Inilah Mengapa Memiliki Sebuah Website Sangat Penting untuk Bisnis Anda

Muhamad Amirullah


Apakah Anda memiliki sebuah bisnis (baik itu bisnis jasa, kuliner atau lainnya) dan tidak memiliki sebuah website? Jika Anda bilang iya, maka bisnis Anda tersebut dapat dibilang “tidak ada”. Di era modern ini, banyak orang awam dan juga pemilik perusahaan memanfaatkan internet untuk mendapatkan informasi. Menurut Anda mengapa banyak orang mengakses website dalam kehidupan sehari hari mereka? Ini terutama untuk mencari informasi. Dan jika Anda berada di dunia bisnis, maka informasi merupakan sebuah hal yang sangat penting. Oleh karena itu, Anda harus memiliki website untuk para pelanggan Anda. Dan website Anda perlu berisi informasi tentang perusahaan yang sedang Anda jalankan sekarang ini.

Sebuah pertanyaan sederhana, Apa itu website? Secara sederhananya, sebuah website adalah satu domain yang terdiri dari halaman web yang berbeda. Kita semua harus tahu bahwa sekarang, tapi yang mengejutkan yang tidak kita ketahui, adalah manfaat yang bisa diberikan oleh sebuah website untuk bisnis Anda. Namun, yang mengejutkan adalah terdapat  banyak pemilik sebuah bisnis yang sebenarnya tidak memiliki website atau keberadaan secara online.

Jika Anda memiliki sebuah bisnis dan tidak memiliki website, maka Anda kehilanganbanyak peluang bagus untuk bisnis Anda. Hal ini karena, sebuah website sendiri dapat digunakan untuk mencapai berbagai strategi pemasaran untuk membantu bisnis Anda berkembang.

Berikut adalah beberapa keuntungan dan manfaat memiliki sebuah website untuk bisnis Anda.

Branding

Untuk mendapatkan basis pelanggan yang lebih besar, Anda harus bisa menjangkau calon klien yang mencari barang, jasa, atau roduk yang disediakan oleh bisnis Anda. Sebagian besar konsumen menggunakan mesin pencari online untuk menemukan produk yang mereka inginkan, dan jika bisnis Anda tidak memiliki website yang menarik, kebanyakan orang akan memilih perusahaan lain yang memiliki website dengan barang dan jasa yang mereka inginkan. Memiliki website juga dapat membuka peluang lain untuk meningkatkan pengenalan brand Anda melalui media sosial, video atau promosi, atau blog.

Kredibilitas

Dengan memiliki sebuah website, maka Anda memberi kesempatan pada bisnis Anda untuk memberi tahu konsumen mengapa mereka harus mempercayai Anda dan testimonial dan fakta untuk mendukung peluang tersebut. Percaya atau tidak, kebanyakan orang akan mencari suatu produk atau jasa melalui internet sebelum melakukan pembelian untuk mengecek kredibilitasnya terlebih dahulu. Bila Anda memberikan pelayanan atau produk yang baik, maka kabar baik dari mulut ke mulut tentang bisnis Anda kemungkinan akan menyebar. Hal ini secara langsung akan membuat bisnis yang Anda jalankan akan berkembang dengan pesat.

Kebanyakan orang akan cenderung mempercayai sebuah produk atau jasa setelah mereka melakukan interaksi (baik secara virtual maupun secara fisik). Dengan menggunakan website Anda, Anda dapat terus melayani konsumen secara online dan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pemilik bisnis.

Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Sebagian besar bisnis pastinya memiliki popularitas secara lokal, tapi bagaimana dengan calon pelanggan di luar kota mereka? Sebuah website dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak pelanggan. Tidak hanya di luar kota Anda, tapi juga di seluruh dunia. Internet menawarkan komunitas global. Dengan website, bisnis Anda akan terlihat di seluruh dunia.

Penjualan

Tanpa penjualan, atau pemasaran maka bisnis Anda akan hancur. Namun, dengan memiliki website yang dapat di akses dengan mudah, maka Anda dapat melakukan penjualan produk atau layanan Anda sepanjang waktu kepada siapa pun tanpa ada batasan, kecuali Anda kehabisan stok atau masalah teknis lainnya. Memberikan bisnis Anda kehadiran secara online adalah hal yang sangat penting bagi brand dan produk Anda. Itulah mengapa Anda tetap memerlukan website meskipun sudah menjual di sosial media maupun di marketplace.

Singkatnya, jika bisnis Anda terlihat di seluruh dunia berarti Anda sangat mungkin mendapatkan lebih banyak pelanggan. Semakin banyak pelanggan dan pengunjung yang Anda miliki, semakin banyak penjualan pula yang akan Anda hasilkan.

Update yang Mudah

Tidak masalah barang atau jasa apa yang disediakan oleh perusahaan Anda, Anda harus dapat mengubah atau meningkatkan model bisnis Anda untuk memenuhi keadaan ekonomi dan industri yang selalu berkembang setiap harinya. Dengan sebuah website, Anda dapat segera mengubah informasi dan penawaran perusahaan Anda dari pada melakukan campaign atau melalui selebaran yang memerlukan banyak biaya. Anda dapat dengan mudah memastikan bahwa website Anda menyediakan informasi terbaru terkini tentang perusahaan Anda kepada klien Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus memiliki website untuk bisnis Anda pada saat ini. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, sebuah website dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang dan juga mendapatkan keuntungan yang berlipat.