Kegiatan Memperlebar Target Bisnis Bagi UKM Baru

Kun Hery

Marketing adalah salah satu kegiatan untuk memperlebar target bisnis agar menjadi luas, mengingat saat ini persaingan bisnis sangat kuat sekali dan belum tentu UKM UKM yang baru berdiri bisa bersaing dengan perusahaan besar. Hal inilah yang menjadikan tingkat resiko kebankrutan bisa saja terjadi bila pemilik usaha belum tahu cara mengantisipasinya. 

Berikut ini ada beberapa kegiatan yang bisa dijadikan untuk mengembangkan usaha kecil menengah agar tidak berpotesi tutup / bangkrut :

1. Suvey Dan Tempat Yang Memiliki Potensi Penjualan Tinggi

Salah satu mengembangkan usahanya adalah dengan cara melakukan survey ke berbagai tempat yang memiliki potensi keramaian serta peminat yang tinggi. anda bisa meneliti tempat tempat yang memiliki target pasar tinggi, atau bisa mengumpulkan dari data data orang setempat mengenai “berapa orang yang tertarik bila saya berjualan dengan produk x” , seberapa mudah akses logistik dan analisa tingkat persaingan yang memiliki produk mirip dengan anda.

2. Rentangkan Wilayah Bisnis Ke Wilayah Baru

Setelah anda melakukan survey mengenai tempat strategi yang bagus, cobalah dengan memasarkan segmen atau lokasi yang berbeda. Seperti contohnya adalah bila anda memiliki usaha kerajinan, anda bisa membuka lokasi terdekat dengan pariwisata seperti di bali, di ancol dan tempat tempat strategis lainnya.

3. Bekerjasama Dengan Pembisnis Lain Yang Ada Kaitannya

Bekerjasama atau join partner sangat penting, tidak hanya dari satu sisi yang diuntungkan melainkan kedua belah pihak juga diuntungkan. Untuk memilih partner anda bisa mengajukan melalui proposal atau melobby langsung dengan pemiliki usaha tersebut, contoh saja anda memiliki usaha kerajinan busana batik, anda dapat mengajukan permohonan join partner ke distro baju, dengan demikian anda juga memperoleh keuntungan mendapatkan penjualan dan  dari sisi pemilik distro juga mendapatkan bagi hasil dari penjualan bisnis anda. 

4. Meningkatkan Mutu Brand dan Pelayanan

Meningkatkan mutu dan pelayanan bukan hanya dari segi ramah dan tamah terhadap calon pembeli saja. Anda bisa meningkatkan mutu brand tersebut dengan memberikan desain toko / usaha yang bagus, bersih dan dari sisi pelayanan anda harus memiliki kemudahan akses antara calon pembeli dan penjual.

Kemudahan akses tersebut biasanya dikaitkan dengan konsultasi di media online, karena saat ini banyak yang lebih menyukai belanja online daripada langsung ke toko fisiknya. Lalu bagaimana dengan pembangunan akses pelayanan tersebut? Anda bisa membuat sebuah toko / bisnis di website dan mengoptimasi hal tersebut agar mendatangkan traffic yang tinggi.

5. Meningkatkan Brand, Dan Memperluas Target Pasar Dengan Website

Website adalah salah satu andalan untuk memperluas pasar dengan pesat, bahkan untuk menembakkan pasar ke luar negeri sangat mudah dengan adanya hal tersebut, hanya perlu mengisi konten dengan berbahasa negara tujuan dan untuk akses komunikasi dapat menggunakan media whatsapp atau fitur dari website tersebut. Lalu bagaimana dengan pengiriman produk ke luar negeri? Anda bisa memanfaatkan Pos Kilat, karena sudah tersedia hingga saat ini.

Bila anda ingin membangun sebuah website yang baru memang tidak mudah, karena ada banyak sekali jasa pembuatan website yang hanya sekedar membuat website saja tanpa adanya optimasi dari sisi kontan, backlink atau yang dikenal dengan SEO. Setidaknya anda harus mengerti resiko bila website asal jadi tersebut, beberapa diantaranya adalah “tidak ada traffic yang mengakses ke website anda” dan yang kedua adalah “sia sia, dan menambah pengeluaran saja”. Bila anda hendak ingin membuat website dengan optimasi SEO silahkan kunjungi halaman -> jasa pembuatan website atau hubungi 0852-1500-2010 (gratis konsultas) Call/SMS/WhatsApp/Telegram 


6. Buatlah Konten Konten Yang Menarik Dan Upload Dengan Kualitas Bagus

Bila anda sudah memiliki website sebagai penampung konten, yang harus anda lakukan adalah melanjutkan isi website, pergunakan foto foto yang bagus, seperti bila anda adalah kerajinan jam tangan, gunakan foto dengan latar background yang enak dilihat dan isi deskripsi yang jelas. Contoh seperti ini


 

7. Promosikan Target Lebih Luas Dengan Promosi Online

Ada banyak sekali promosi promosi yang prospek untuk dicoba diantaranya adalah Youtube Ads, Instagram Ads, Google Ads Dan Facebook Ads. Biaya yang dikeluarkan pun bisa anda atur seperti 30 hari anda biayakan Rp 300.000 dan seterusnya.

 

Start writing here...

Kun Hery

res.partner(11,)