hanya berhenti pada pencatatan kehadiran dan penghitungan upah saja namun sekarang peranan mesin absensi juga dituntut berintegrasi langsung dengan sistem di perusahaan maupun di sebuah instansi.

Singkatnya kecanggihan teknologi mesin absensi bukan hanya terletak pada kecanggihan sensor inputnya saja tapi juga juga berkembang ke pengembangan sensor integrasinya, Berikut ini beberapa jenis mesin absensi berdasarkan integrasi dengan mesin lain :

  1. Mesin absensi USB. Dengan menggunakan USB maka kita dengan mudah menarik data dari mesin absensi ke komputer kita dan mengolahnya.

  2. Mesin absensi TCP/IP. Teknologi yang lebih mudah jika dibandingkan dengan teknologi USB. Teknologi ini menggunakan teknologi jaringan LAN untuk mengambil data dari mesin absensi. Mesin absensi ini menyediakan sambungan kabel LAN dan kita hanya perlu menyambungkan mesin ini dengan jaringan yang ada.

  3. Mesin absensi Wifi. Fitur tanpa kabel menjadikan mesin absensi ini lebih praktis dan lebih mudah dalam mengelola data yang sudah masuk. Cukup dengan menyambungkan mesin absensi ini dengan jaringan Wifi yang ada, mesin absensi ini siap digunakan.

Meskipun demikian sepertinya belum juga cukup perkembangan jaman, ke depan mesin absensi dituntut juga untuk secara otomatis berinteraksi dengan sistem terpadu sebuah perusahaan misalnya dengan sistem ERP sehingga meminimalkan interaksi aktif antara operator dengan mesin absensi.

Cara memilih mesin absensi

Ada begitu banyak jenis dan merek mesin absensi dan juga beragam fitur dan teknologi membingungkan sebagian besar calon pembeli, silahkan membaca cara memilih mesin absensi jika Anda merasa kesulitan menentukan jenis mesin absensi yang cocok untuk perusahaan Anda.