Cara Mempromosikan Produk Kosmetik Dengan Sistem IT Modern Dan Efektif

Kun Hery

Cara mempromosikan produk kosmetik yang berkembang hingga saat ini yaitu dengan mengikuti perkembangan IT yang semakin maju. Mungkin banyak diantara pemilik toko yang belum mengetahui cara promosi produk kecantikan yang efektif, sehingga diantaranya banyak yang tutup karena tidak laku dan tutup penjualan dikarenakan masa berlaku kosmetiknya sudah habis.

Bisnis berjualan kosmetik sangatlah menguntungkan, karena target utamanya adalah kaum wanita yang kerap membutuhkan riasan hampir setiap harinya. Bahkan hampir saat ini kaum remaja selalu membeli produk perawatan wajah dan badan, baik itu hanya sekedar lotion, masker, hingga suntik putih.


Lantas, bagaimana tahap yang awal yang harus dilakukan ?

Beberapa tahap awal yang harus dilakukan bagi pembisnis atau toko kosmetik,  sebelum mempromosikan barang dagangannya :

  1. Mengenali Produk Kosmetik Yang Best SellerPoint ini sangat penting sekali, bila produk yang sudah branding dari awal sudah memiliki nilai cukup baik dan banyak peminatnya, anda sebagai pemilik toko memiliki peluang besar dalam menjual merk produk tersebut. Berbeda dengan yang non branding, maka sangat sulit sekali untuk memperkenalkan ke konsumennya.

  2. Memiliki Berbagai Akun Untuk InteraksiHendaknya pembisnis kosmetik memiliki berbagai akun sosial media dan platform chat seperti facebook, instagram, whatsapp, line, BBM dan lain lain. akun ini sangat bermanfaat untuk menjalin interaksi antara pelanggan, dikarenakan banyak juga yang memiliki salah satu akun dan tidak memiliki semuanya. 

  3. Mengetahui Cara Pemberian Pelayanan Yang Baik
    Penjual dituntut untuk selalu memberikan keramahan dalam pelayanan, karena bila penjual menuntut hanya untuk closing penjualan saja maka banyak customer yang lari ke toko sebelah. Pada umumnya customer sering mencari solusi terlebih dahulu dan menanyakan berbagai hal yang mungkin cukup banyak, setidaknya penjual selalu memberikan solusi terbaik, keramahan dan selalu memberikan penawaran penawaran mengenai produk terkaitnya.


3 Cara Promosi Produk Kecantikan Yang Efektif


Promosi adalah upaya untuk memberitahukan dan menawarkan produk kosmetik kepada calon pembeli. Salah satu contoh promosi yang kerap dilakukan adalah sales door to door, dimana seorang sales menawarkan barang ke rumah atau instansi, kelemahan pada sisi ini sangat banyak sekali yaitu penolakan karena mereka tidak butuh, jangkauan yang hanya beberapa orang saja dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana dengan sekarang ? promosi produk kecantikan yang efektif di era digital adalah dengan menggunakan website, sosial media dan konten marketing. Berikut ini langkah dan penjelasan mengenai pentingnya 3 komponen dalam mempromosikan kosmetik anda :


1. Promosi Produk Kecantikan Menggunakan Website

Memiliki sebuah website adalah salah satu cara yang paling efektif dalam meraup pengunjung atau calon pembeli, dimana calon pembeli tersebut memang benar benar membutuhkan, berbeda dengan sales door to door. 

Memiliki website sendiri sangat bermanfaat untuk meningkatkan kredibilitas (nilai kepercayaan) terhadap produk yang anda jual. Tidak hanya itu, dengan memiliki website anda dapat menyediakan berbagai katalog sehingga memudahkan pelanggan anda dapat melihat produk kosmetik yang dijualnya.

Salah satu contoh website kosmetik dapat anda kunjungi di  www.mitrakosmetik.com


 

Sisi keunggulaan mempromosikan produk kecantikan menggunakan website :

1. Dapat menargetkan calon pembeli secara tepat, yang berdampak pada kenaikan closing (hasil penjualan). 

2. Mudahnya meraup pengunjung

3. Menjalin interaksi langsung dengan penjual / sales

4. Dapat digunakan sebagai bisnis kosmetik tanpa perlu stock / reseller


Bagaimana Cara Mengetahui Trafic Dari Pengunjung Website ?

Website bisa diibaratkan sebagai toko dunia maya, dimana semakin banyak pengunjung semakin pula banyak juga calon pembeli di toko. Untuk mengetahui hal tersebut, anda bisa langsung mengakses beberapa aplikasi plugin di website. Salah satunya adalah jetpack, berikut ini tampilan yang dimaksud :


Dari gambar diatas bisa disimpulkan dalam sehari pengunjung bisa mencapai lebih dari 100. Inilah yang menjadikan patokan produk anda semakin dikenal, bila anda ingin menaikan sebuah trafic tersebut, langkah selanjutnya adalah dengan membuat konten marketing. 


Hubungan Trafic Dengan Tingkat Penjualan 

Setelah website anda dikunjungi, maka memungkinkan sekali anda mendapatkan calon pembeli yang menghubungi melalui whatsapp, bbm, line, telp atau lainnya (sesuai yang anda cantumkan di website). Contoh trafic pada peningkatan jumlah closing penjualan dan calon pembeli :


Itulah pentingnya sebuah website sebagai salah satu cara yang efektif dalam mempromosikan produk kosmetik. Anda juga dapat berkonsultasi langsung dan melihat lebih lengkapnya mengenai harga membangun sebuah website, silahkan kunjungi halaman jasa pembuatan website 



2. Konten Marketing

Konten marketing adalah salah satu cara menembak posisi target pasar, dengan demikian anda mendapatkan pengunjung calon pembeli yang tertarget. Konten marketing sangat penting sekali bagi pendiri toko online berbasis website, maka disarankan untuk membuat konten yang berkualitas, menarik dan original.

Berikut ini strategi dalam membuat konten marketing :

1. Buatlah konten yang original, dan berkualitas 

2. Lakukan research dan optimasi SEO dalam sebuah konten

3. Mempromosikan atau menyebarkan artikel yang anda buat di sosial media

untuk lebih jelasnya mengenai konten marketing, bisa lansung mengujungi halaman 


3. Sosial Media

Sosial media adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat bagus, hampir seluruh pengguna internet memiliki akun sosial media baik itu instagram, twitter, facebook dan lainnya. 

Mengacu pada bisnis kosmetik yang anda jalani, anda dapat menyebarkan artikel konten marketing di akun sosial media dan tidak hanya itu, anda juga dapat melakukan posting mengenai beberapa produk yang anda jual.

Salah satu contoh yang paling mudah adalah dengan menggunakan instagram :


Berjualan di instagram memang sangat mudah, namun dengan mudahnya tersebut ada beberapa kekurangan yaitu sangat sulit menemukan calon pembeli. Maka disarankan sekali, sosial media digunakan sebagai pendukung website. 


Itulah beberapa cara mempromosikan produk kecantikan, bila ada informasi yang belum jelas bisa berkonsultasi langsung kepada jasa pembuatan website gratis


Kun Hery

res.partner(11,)