Beberapa Kesalahan Internet Marketing yang Sering Dilakukan oleh Pemula

Muhamad Amirullah

Beberapa Kesalahan Internet Marketing yang Sering Dilakukan oleh Pemula

Pada artikel ini akan membahas tentang cara untuk menghindari kesalahan pemasaran online yang biasanya dilakukan oleh banyak orang. Beberapa masalah ini dapat ditemukan pada banyak jenis pemasaran online: inbound atau outbound, SEO, social, e-mail atau iklan berbayar. Tujuan utamanya dari artikel ini adalah untuk membantu Anda mendapatkan cara pemasaran online yang lebih efektif.

Berikut adalah beberapa kesalahan pemasaran online atau melalui Internet yang perlu Anda hindari:

Tidak Memasarkan Situs yang Anda Miliki

Ketika  perusahaan Anda akan tidak memasarkan atau mempromosikan website yang Anda miliki maka hal ini secara otomatis akan berdampak pada kurangnya traffic atau tidak ada sama sekali di website Anda. Tanpa traffic yang bagus, website Anda akan cepat tergerus di era digital ini. Tidak akan ada pengunjung, tidak ada prospek dan tidak ada penjualan. Terlepas dari objektif atau tujuan situs web Anda, pemasaran yang tepat selalu menjadi kunci kesuksesannya.

Solusi: Anda harus memahami bahwa pemasaran situs web Anda sangat penting bagi keberhasilan bisnis yang sedang dijalankan.

Memiliki Harapan yang Tidak Realistis

Selain tidak memasarkan website, masalah umum lainnya adalah memiliki harapan atau tujuan yang tidak realistis. Banyak pemilik perusahan menetapkan tujuan yang tidak realistis mengenai target pemasaran dan waktu yang dibutuhkan. Terkadang, hal ini disebabkan oleh anggapan bahwa pemasaran online atau memasarkan produk melalui internet dapat menghasilkan keuntungan secara cepat.

Seorang pebisnis seharusnya tidak mengharapkan kesuksesan dalam waktu semalam untuk sebuah situs start-up. Pemasaran membutuhkan investasi uang, waktu dan banyak kerja keras. Tidak ada jalan pintas atau trik untuk melakukannya dalam semalam.

Solusi: Tetapkan sasaran atau target secara realistis untuk situs web Anda.

Melakukan Pemasaran Kepada Siapapun atau Semua Orang

Sebagian besar perusahaan membuat kesalahan dengan hanya berfokus pada jumlah pengunjung saat menganalisis traffic yang masuk ke situs web mereka. Jika traffic berkembang maka mereka akan merasa senang, dan mereka akan melakukan apapun untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke situs web, terlepas dari apakah orang-orang ini akan menjadi pelanggan atau tidak.

Pada kenyataannya, situs web Anda membutuhkan traffic yang “benar”. Anda membutuhkan pengunjung yang bisa dikonversi menjadi pelanggan. Ketika merujuk ke pengunjung “benar”, maka secara otomatis hal ini mengacu hanya pada parameter demografis. Anda harus memasarkan niche, bukan demografis.

Solusi: Fokuskan usaha pemasaran Anda pada orang yang memiliki kemungkinan menjadi pelanggan Anda untuk jangka panjang.

Tidak Memiliki Mitra atau Alat yang Tepat

  Pada saat ini, Pemasaran online semakin hari menjadi sangat kompleks. Ada begitu banyak faktor, komponen dan seluk-beluk yang berbeda, sehingga Anda bisa menghabiskan seluruh hidup Anda hanya untuk mempelajari sebagian kecil dari teknik pemasaran yang tepat.

Intinya, Anda tidak bisa melakukan semua hal sendirian. Tentu ada ahli di berbagai bidang, tapi mereka tidak mengelola banyak hal sekaligus. Mereka mengandalkan orang lain dengan berbagai keahlian untuk berkolaborasi dalam pekerjaan. Hal ini juga berlaku untuk peralatan marketing (tools). Karena terdapat banyak data untuk diproses dan diperbarui setiap hari sehingga hal ini akan sangat melelahkan jika dilakukan sendirian. Ada banyak alat (marketing tool) di luar sana yang dapat membantu Anda mengotomatisasi upaya pemasaran Anda.

Untuk memudahkan Anda menjalankan pemasaran yang efisien, Anda perlu melibatkan mitra pemasaran yang tepat untuk situs web Anda, dan memastikan mereka tahu apa yang mereka lakukan. Pilihlah sebuah mitra pemasaran profesional yang ideal dan memiliki riwayat pemasaran dan juga dapat menunjukkan hasil dengan pelanggan sebelumnya.

Solusi: Mempekerjakan mitra pemasaran yang kompeten dan pastikan mereka memiliki alat yang tepat untuk menjalankan usaha pemasaran Anda.

Meremehkan Biaya Pemasaran

Meremehkan biaya pemasaran adalah kesalahpahaman umum yang dilakukan oleh para pebisnis pemula. Bahkan jika Anda berencana untuk memfokuskan usaha Anda pada jenis pemasaran yang tidak membutuh biaya untuk iklan (seperti optimasi mesin pencari), maka hasil yang akan Anda dapatkan tidak akan maksimal.

Menghabiskan banyak uang untuk membangun sebuah situs web dan tidak memiliki anggaran untuk memasarkannya seperti membeli mobil dan tidak memiliki uang untuk mengisi bensinnyaMeskipun skenario ini mungkin ekstrem, Anda harus mengerti bahwa pemasaran situs web selalu membutuhkan biaya.

Sebaiknya tetapkan anggaran yang akan menutupi biaya pemasaran tahunan. Jumlah pasti dapat bervariasi tergantung pada tujuan dan agresivitas strategi pemasaran yang dipilih, namun idealnya, jumlah anggaran harus berkisar antara 20% dan 50% dari biaya situs web Anda.

Solusi: Sisihkan antara 20% sampai 50% dari biaya situs web Anda untuk biaya pemasarannya.

Bergantung pada Iklan Berbayar

Kelebihan dari iklan berbayar (seperti PPC dalam hasil pencarian, iklan berbayar di situs lain atau di media sosial) adalah dapat diandalkan dan biasanya akan mendapatkan hasil yang maksimal. Ini juga cara tercepat untuk mendapatkan traffic yang tepat ke situs web Anda, dan mudah untuk menghitung ROI (Return on Investment).

Namun semua hal memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti halnya ikan berbayar. Pertama, harganya mahal, dan mungkin Anda akan menemukan bahwa ada alternatif yang lebih murah yang menghasilkan ROI lebih baik dalam jangka panjang. Kedua, iklan berbayar tidak memiliki manfaat residual jangka panjang.

Itulah mengapa Anda tidak boleh bergantung pada iklan berbayar sebagai satu-satunya sumber traffic Anda. Anda harus berinvestasi dalam berbagai gabungan strategi, seperti pemasaran inbound, yang bisa mencakup SEO, media sosial dan e-mail. Memang benar bahwa beberapa metode pemasaran ini memerlukan waktu untuk mulai mencapai hasil yang nyata. Namun, hasil ini tetap ada, dan Anda akan menuai keuntungan untuk jangka panjang, berlawanan dengan injeksi traffic secara singkat dan sporadis yang ditawarkan oleh iklan berbayar.

Iklan berbayar, bagaimanapun, memang dibutuhkan untuk pemasaran. Hal ini karena Anda membutuhkan waktu untuk meningkatkan usaha pemasaran Anda yang lain, iklan berbayar bisa menjadi alternatif sementara yang cepat. Selain itu, jika Anda telah kehabisan semua pilihan lain, dan Anda memiliki uang yang tidak terpakai dalam anggaran pemasaran Anda, iklan berbayar bisa menjadi investasi yang cerdas. Selama menunjukkan ROI, ini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk rencana pemasaran Anda

Tidak Mengukur Hasil dari Pemasaran

Mengabaikan pengukuran hasil pemasaran yang telah dilakukan adalah salah satu kesalaha terburuk dalam pemasaran. Bagaimana Anda bisa tahu apakah sesuatu tersebut bekerja dengan baik jika Anda tidak mengukur hasilnya?

Terdapat banyak bisnis yang melakukan kesalahan ini. Mereka secara sporadis menuangkan waktu dan uang ke dalam berbagai bentuk pemasaran, dan selama lalu lintas mereka tetap sama atau tumbuh, mereka tidak akan memperhatikan hal lain. Menerapkan strategi pemasaran secara membabi buta tanpa mengukur tingkat pengembalian investasi adalah cara mengerikan untuk membelanjakan uang perusahaan Anda. Ini berarti Anda tidak memegang kendali. Anda hanya mengandalkan keberuntungan atau gambling.

Masalah umum lainnya adalah kebanyakan perusahaan yang mengukur hasil pemasaran melakukan kesalahan. Mereka hanya melihat traffic atau keseluruhan prospek atau penjualan tanpa pemahaman mendalam tentang bagaimana kampanye pemasaran individual berkontribusi terhadap angka-angka ini.

Solusi: Selalu mengukur laba atas investasi (ROI) dari usaha pemasaran Anda.

Tidak Memiliki Rencana Pemasaran

Sekarang kita sampai pada kesalahan fatal yaitu tidak memiliki rencana pemasaran. Memiliki rencana pemasaran sangat penting untuk situs web dan kesuksesan perusahaan Anda. Sebelum Anda mengeluarkan uang untuk memasarkan situs web yang dimiliki, Anda harus membuat rencana pemasaran dasar.

Tanpa sebuah rencana pemasaran, Anda diibaratkan memutar roda dengan membakar sumber daya yang ada namun menghasilkan daya dorong yang lemah. Tidak ada yang lebih buruk dari pada pemasaran sporadis tanpa strategi yang tepat. Anda akan menghabiskan uang dan usaha “kesana-kemari” tanpa menyadari efek yang dimilikinya. Lebih buruk lagi, Anda akan memiliki sedikit atau sama sekali tidak mengerti apakah tindakan Anda akan menghasilkan sebuah keuntungan atau tidak. Pendekatan ini akan menghabiskan anggaran dan waktu Anda secara sia sia.

Sebaliknya, rencana pemasaran yang komprehensif akan membantu mengarahkan Anda pada aktivitas pemasaran yang tertata, membantu mengukur keberhasilan dan kegagalan dan akan memastikan bahwa Anda memperoleh hasil maksimal dari sumber daya yang ada. Rencana pemasaran yang menggabungkan perencanaan jangka panjang dengan eksekusi jangka pendek akan membantu Anda untuk membuat keputusan yang baik.

Solusi: Luangkan waktu untuk menyusun rencana pemasaran yang dapat ditindaklanjuti dan sesuai untuk bisnis Anda.

Itulah beberapa kesalahan dan solusi tentang pemasaran secara online atau digital. Diharapkan beberapa point di atas dapat membantu Anda untuk lebih mengembangkan bisnis yang dimiliki secara maksimal.