Cara Mempromosikan Tempat Wisata

Reinaldo




Dunia saat ini telah terimbas globalisasi salah satunya membuat wisatawan domestik maupun mancanegara ingin mengeksplor tempat-tempat wisata baru sebanyak mungkin. Karena itu, saat ini objek wisata telah menjadi salah satu pemasukan sebuah daerah yang cukup menjanjikan. Ada dua jenis tempat wisata yaitu wisata asli dan wisata buatan. Wisata asli adalah tempat wisata yang sudah ada secara alami seperti air terjun, goa , pantai dan lain-lain. Sedangkan wisata buatan adalah tempat wisata yang dibuat oleh manusia seperti water park, kebun binatang dan sebagainya.

Mungkin masih ada beberapa pertanyaan yang akan muncul bagi Anda para investor tempat wisata maupun pemerintah daerah. Salah satunya adalah bagaimana cara mempromosikan tempat wisata? Sebenarnya ada banyak cara untuk mempromosikan tempat wisata, berikut beberapa cara mempromosikan tampat wisata.

1. Perbaiki Akses, Infrastruktur dan Fasilitas

Dengan adanya akses, infrastruktur dan fasilitas yang membuat nyaman wisatawan akan membuat poin plus bagi tempat wisata didaerah Anda. Suatu saat mereka pasti akan mengunjungi tempat wisata di daerah Anda lagi.

2.Manfaatkan internet

Saat ini promosi konvensional tidak bisa terlalu diandalkan, Internet-lah yang menjadi tulang punggung baru untuk promosi tempat wisata. Pengelola harus memiliki website yang representatif dan informatif. Dengan menggunakan jasa pembuatan website profesional, Anda dapat memiliki website yang Anda inginkan. Masalahnya adalah, hal ini sampai sekarang masih diabaikan. Memang diluar sana sudah banyak blog yang membahas tempat wisata didaerah Anda tetapi mereka memperbaharui secara rutin dan biasanya hanya asal asalan atau tidak menyeluruh. Padahal, website inilah yang menjadi salah satu rujukan wisatawan domestik maupun mancanegara sebelum memilih destinasi wisata.

Selain website, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial dan efek word-of-mouth saat ini juga menjadi faktor yang menentukan keberhasilan promosi. Untuk meningkatkan dampak di media sosial Anda juga bisa mengundang Instagrammer hits dan Blogger untuk datang ke kawasan wisata daerah tersebut. Ajak mereka untuk mengetahui detail tentang tempat wisata itu. Nantinya mereka juga akan membuat promosi atau riview melalui media sosial mereka.

3. Menggunakan Aplikasi Mobile Official Kota

Terakhir dalam mempromosikan pariwisata daerah adalah memiliki aplikasi mobile berbasis smartphone. salah satu contohnya adalah mCity. Keberadaan aplikasi mobile akan memudahkan wisatawan dalam memperoleh informasi dan menjelajahi suatu daerah. Selain itu, aplikasi berbasis mobil juga bisa berfungsi untuk membangun city branding.

Itulah beberapa tips, cara mempromosikan tempat wisata. Semoga dengan beberapa cara tersebut dapat meningkatkan pengunjung ke tempat wisata didaerah Anda sehingga pendapatan daerah turut meningkat.

Reinaldo

res.partner(10,)