Cara Mengembangkan Usaha Kuliner dan Rumah Makan

Alex Dhika

 Dalam beberapa tahun terakhir usaha kuliner dan juga rumah makan merupakan salah satu usaha yang sedang naik daun. Peran pemerintah yang gencar melakukan promosi dan juga perbaikan infrastruktur dibidang pariwisata sangat berpengaruh dalam bertumbuhnya usaha di bidang kuliner. Tidak seperti bisnis retail konvensional yang mulai tergerus habis oleh retail online namun hal ini tidak berlaku untuk bisnis kuliner yang justru semakin berkembang dengan adanya keterbukaan pasar di dunia online.


Jika Anda memiliki usaha kuliner maupun rumah makan inilah saatnya mengembangkan bisnis kuliner Anda dengan cepat. Ada banyak faktor yang harus Anda perhatikan dalam mengembangkan bisnis kuliner Anda. Dalam artikel ini kami berasumsi bahwa Anda sudah memiliki bisnis kuliner yang sudah memiliki basis pelanggan setia jadi kami akan membahas lebih detail tentang bagaimana mengembangkan bisnis kuliner atau bisnis rumah makan Anda dengan cepat menggunakan bantuan teknologi informasi.

Ada 3 hal kunci yang akan kita bahas untuk mengembangkan bisnis kuliner

Manajemen Sumber Daya Manusia


Hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum mengembangkan bisnis kuliner maupun bisnis rumah makan adalah tentang manajemen sumberdaya manusia. Sumberdaya manusia adalah faktor penentu kesuksesan maupun kegagalan sebuah bisnis termasuk bisnis kuliner. Ada 3 hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam mengelola sumber daya manusia.

  1. Kepemimpinan. Pastikan Anda memiliki beberapa orang kepercayaan yang memiliki kualitas kepemimpinan yang baik. Kesuksesan pengelolaan cabang dan pengembangan usaha di kota lain sangat bergantung dari kualitas pemimpin dari setiap pemimpin yang Anda tempatkan.

  2. Kejujuran. Bangunlah tim yang memiliki semangat untuk bekerja dengan jujur. Kejujuran dasar dari kepercayaan dan kepercayaan adalah aset terbesar yang kita miliki dan juga hal yang paling penting dalam kelangsungan hidup sebuah bisnis.

  3. Rasa memiliki. Ini merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi kualitas pekerjaan. Tanpa rasa memiliki setiap pekerjaan akan dilandasi dengan semangat mematuhi peraturan saja dan semangat tersebut tidak akan menghasilkan kualitas kerja yang bagus dan tidak melahirkan inovasi yang berarti.

Marketing


Hal berikutnya yang sangat vital juga adalah berbicara tentang marketing dan branding. Memilih channel marketing yang tepat sesuai perkembangan jaman merupakan hal yang perlu diperhatikan supaya tidak membuang-buang resource yang tidak penting dan menjadikan kampanye marketing Anda efektif. Beberapa marketing channel yang sangat efektif dan powerful di era jaman digital ini antara lain :

  1. Website dan konten marketing. Ini adalah jalur marketing paling efektif, hemat dan bersifat jangka panjang. Dengan menggunakan website dan konten marketing Anda bisa mendatangkan pengunjung tertarget terus menerus. Jenis marketing channel ini juga merupakan marketing favorit kami dan banyak dari klien kami. Kami juga menyediakan jasa optimasi website Andromeda untuk membantu anda mengoptimasi website supaya mendatangkan pengunjung tertarget. Namun jika Anda belum memiliki website kami juga menyediakan jasa pembuatan website profesional untuk membantu Anda menyiapkan platform marketing berkualitas.

  2. Sosial Media. Sosial media merupakan cara paling mudah untuk menjalin relasi dengan pelanggan Anda. Tetaplah terhubung dengan pelanggan Anda menggunakan sosial media. Yang perlu Anda perhatikan adalah trend sosial media selalu berubah, ikutilah perubahan trend sosial media dan tetap kaitkan brand serta website Anda dengan sosial media yang sedang populer saat ini.

  3. Offline Marketing. Meskipun tidak seefektif jaman dahulu namun marketing "dari mulut ke mulut" merupakan marketing paling kuat yang menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Pastikan citra dari bisnis kuliner Anda baik di mata konsumen.

Manajemen Keuangan


Hal berikutnya yang sangat penting dalam mengembangkan usaha kuliner dan perlu mendapatkan perhatian khusus adalah "manajemen keuangan". Sebanyak apapun pelanggan Anda dan selaris apapun bisnis restoran atau bisnis kuliner Anda akan tidak ada artinya jika keuangan bisnis bocor dan tidak diketahui kemana arus kas berputar. Oleh karena itu perlu diperhatikan beberapa hal dalam mengelola keuangan usaha kuliner Anda.

  1. Rekrut karyawan yang jujur. Kejujuran sangatlah penting jika Anda menginginkan manajemen keuangan yang kuat.

  2. Gunakan software akuntansi. Anda perlu memperhatikan penggunaan sistem sejak awal agar keuangan bisnis kuliner Anda rapi dan transparan, kebanyakan perusahaan menunggu kondisi sudah kusut baru kemudia memikirkan bagaimana menggunakan sistem akuntansi yang rapi. Anda bisa memilih dari sekian banyak software akuntansi terbaik yang kami rekomendasikan.

Demikian tips dalam mengembangkan usaha kuliner baik restoran, catering maupun rumah makan. Semoga bermanfaat.