Beberapa Cara Mempromosikan Bisnis Secara Efektif

Muhamad Amirullah


Cara mempromosikan bisnis. Agar dapat bertahan hidup dan tumbuh menjadi sebuah perusahaan yang menguntungkan, setiap bisnis pastinya membutuhkan adanya pelanggan. Untuk mendapatkan pelanggan, para pebisnis pastinya harus memiliki cara mempromosikan bisnis tersebut dengan baik. Sebelum munculnya internet, promosi adalah hal yang mudah karena tidak terlalu banyak pilihan. Sebelum era digital, hanya terdapat beberapa cara mempromosikan bisnis, seperti selebaran, kartu pos, atau iklan di koran lokal. Namun, hari ini, metode untuk mempromosikan bisnis ada banyak pilihannya, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Ada pemasaran media sosial, pemasaran mesin telusur (search engine),, dan banyak lagi. Jika Anda adalah pemilik bisnis, baik itu bisnis kecil atau besar, yang berjuang untuk mencari tahu cara mempromosikan bisnis mana yang akan digunakan,maka Anda tidak sendirian. Agar membantu Anda menavigasi lautan ide di luar sana untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, berikut adalah beberapa cara mempromosikan bisnis kecil secara efektif.

1. Mengandalkan review atau ulasan online dari para pelanggan


Memanfaatkan testimoni pelanggan telah menjadi cara promosi yang cukup efektif,  Anda cukup mendapatkan ulasan tentang produk atau layanan Anda melalui kolom ulasan yang ada. Testimonial tersebut dapat meningkatkan kredibilitas produk atau layanan Anda. Namun, untuk memaksimalkan keefektifan ulasan positif tersebut, Anda harus mendapatkannya pada website  pihak ketiga seperti Google +. Website tersebut dapat meningkatkan eksposur Anda, dan karena website itu dapat mencegah sebuah bisnis untuk menghasilkan ulasan palsu, sehingga banyak orang mempercayai ulasan pada website tersebut dari pada tempat lainnya. Pastikan Anda memberi tahu pelanggan bahwa Anda memiliki ulasan pada website pihak ketiga tersebut sehingga mereka dapat meninjau Anda.

2. Memperluas jaringan dengan media lokal


Mendapatkan publisitas untuk bisnis Anda memang cukup menghabiskan biaya, tetapi hal ini juga bisa dilakukan secara gratis. Dengan membuat jaringan online melalui Facebook atau Twitter akan dapat dengan mudah membantu Anda mempromosikan untuk suatu acara. Apakah Anda memiliki acara atau event yang mungkin ingin diliput oleh medial lokal di kota Anda? Maka Anda dapat mencoba untuk menghubungi media lokal atau grup blogger tersebut. Jika Anda memiliki sesuatu yang menarik, mereka mungkin bersedia untuk membuat dan meliput cerita tentang Anda secara gratis.  Jika mereka memiliki akun di Twitter dan Facebook, luangkan waktu untuk mengikuti dan terlibat dengan konten mereka. Semakin Anda dapat membiasakan diri dengan gaya penulisan atau rentang topic mereka, maka semakin spesifik Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan dari mereka. Selain itu, jika Anda meluangkan waktu untuk membaca karya mereka dan membagikannya dengan orang lain, mereka mungkin lebih bersedia membantu Anda secara sukarela. Hal ini tentunya bisa menjadi cara yang bagus untuk mempromosikan bisnis Anda secara gratis.

3. Menggelar sebuah event


Bahkan di dunia digital saat ini, mempromosikan bisnis Anda di sebuah acara atau event fisik masih merupakan cara yang bagus. event tersebut dapat berkisar dari acara perdagangan nasional besar yang dapat menarik puluhan ribu orang, hingga event lokal kecil yang mengumpulkan beberapa anggota komunitas Anda.

Jika Anda menargetkan audiens berskala nasional dan Anda ingin menjual produk Anda kepada para  pengecer (ritel), pergi ke pameran dagang besar mungkin adalah hal yang etapt. Pelajari cara menjalankan stan yang sukses di kerajinan atau pameran dagang di tempat tersebut. Jika Anda tidak yakin bagaimana untuk mengambil keuntungan dari acara tersebut, Anda dapat mempertimbangkan hanya untuk menghadirinya saja sebagai seorang pengunjung sebelum menginvestasikan uang di stan Anda sendiri. Jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan yang sudah berencana memamerkan bisnisnya di pameran dagang tersebut, mereka mungkin membiarkan Anda untuk mempromosikan bisnis Anda secara gratisdi stan tersebut.

Jika Anda memiliki bisnis kecil, terlibat dalam acara komunitas dapat menjadi alat promosi yang hebat untuk bertemu dengan para pelanggan baru. Hal lain yang dapat membantu Anda menemukan orang yang berpikiran sama di wilayah Anda adalah melalu sebuah forum online. Di sana, Anda dapat mencari sekelompok orang yang akan mengadakan acara tatap muka yang diselenggarakan di sekitar Anda.

4. Youtube


YouTube merupakan sebuah media yang bagus untuk memasarkan bisnis Anda di web. Meskipun Anda mungkin menemukan beberapa kesulitan ketika membangun audiens Anda, jika Anda fokus untuk membuat tutorial video yang bermanfaat, pada akhirnya, Anda akan dapat menjangkau lebih banyak orang. YouTube adalah sumber yang bagus untuk tutorial karena Anda dapat mengajarkan orang-orang tentang apa saja dalam format yang mudah dipahami. Melalui situs ini, Anda dapat mengajarkan keterampilan digital, hal lain yang terkait dengan bisnis Anda. Dengan begitu, bisnis Anda tidak hanya akan dikenal, tetapi jukga akan memiliki reputasi yang baik di mata mereka. Sebelum memposting konten di Youtube, pastikan bahwa kualitas rekaman dan konten keseluruhannya berkualitas tinggi. Selain itu, pastikan untuk meletakkan tautan di dalam deskripsi yang akan mengarahkan para penonton ke website Anda.

5. Memilikiwebsite Ecommerce (Toko Online)


Ecommerce adalah sebuah aktivitas pembelian dan penjualan produk atau layanan melalui sistem elektronik seperti jaringan komputer dan Internet. Dalam dunia teknologi modern ini, e-commerce menjadi pilihan yang sangat signifikan bagi banyak bisnis karena ada banyak perusahaan yang tertarik untuk mengembangkan toko online mereka. Hari ini, e-Commerce telah mengubah cara banyak perusahaan melakukan bisnis. Sekarang, konsumen dapat membeli hampir semua hal secara daring selama 24 jam sehari dan mendapatkan pengalaman belanja terbaik.

Bagi banyak orang di dunia, e-Commerce menjadi salah satu cara belanja yang disukai karena karena kemudahan dan kenyamanannya. Melalui websit ecommerce, para pelanggan dapat membeli produk atau layanan dari rumah mereka kapan saja, baik siang atau malam. Selain itu,hal terbaik dari sebuah toko online atau website ecommerce adalah media tersebut member opsi yang cepat, nyaman, dan mudah digunakan ketika para pelanggan ingin mentransfer dana secara online. Karena kemudahannya, konsumen dapat menghemat banyak waktu dan uang dengan mencari produk mereka dengan mudah dan melakukan pembelian secara online.

Dengan bisnis e-commerce, Anda, sebagai pebisnis dapat mengurangi biaya pengelolaan persediaan barang sehingga dapat mengotomatisasi manajemen inventaris dengan menggunakan sistem manajemen berbasis web. Secara tidak langsung, hal ini dapat menghemat biaya operasional Anda. Dikarenakan faktor tersebut, memiliki website  ecommerce atau toko online yang telah dioptimasi dengan baik akan dapat mempromosikan bisnis Anda secara efektif. Oleh karena itu, untuk memiliki sebuah website toko online yang berkualitas, Anda perlu memilih penyedia jasa pembuatan website toko online 

terbaik yang ada dipasaran.