Beberapa Kesalahan dalam Bisnis yang Harus Dihindari oleh Pemula

Muhamad Amirullah


Beberapa kesalahan dalam bisnis yang harus dihindari oleh pemula. Terdapat banyak pebisnis yang memulai bisnisnya dengan penuh semangat, akan tetapi kebanyakan dari mereka mengalami kegagalan. Inj karena, mereka sering melakukan beberapa kesalahan dalam bisnis yang harus dihindari. Mereka jatuh ke dalam perangkap lagi dan lagi, tetapi jika mereka dapat menghindari kesalahan tersebut, maka peluang mereka untuk mengembangkan bisnis tersebut akan semakin signifikan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa kesalahan dalam bisnis yang harus dihindari oleh pemula:

1. Kurangnya persiapan

Seperti ketika Anda mengikuti sebuah perlombaan, jika Anda tidak memiliki persiapan, maka Anda tidak akan mendapatkan kesuksesan. Sangat penting bagi Anda untuk melakukan persiapan, seperti memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dari bisnis yang ingin Anda kerjakan. Sebelum memulai sebuah bisnis, Anda membutuhkan kerja keras, fokus, dedikasi, dan konsentrasi, sehingga tidak ada gangguan pribadi atau gejolak profesional yang dapat mengganggu Anda dalam menjalankan bisnis tersebut.

2. Tidak memiliki rencana bisnis yang utuh

Anda pastinya telah memikirkan ide atau rencana tentang bisnis Anda dan yakin itu akan berhasil. Tetapi di sisi lain, Anda tidak dapat memutuskan tentang sumber daya yang perlu Anda tambahkan atau hal-hal lain yang perlu digabungkan untuk merealisasinya. Anda berpikir berulang kali tentang hal-hal yang ingin Anda tambahkan atau tinggalkan. Hal tersebut akan menjadi penghalang rencana bisnis ketika Anda ingin mengeksekusinya.Oleh karena itu,  hitung semua pro dan kontra dari hal-hal yang telah Anda buat untuk ditambahkan. Rencana perkiraan tersebut akan membantu Anda dalam membuat keputusan yang cepat dan tepat.

3. Tidak mengerti tentang keuangan

Beberapa baru umumnya gagal karena kebutuhan keuangan mereka melebihi dari apa yang mereka antisipasi. Untuk mengatasinya, maka Anda harus membuat perkiraan yang benar tentang kebutuhan keuangan Anda, dengan mempertimbangkan semua variabel. Selain itu, Anda dapat menyewa seorang akuntan untuk membantu perhitungan biaya yang diperlukan dalam investasi pada persediaan, bahan baku, investasi distribusi, penjualan dan pemasaran serta biaya lain-lain, dll. Tak hanya itu, Anda juga harus menetapkan jangka waktu untuk setiap tugas. Cobalah untuk beroperasi sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

4. Hanya berfokus pada pengembangan produk tetapi tidak pada penjualan

Mungkin sebagai pebisnis pemula, Anda melakukan semuanya sendiri, dari produksi hingga pemasaran dan penjualan. Setiap harinya, Anda menemukan diri Anda lebih berkonsentrasi pada pengembangan produk tetapi tidak pada penjualan atau pemasaran, dan pada alhirnya, Anda menemukan diri Anda berdiri di tempat yang sama dari tempat Anda memulai. Ini karena Anda belum berkonsentrasi pada salah satu kegiatan promosi Anda, yaitu penjualan. Seiring dengan produksi, hal ini sama pentingnya untuk membuat rencana  pemasaran dan penjualan produk Anda dan untuk mencoba mencapai target pemasaran.

5. Terlalu menghamburkan uang untuk hal yang tidak terlalu penting

Jika ingin mengambangkan bisnis yang Anda miliki, Anda harus memulai dari awal dan mencoba untuk meningkatkannya perlahan-lahan. Umumnya, ketika para pebisnis pemula menghasilkan terlalu banyak uang, mereka mulai membelanjakannya untuk hal-hal yang salah, tetapi pada saat mereka menyadari bahwa apa yang mereka lakukan tersebut adalah hal yang kurang tepat, semuanya sudah terlambat. Apa yang sebenarnya mereka lakukan adalah menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak  diperlukan seperti mendekorasi kantor, mengatur pesta makan malam untuk klien atau pemangku kepentingan, membeli mobil mewah atau terlibat dalam kegiatan yang tidak menghasilkan keuntungan secara langsung. Anda mungkin tidak menyadarinya tetapi pengeluaran seperti itu pada tahap ini dapat membawa Anda menuju kebangkrutan bahkan sebelum Anda menyadarinya.

6. Tidak memiliki website

Apakah perusahaan atau bisnis Anda masih belum memiliki sebuah website? Jika itu benar, maka bisnis Anda tidak akan dapat bertahan lama di era teknologi seperti saat ini. Sebuah website dapat menjadi faktor x dari seluruh bisnis Anda di masa mendatang. Tak hanya itu, sebagai seorang pebisnis pemula, Anda pastinya ingin bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik tetapi tidak tahu cara bersaing dengan beberapa bisnis besar di luar sana? Dengan memiliki website yang diptimasi dengan baik dan strategi yang solid, Anda dapat bersaing dan bahkan mengalahkan beberapa perusahaan besar tersebut. Oleh karena itu, pilihlah perusahaan jasa pembuatan website profesional untuk melakukan hal tersebut. Selain itu, memiliki website sangat berguna untuk menyambut pembeli secara online dan mengubahnya menjadi pelanggan potensial.

7. Takut gagal

Pastinya ada rasa takut, kecemasan, serta takut gagal setiap kali Anda memulai pekerjaan baru, dan hal tersebut dapat menjadi penghalang. Tetapi jika Anda ingin menjadi pengusaha yang sukses, Anda harus memperhitungkan risiko dan siap untuk kegagalan karena keberhasilan dan kegagalan adalah bagian dari bisnis. Pengusaha harus dapat melihat kegagalan jika mereka ingin bergerak menuju kesuksesan.

Itulah beberapa kesalahan dalam bisnis yang harus dihindari oleh pemula yang dapat menyebabkan bisnis mereka gagal. Tetapi dengan memiliki langkah strategis, mereka akan dapat menjalankan dan juga mengembangkan bisnisnya ke arah yang lebih baik. 

Muhamad Amirullah

res.partner(7,)