Salah satu inovasi teknologi terbesar adalah media sosial, media sosial telah menjadi hal yang krusial dalam hampir semua hal yang ada di sekitar kita. Dengan adanya media sosial maka untuk mencari pelanggan akan dapat dilakukan dengan lebih mudah dari sebelumnya. Tidak hanya itu. Kemampuan komunikasi untuk melakukan pemasaran sebuah produk juga akan lebih cepat.

Dapatkan update terbaru dari kami (artikel, promo, event) melalui email, masukkan email Anda

Daftar

Di beberapa perusahaan pemasaran online, ada beberapa hal spesifik yang dilakukan untuk mendapatkan banyak konsumen, bahkan beberapa perusahaan tersebut mengidentifikasi tentang buku yang dibaca oleh konsumen, film yang mereka tonton, dan beberapa artis atau public figure yang mereka idolakan. Dengan beberapa sumber tersebut, sebuah perusahaan dapat memperluas jangkauan pemasaran secara signifikan kepada konsumen yang paling sesuai dengan profil tersebut. Salah satu fitur terbaik yang dimiliki pemasaran media sosial untuk bisnis saat ini adalah pemasaran tidak terikat jarak dan juga waktu. Dengan begitu, anda tidak akan lagi menghabiskan banyak uang untuk iklan.

Tapi media sosial manakah yang terbaik untuk bisnis anda? Untuk menciptakan strategi pemasaran yang sukses Berikut adalah beberapa platform media sosial yang dapat memembantu anda untuk mengetahui mana yang cocok untuk anda:

Facebook

Dengan lebih dari 1,59 miliar pengguna, hal ini menjadikan Facebook sebagai sebuah media sosial dengan papulasi yang tidak dapat dianggap remeh . Dikarenakan faktor tersebut, Facebook menjadi sebuah  media yang luar biasa bagi bisnis Anda untuk terhubung dengan banyak calon pelanggan Anda dari seluruh penjuru dunia. Dan dari perspektif periklanan, ini adalah cara termudah untuk mengelola dan memungkinkan anda untuk mencari target konsumen yang anda tuju. Terdapat banyak perusahaan berbasis online yang menggunakan di Iklan Facebook untuk mencari pelanggan, karena dengan menggunakan iklah di Facebook, anda dapat mencari pelanggan secara spesifik yang sesuai dengan produk yang sedang dipasarkan.

Twitter

Twitter memiliki kelebihan yang terletak pada kemampuannya untuk membuat postingan anda menjadi viral: semakin banyak orang berbagi posting Anda dan me "retweet" konten Anda maka semakin banyak pengikut (follower) pula yang akan Anda miliki. Banyak perusahaan berbasis online yang memposting berita terbaru, update dan artikel yang mereka miliki di Twitter. Selain itu, Hashtag juga dapat membuat perbedaan besar dalam membangun sebuah momentum untuk posting Anda, jadi perhatikan apa yang sedang tren hari ini dan sertakan hashtag yang relevan. Selain itu jangan lupa untuk melakukan retweet kepada orang yang memiliki banyak pengikut untuk meningkatkan kemungkinan mereka mengikuti anda kembali (follow back).

LinkedIn

Jika Anda bekerja di bidang penjualan online,maka inilah jaringan media sosial yang dapat Anda manfaatkan. Mencari relasi pebisnis profesional di industri apa pun paling mudah dilakukan dengan LinkedIn, hal ini karena dengan media sosial ini memungkinkan Anda untuk mencari relasi yang sesuai dengan industri, jabatan, dsb. Seperti semua media sosial lainnya, LinkedIn memprioritaskan untuk membangun hubungan lebih dari yang lain. Dengan membangun koneksi yang bagus maka anda dapat belajar dan juga mencari target konsumen dengan lebih efisien. Salah satu fitur unggulan untuk para pebisnis LinkedIn adalah Grup. Dengan fitur tersebut anda dapat membentuk Grup di niche target atau industri Anda dan mengundang orang lain di pasar sasaran Anda untuk bergabung.

Di banyak perusahaan besar atau pebisnis professional, mereka fokus untuk membangun hubungan baru dengan para pebisnis professional lainnya. Sebagai contoh, anda dapat mencari "CEO" di kolom pencarian untuk menemukan orang-orang yang merupakan kepala perusahaan mereka atau orang dengan posisi penting lainnya.

 

Instagram

Dikarenakan konten visual menjadi lebih populer di Social Media, hal ini menjadikan Instagram sebagai sebuah platform sosial media penting bagi para pemilik brand untuk lebih mengembangkan bisnis mereka. Pergeseran ke media sosial visual ini berarti semakin banyak bisnis, besar dan kecil, mulai berkomunikasi secara visual dengan penggemar, pengikut, dan pelanggan mereka.

Dengan lebih dari 150 juta pengguna, Instagram adalah salah satu platform sosial untuk berbagi foto terbaik dan paling banyak digunakan. Anda dapat berbagi foto, serta video singkat, dengan pengikut Anda (follower). Terdapat jutaan foto yang dibagikan di Instagram setiap harinya, hal ini membuat Instagram  merupakan sebuah media sosial yang wajib anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis anda dan juga mempermudah pemasaran.

Pinterest

Anda dapat menggunakan media sosial yang satu ini dengan catatan hanya jika Anda memiliki gambar bagus untuk dibagikan. Gambar dengan kualitas yang bagus akan cenderung menjadi virali situs ini karena sifat visualnya. Jika gambar Anda disematkan (pinned) oleh para follower anda, maka hal ini akan berpotensi untuk dilihat oleh jutaan orang. Ini juga bagus untuk mempromosikan produk yang anda miliki. Seperti contohnya, anda dapat memposting sebuah foto dari sampul buku dan gambar dengan tanda kutip yang ditujukan kepada penulis untuk mempromosikan buku mereka. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan link Amazon ke buku yang sedang dijual untuk membantu meningkatkan penjualan.

Youtube

Salah satu kelebihan pemasaran dengan memanfaatkan YouTube adalah media ini memiliki kemampuan membuat sebuah konten menjadi viral dengan cepat.Hal ini dikarena terdapat jutaan pengguna yang menjelajah YouTube setiap hari untuk mencari video terbaru tanpa mempedulikan topik dan durasi.

YouTube menyediakan platform yang ideal bagi setiap pebisnis untuk menjangkau pemirsa dengan cepat untuk meningkatkan bisnis mereka. YouTube telah menjadi mesin pencari terbesar kedua dengan sekitar 55% trafik konsumen di Internet pada tahun 2014.

Jika sebuah video bisnis atau pemasaran dirancang dengan baik dan dikembangkan secara profesinal maka hal ini mampu mencapau peringkat halaman yang tinggi dari mesin pencari populer. Daftar halaman pertama di SERP mesin pencari akan sangat sesuai dengan bisnis dan juga brand yang dimiki oleh sebuah produk. Video bisa menjadi viral;jika kontennya menarik, menawan, dan relevan bagi pemirsa.

Keuntungan lain untuk mempromosikan video di YouTube adalah adanya dukungan kuat dari Google karena YouTube dimiliki sepenuhnya oleh mesin pencari populer tersebut. Reputasi pasar yang kuat dengan peningkatan rekam jejak yang solid adalah keandalan platform ini dalam mempromosikan dan mendukung upload video.

Pemasaran sebuah produk dengan memanfaatkan YouTube menawarkan keuntungan besar bagi pemilik bisnis baru dan kecil atau pebisnis yang telah profesional. Platform pemasaran gratis dan hemat biaya ini menawarkan kesempatan besar bagi pengusaha dan pemasar untuk mengumpulkan lebih banyak potensi prospek dengan cara yang mudah jika perancangnya fokus pada tema dan sasaran. Pengunjung dapat melihat dan menikmati video berdurasi 2 menit singkat yang memberikan informasi lebih banyak daripada artikel tertulis dalam sebuah artikel pemasaran.

Itulah beberapa media sosial yang dapat anda manfaatkan untuk mengambangkan bisnis yang anda jalani. Terserah Anda yang mana di antara platform ini yang kemungkinan akan menjadi surga pemasaran bagi bisnis Anda. Namun perlu diingat juga bahwa bukan hanya situs media sosial mana yang harus Anda pilih, namun juga kompatibilitasnya untuk bisnis Anda.

Dapatkan update terbaru dari kami (artikel, promo, event) melalui email, masukkan email Anda

Daftar