Cara Memperkecil Hasil Fotocopy Di Printer Multifungsi

Kun Hery

 

Cara fotocopy dengan hasil salinan yang diperkecil di printer selalu menjadi sebuah pertanyaan. Memfotocopy memang menjadi salah satu kegiatan yang selalu dibutuhkan banyak orang, bukan hanya dari pihak pengusaha, pembisnis atau pelajar saja. Adakalanya fotocopy juga sifatnya diperkecil dan diperbesar dengan tujuan tertentu.

Beberapa tujuan yang mungkin dijadikan alasan untuk perkecil hasil salinannya diantaranya :

  • Ingin memperingkas copy asli agar mudah dibaca

  • Memperingkas ukuran hasil cetakan sehingga mudah di bawa

  • Untuk tugas tertentu yang mengharuskan harus memperkecil ukuran salinan

Adapun langkah langkah untuk memperkecil ukuran hasil salinan fotocopy di printer :

1. Melakukan Editing Terhadap Hasil Scan

Dari beberapa seri printer yang beredar memang banyak yang tidak memiliki fitur otomatis mengecilkan atau memperbesar dokumen, salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan editing dahulu terhadap hasil dokumennya. Langkah pertama yang anda lakukan adalah dengan memindai terlebih dahulu hasil scan ke komputer, dilanjutkan dengan melakukan editing terhadap hasil dokumennya. Sebaiknya saat anda mengambil hasil scan pilih kualitas resolusi yang tinggi, dengan demikian ketika hendak diperkecil hasil yang didapatkan tidak buram atau pecah. 

Langkah kedua adalah dengan melakukan editing dengan berbagai software seperti photoshop, corel draw atau bisa menggunakan fasilitas langsung pada menu option printer.  


2. Menggunakan Printer Multifungsi Dengan Fasilitas Tambahan

Print, scan, fotocopy selalu dimiliki oleh setiap printer jenis multifungsi, namun tidak semua multifungsi memiliki fitur tambahan fotocopy seperti layaknya mesin fotocopy. Beberapa seri keluaran terbaru telah memiliki fasilitas tambahan yang mungkin dapat dijadikan sebagai pilihan seperti Seri DCP LL2540DW Brother Printer Multifungsi.

Brother DCP LL2540DW merupakan keluaran akhir tahun 2017 yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan printer multifungsi lain. Printer mampu menghasilkan fitur tambahan pada setiap cetakannya diantaranya dupleks (cetak dua sisi), menyortir, mengecilkan, memperbesar dokumen 25 – 400%. Berikut ini review dari DCP LL2540DW :

 
 

Bila dalam kebutuhan kantor anda mengutamakan kecepatan kerja, sebaiknya kami sarankan untuk menggunakan printer multifungsi dengan fitur tambahan fotocopy. Dengan demikian hasil fotocopy lebih cepat tanpa perlu repot untuk melakukan editing terlebih dahulu. Harga DCP LL2540DW Rp 3.850.000, anda juga dapat melihat printer printer seri lain yang memiliki kelebihan seperti Seri Printer Brother DCP, di halaman printer multifungsi