Bagaimana Sistem ERP Membuat Restoran Anda Lebih Efisien

Alex Dhika

Selain menginginkan makanan atau minuman dengan bahan yang berkualitas tinggi dan juga rasa yang lezat, pelanggan sebuah restoran pastinya mengharapkan beberapa menu tersebut  dapat dihidangkan dengan cepat dan benar serta sesuai dengan apa yang mereka inginkan, pelayanan yang sopan, dan rasa nyaman ketika berada di tempat tersebut.

Oleh karena itu, para pemilik sebuah restoran tidak hanya wajib untuk memenuhi setiap kebutuhan dan keinginan para pelanggan mereka tetapi juga segala aspek yang ada di dalam restorana tersebut seperti para karyawan, para pemasok bahan bakau, dan lain sebagainya agar semuanya berjalan sesuai dengan keinginan. Namun, untuk mengelola segala aspek terebut memang bukan sebuah perkara yang mudah untuk dilakukan. Tetapi para pemilik restoran tidak perlu khawater akan berbagai masalah terebut karena mereka dapat memanfaatkan sebuah sistem yang dikenal dengan ERP. Sistem ini memiliki berbagai fitur yang dibutuhkan oleh setiap pemilik restoran seperti perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), pengelolaan stok barang dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa poin penting tentang bagaimana sistem ERP membuat restoran Anda lebih efisien:

Memudahkan pengelolaan dan pelacakan persediaan

Persediaan atau inventaris merupakan salah satu aspek vital dalam setiap restoran. Jika seorang manajer restoran ingin mendapatkan data atau gambaran yang jelas tentang total inventaris, termasuk tanggal kedaluwarsa, dan perkiraan yang tepat untuk bahan-bahan yang diperlukan, maka secara otomatis efisiensi pengeluaran biaya  akan dapat meningkat. sistem ERP dapat membantu pengoperasian restoran dengan menyederhanakan manajemen persediaan atau inventaris. Sistem ini menawarkan kemampuan untuk melacak persediaan lebih efisien mulai dari vendor hingga ke pelanggan. Selain itu, sistem  ERP juga dapat mengurangi kesalahan dalam penagihan karena memiliki fitur untuk mendeteksi jumlah biaya, pengurangan anggaran, atau beberapa isu lainnya.

Meningkatkan efisiensi pengelolaan karyawan

Dalam sistem yang lebih tradisional pengelolaan karyawan atau SDM didasarkan pada jadwal kertas, formulir dalam bentuk cetak, permintaan tertulis dari karyawan, dan mungkin spreadsheet komputer. Metode ini tidak hanya memakan waktu tetapi juga tidak efektif. Namun, Anda tidak perlu cema karena sistem ERP dapat mengefektifkan pengelolaan karyawan restoran dengan proses secara otomatis dan memindahkan banyak tugas penjadwalan dan sumber daya manusia secara online. Informasi karyawan disimpan dalam database, dan staf dapat memperbarui informasi pribadi dan ketersediaan mereka serta mengirimkan permintaan untuk cuti, liburan, atau pertukaran shift melalui sistem otomatis. Sistem ini juga mampu untuk menghitung absensi dan pengalokasian bonus sehingga Anda sebagai manajer atau pemilik restoran tidak perlu report lagi. Metode ini tidak hanya menghemat waktu tetapi jauh lebih efisien daripada praktik tradisional dengan menggunakan kertas dan pena.

Fitur pelacakan penjualan

Banyak restoran menangani transaksi dalam sejumlah besar, baik dalam bentuk cash dan transaksi kartu kredit setiap harinya. Semakin sukses sebuah restoran, semakin banyak pula transaksi yang dilakukan. Oleh karena itu, seorang manajer atau pemilik restoran harus melacak total penerimaan penjualan dan menentukan item mana pada menu yang paling popular dan item yang kurang diminati oleh pelanggan. Semua aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan mudah ketika menggunakan sistem ERP. Sistem ini memiliki fitur untuk melacak semua penjualan dan lebih efisien daripada kasir tradisional. Selain itu, sistem ERP dapat memecah penjualan ke dalam beberapa kategori dan memberikan gambaran yang jelas tentang item pada menu yang disukai pelanggan. Fitur ini memungkinkan para manajer atau pemilik resotoran untuk melakukan perubahan sesuai kebutuhan dan juga membantu meningkatkan penjualan.

Penyederhanaan laporan keuangan

Tujuan setiap bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan ,sehingga kemampuan untuk membuat, mengelola, dan meninjau laporan keuangan merupakan hal yang angat penting. Dengan sistem ERP, proses penyusunan laporan keuangan dapat disederhanakan dan memungkinkan para manajer restoran untuk mengakses langsung berbagai bagian dari laporan keuangan yang disiapkan, seperti formulir pajak, laporan untung dan rugi, atau perkiraan laba, kapan saja dan dimana saja.

Pemantauan operasional secara mobile

Terkadang, manajer restoran harus melakukan bisnis di luar lokasi. Ini berarti mereka tidak dapat terus memantau dan mengelola kegiatan di restoran mereka. Namun tidak perlu khawatir, dengan menggunakan sistem ERP, para manajer akan  dapat melacak dan memantau pola penjualan, inventaris, dan kepegawaian dan segera menangani masalah apa pun dari jarak jauh melalui latop maupun tablet.

Pengelolaan bisnis restoran lebih dari sekadar mempekerjakan karyawan, menerima pesanan, dan membayar tagihan. Dengan bantuan sistem ERP, segala operasi yang terkait dengan aktivitas pemesanan, pengelolaan persedian, dan SDM dapat dikelola dengan sangat mudah sehingga memungkinkan para manajer untuk berkonsentrasi untuk memaksimalkan laba dengan menciptakan menu yang berkualitas dan pelanggan setia.

Dikarenakan banyaknya fitur yang dimiliki oleh sistem ERP tersebut, pastinya Anda akan tertarik untuk mengaplikasikannya pada restoran Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang sistem ini, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada perusahaan penyedia jasa implementasi Odoo ERP terpercaya.