Inbound Marketing dan Cara Singkat Implementasinya

Kun Hery

Inbound marketing adalah sebuah teknik yang digunakan untuk meningkatkan brand produk dan pemasaran dengan menggunakan konten yang menarik. Konten yang dimaksud adalah informasi yang dibuat dari berbagai bentuk mulai dari dalam bentuk video, gambar dan tulisan artikel yang dimuat di dunia maya.

Pendekatan inbound lebih pada target yang sesuai dan membangun minat daya beli pada produk anda. Sedangkan lawan kebalikan yang kerap didengar adalah outbound, dimana teknik yang digunakan adalah menggunakan pesan yang disebarkan sebanyak banyaknya tanpa arah dan sasaran yang jelas atau bahkan tidak mempertimbangkan minat.

Pendekatan outbound kini banyak ditinggalkan karena sangat meragukan, bila di dalam penerapan nyatanya hampir mirip dengan sales “door to door”. Saat ini inbound marketing lebih banyak digunakan di era digital, terutama saat ini sudah berkembangnya media media online seperti facebook, instagram, situs website, youtube dan lain lain. 


Keuntungan Inbound Marketing 

Beberapa keuntungan metode ini sangat banyak sekali diterapkan oleh perusahaan kecil hingga besar sekalipun. Berikut ini diantaranya :

  1. Meningkatkan brand dengan mudah

  2. Memperkenalkan solusi yang ditawarkan terhadap masalah yang dibuat pada konten dan bisa digiring ke lead hingga closing

  3. Meningkatkan penjualan

  4. Menarik visitor setiap hari minimal 100 hingga tak terbatas

  5. Memudahkan pengenalan produk atau jasa yang dijual

  6. Tepat sasaran

Implementasi Atau Penerapan Singkat Inbound Marketing

Dalam penerapan inbound marketing, setidaknya anda harus mengetahui dasar dasar SEO agar nantinya dalam pembuatan konten hasilnya lebih maksimal. Inbound marketing ini pada dasarnya akan menembakkan target ke dalam Search Engine (mesin pencari) seperti www.google.com atau www.yahoo.com , namun seiring berkembangnya teknologi informasi maka inbound marketing tidak hanya menembakkan di search engine saja, saat ini banyak sekali perkembangan teknologi informasi seperti Youtube, instagram, dst sehingga diharapkan marketers bisa lebih responsive.


1. Riset Keyword 

Setidaknya anda harus mengetahui apa itu keyword dan fungsinya, keyword adalah kata kunci yang harus dicari dahulu sebelum pembuatan konten, keyword mengacu pada nilai trafic pada kata kunci yang dipilihnya. Contoh kata kunci “jual mobil toyota”


Contoh diatas adalah kata kunci “jual mobil toyota” berkisar 100 hingga 1000 menandakan bahwa seorang mengetikkan “jual mobil toyota” di  www.google.com (search engine google) berkisar 100 – 1000 pengguna setiap bulannya dan cukup bagus sekali bila anda mengambil keyword tersebut untuk pembuatan artikel, karena memiliki potensi pencarian yang cukup banyak. 

Anda bisa mencoba mencari sendiri di tool google keyword planner secara gratis, silahkan kunjungi https://ads.google.com/intl/id_id/start/


Bagaimana Pengaruh Keyword Diatas Di Search Engine?

Anda bisa melakukan cek melalui search engine google, yaitu dengan mengetikan keyword “jual mobil toyota” maka akan terlihat di halaman satu ditempati oleh berbagai situs website seperti ini :



Bagaimana Cara Agar Keyword Yang Dipilih Menang?

Buatlah konten dengan keyword yang dipilih, pastikan judul dan isinya original dan kreatif, menarik dan tidak menjiplak. Konten yang dibuat berisi artikel yang didalamnya di injeksikan kata kata keyword utama dan turunan yang di ulang ulang secukupnya. 


2. Pembuatan Konten Berkualitas Dan SEO

Konten yang berkualitas adalah konten yang membangun daya tarik pembacanya, bahasa mudah dimengerti dan harus unik / original. Beberapa kriteria konten menarik mencangkup :

  1. Konten original dan tidak copy paste. Keunikan artikel harus sekiranya diatas 70%

  2. Konten memiliki konsep SEO, seperti yang dijelaskan diatas dengan memasukan keyword yang dibidik dan dituliskan di dalam isi artikelnya

  3. Judul artikel harus unik

  4. Artikel harus bermanfaat dari sisi pembaca dan menarik

  5. Gambar, Video original atau bisa di edit sehingga tampak kreasi sendiri

  6. Dan masih banyak lagi

Untuk mengecek keunikan sebuah artikel anda bisa menggunakan https://smallseotools.com  dan pilih menu plagiarism. Cobalah copy pastekan hasil ketikan anda ke dalam situs tersebut, secara otomatis akan mengecek nilai keunikan dari artikel yang anda buat. Berikut ini tampilan contoh cek keunikan artikel :



3. Pembuatan Youtube Sebagai Inbound Marketing

Youtube adalah konten yang bernuansa video, banyak kalangan marketers yang menggunakan hal tersebut untuk meraup pengunjung yang hampir tertarget. Layanan advertise youtube tersebut bisa digunakan untuk perusahaan baru ataupun perusahaan besar karena tidak memiliki daya saing yang tinggi seperti yang dilakukan dalam pembuatan konten artikel.

Cara inbound marketing via youtube juga hampir sama, yaitu dengan melakukan riset terhadap judul yang ingin dicari dan lakukan optimasi. Untuk konten video yang dibuat harus menarik, bisa langsung memperkenalkan produk ataupun keunggulannya, setelah itu pengunjung yang tertarik dengan konten yang anda buat akan langsung melakukan klik pada link yang anda setting.

Berikut ini salah satu contoh iklan youtube. 


Untuk menggunakan layanan ads youtube. Silahkan kunjungi : https://www.youtube.com/yt/advertise/



Bahan Yang Diperlukan Dalam Melakukan Inbound Marketing

Untuk melakukan inbound marketing memang diperlukan dana agar mendapatkan hasil traffic yang cukup tinggi. Namun ada bahan yang penting, dan tentunya keberadaannya adalah pokok utama dalam melakukan inbound marketing diantaranya :

  1. Situs Website : digunakan untuk menempatkan posting artikel yang anda buat baik itu video, jasa, produk, dan lainnya.

  2. Optimasi Backlink SEO digunakan untuk mendongkrak posisi artikel anda di halaman pertama


Tips Melakukan Inbound Marketing Dengan Mudah

Saat ini ada beberapa penyedia jasa layanan website yang mengkhususkan ke arah optimasi SEO, sehingga situs yang dibuatnya memiliki traffic yang tinggi, mudah mendapatkan posisi halaman 1, dan beberapa menambahkan jasa pembuatan artikel gratis. Salah satu contohnya bisa didapat seperti list tersebut :


Sebaiknya bagi anda para marketers bangunlah sebuah situs yang tidak asal jadi karena kebanyakan seorang marketers belum mengetahui cara meningkatkan situsnya menggunakan backlink, ataupun optimasi lain sehingga berdampak pada traffic yang hari 1 – 10 perhari dan bahkan tidak ada sama sekali. 

Sebaiknya gunakan jasa website yang menyediakan fitur seperti diatas agar mendapatkan kepastian traffic yang jelas. Tidak hanya itu, pastikan juga penyedia jasa pembuatan website menyediakan layanan tambahan menempatkan posisi 1 di search engine. Silahkan kunjungi https://www.suryasemesta.com/jasa-pembuatan-website-profesional atau biasa juga hubungi salah satu pihak developer website Gratis di nomor : 0852-1500-2010 (gratis konsultasi) Call/SMS/WhatsApp/Telegram .


Bagaimana Mengetahui Traffic Pada Situs Website ? 

Traffic pada situs website sangat penting, tanpa adanya hal tersebut tidak memungkinkan seseorang bisa melakukan closing dalam jumlah yang besar, dalam sebuah website akan tersedia berbagai tool yang bisa ditambahkan di dalam platform websitenya seperti jetpack. Untuk info lebih lengkap cobalah untuk berkonsultasi dahulu agar mendapatkan hasil yang sesuai keinginan 0852-1500-2010 (Tim Developer Surya Semesta)





Kun Hery

res.partner(11,)