Cara Sukses Mengelola Bisnis Hotel

Muhamad Amirullah


Mengelola bisnis hotel dibutuhkan kerja keras serta kemampuan untuk melakukan banyak tugas secara fleksibel. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa para pelanggan merasa bahagia dan aman selama mereka menginap di hotel, yang berarti Anda bertanggung jawab atas seberapa bersih kamar-kamar tersebut dan seberapa baik fasilitas itu dipertahankan. Tak hanya itu, untuk mengetahui lebih jauh tentang apa saja yang Anda butuhkan untuk mengelola bisnis hotel Anda, berikut adalah beberapa cara sukses mengelola bisnis hotel:

1. Memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan efisiensi dan hasil

Memiliki sebuah teknologi yang dibuat khusus untuk industri perhotelan (seperti software akuntansi terintegrasi berbasis cloud dan lain sebagainya) adalah cara terbaik untuk meningkatkan efisiensi sekaligus meningkatkan pendapatan di properti hotel mana pun. Manajer hotel harus dapat bertidak fleksibel dan memiliki sumber daya teknologi yang dapat membantu mengurangi beban kerja mereka yang akan berdampak langsung pada kesuksesan bisnis hotel secara keseluruhan.

2. Kelola staf hotel Anda dengan mendelegasikan tugas-tugas yang sesuai dengan kemampuan mereka

Manajer di semua industri dan bidang harus mengetahui pentingnya pendelegasian. Manajer yang paling efektif tahu kapan dan bagaimana mendelegasikan tugas tertentu kepada karyawan yang ahli pada bidangnya. Seorang manajeer harus mampu mengambil satu langkah lebih jauh, dan mengenali serta memberikan penghargaan kepada staf ketika mereka memberikan hasil yang maksimal. Ini adalah kunci untuk merekrut dan mempertahankan anggota staf yang paling berkualitas di bisnis hotel tersebut.

3. Memahami brand hotel Anda dan komunikasikan pesan tersebut di setiap aspek strategi pemasaran Anda

Terlepas dari ukuran dan jenis hotel yang Anda miliki, akan selalu ada brand yang berguna untuk berkomunikasi. Anda sebagai seorang manajer haruslah mengenali brand hotel Anda dan mempromosikannya ke segmen target pasar yang sesuai. Selain itu, arahkan staff Anda untuk mengetahui cara membuat dan menerapkan kampanye pemasaran yang akan meningkatkan pengenalan  brand, meningkatkan loyalitas, dan pemesanan hotel yang Anda miliki.

4. Memiliki aplikasi untuk melakukan reservasi

Wisatawan di seluruh dunia kini telah sudah mandiri dalam mempersiapkan beberapa hal sebelum mereka melakukan aktivitas liburan. Mereka lebih suka memesan hotel secara langsung melalui internet. Oleh karena itu, Anda sebagai seorang pemiliki hotel harus memiliki  teknologi untuk menerima pemesanan langsung melalui web. Selain itu, hotel juga harus dapat menerima pemesanan atau reservasi melalui perangkat seluler seperti tablet dan smartphone, karena semakin banyak tamu menggunakan teknologi seluler mereka untuk melakukan peninjauan sebelum melakukan pemesanan hotel.

5. Membuat sebuah website

Setiap manajer hotel harus berinvestasi dalam hal teknologi seperti membuat sebuah website yang berfokus pada brand dan memiliki tampilan menarik secara visual untuk brand hotel mereka. Oleh karena itu, para manajer hotel haruslah jeli dalam memilih jasa pembuatan website profesional demi kesuksesan bisnis hotel itu sendiri. Sebuah website juga dapat membuat hotel tersebut dapat ditemukan dengan mudah melalui mesin telusur oleh setiap individu yang ada di seluruh belahan dunia.

6. Merencanakan dan menetapkan harga kamar

Harga kamar hotel akan terus berubah tergantung kondisi pasar. Untuk memaksimalkan pendapatan pada waktu tertentu, manajer hotel harus bekerja dengan teknologi yang dapat membantu mereka dalam mengembangkan serta menerapkan strategi penetapan harga kamar mereka.

Meskipun diperlukan serangkaian keterampilan unik untuk mengelola hotel dan untuk mengelola staf yang ada, penting untuk mengetahui bahwa semua manajer yang sukses pastinya akan mengasah keterampilan dan meningkatkan pengalaman mereka seiring waktu. Hal ini sebagian besar dapat dicapai dengan berpartisipasi dalam sesi pelatihan, tetap berpikiran terbuka dan menerapkan teknologi baru yang meminimalkan pekerjaan administrative hotel tersebut.

Itulah beberapa cara sukses mengelola bisnis hotel yang dapat Anda terapkan pada hotel milik Anda. Semoga dengan beberapa cara tersebut, Anda akan dapat mengelola hotel tersebut dengan semakin mudah sehingga keuntungan yang akan didapat juga akan semakin banyak.