Kelebihan Serta Kekurangan dari Pemasaran Tradisional dan Pemasaran Online

Muhamad Amirullah


Saat ini, terdapat banyak pemilik bisnis rumahan baru yang hanya memusatkan begitu banyak energi pada produk dan layanan mereka. Namun, mereka tidak menyadari bahwa kesuksesan tidak hanya diraih dari apa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis, namun juga  kemampuan untuk mencapai pasar dan membuat mereka untuk membeli produk Anda. Pemasaran merupakan elemen penting dalam kesuksesan bisnis rumahan.

Definisi Pemasaran

Marketing atau pemasaran pada dasarnya adalah apa pun yang Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis Anda agar menarik pelanggan dan klien untuk membelinya dari Anda, termasuk iklan, publisitas, media sosial, barang dagangan, dan distribusi. Untungnya, dengan perkembangan internet, Anda memiliki dua kategori pemasaran, yaitu, pemasaran secara tradisional dan pemasaran melalui Internet.

Pada saat ini terdapat perdebatan yang sedang berlangsung tentang metode pemasaran mana yang lebih menguntungkan, tradisional atau melalui internet? Sebenarnya, kedua metode itu bisa berguna, dan tidak ada alasan untuk memilih satu dari yang lain. Namun, kunci untuk membuat alokasi waktu pemasaran yang tepat dan uang adalah memahami target pasar Anda, cara terbaik untuk mencapainya, dan kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis pemasaran.

Pemasaran Tradisional

Pada dasarnya, pemasaran tradisional adalah strategi promosi yang dilakukan sebelum adanya Internet. Hal Ini mencakup banyak taktik pemasaran seperti penjualan langsung, melalui TV, radio, surat, iklan cetak (misalnya, majalah, buku kupon, papan reklame .. dll), dan materi promosi tercetak seperti katalog atau brosur.

Kelebihan dari pemasaran secara tradisional:

Bahkan hingga saat ini dimana teknologi berkembang dengan sangat pesat, pemasaran secara tradisional ternyata masih memiliki banyak kelebihan:

  1. Metode pemasaran secara tradisional mungkin satu-satunya alat untuk menjangkau kelompok konsumen tertentu Anda. Misalnya, jika Anda tertarik untuk menargetkan para CEO yang telah pensiun, sebagian besar demografis ini tidak memanfaatkan saluran media internet atau sosial media.

  2. Penjualan secara “person to person” masih sangat dipertimbangkan oleh banyak strategi pemasaran tradisional. Pasti terdapat waktu dan tempat ketika melakukan penjualan secara tradisional karena hal ini memang cara paling efektif untuk memasarkan produk atau layanan. Misalnya, melalui orang-ke-orang, Anda bisa melakukan demonstrasi. Selanjutnya, banyak pelanggan dan klien lebih suka berbisnis dengan orang-orang yang berhubungan langsung dengan mereka.

  3. Pemasaran tradisional menawarkan hal yang nyata. Ada sesuatu yang bisa dikatakan tentang memperlihatkan kepada para konsumen tentang hal yang nyata. Hal ini memudahkan untuk memberikan informas, seperti membagi-bagikan kartu nama atau memiliki sesuatu di acara-acara pribadi, seperti ceramah atau acara dagang.

Kekurangan dari pemasaran tradisional

Beberapa kekurangan pemasaran tradisional, seperti:

  1. Biaya yang lebih mahal: Membayar iklah di TV, radio, atau media cetak bisa sangat mahal bagi banyak pemilik bisnis rumahan.

  2. Sulit Melacak untuk Hasil: Pemasaran tradisional sangat mirip melempar benda ke dinding dan berharap mereka tetap bertahan. Sangat sulit untuk melacak hasil kuantitatif yang nyata.

  3. Biasanya Membutuhkan Bantuan dari pihak Luar: Materi pencetakan, media pembelian dan pembuatan iklan di media, semuanya memerlukan bantuan dari pihak luar, seperti desainer grafis atau penulis skrip, yang menambah biaya.

  4. Hanya satu arah: Pemasaran tradisional biasanya dipaksakan pada konsumen,dan hal ini sering mengganggu mereka. Banyak orang tidak suka kotak surat mereka sarat dengan email spam.

Pemasaran Online

Pemasaran online adalah proses mempromosikan produk atau layanan Anda secara online. Pemasaran internet menggunakan strategi seperti pembuatan situs web, pengoptimalan mesin telusur (SEO), iklan banner, media sosial, iklan bayar per klik dan pemasaran email.

Kelebihan Pemasaran online:

Pemasaran online telah berhasil menjangkau pasar yang lebih luas dengan lebih mudah dan terjangkau. Selain itu terdapat pula kelebihan dari pemasaran online:

  1. Hasil jauh lebih terukur. Anda dapat melihat metode apa yang mengarah ke penjualan dan mana yang tidak, sehingga Anda dapat memfokuskan usaha Anda pada apa yang berhasil.

  2. Keputusan yang akan diambil dapat dilakukan dengan menggunakan data real maupun hasil kualitatif.

  3. Kemampuan untuk menelusuri demografi Anda untuk mencapai target pasar Anda secara akurat. Hal ini memungkinkan Anda untuk menargetkan sub-kelompok konsumen agar pesan pemasaran lebih efektif untuk meningkatkan respon konsumen.

  4. Media sosial, yang pada dasarnya adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Media sosial memungkinkan Anda berkomunikasi langsung dengan kelompok atau bahkan konsumen individual. Selain itu, media sosial juga dapat memungkinkan Anda berbicara dengan pasar Anda, dan memberi umpan balik cepat tentang apa yang berhasil dan apa yang disukai oleh pasar Anda.

  5. Biaya yang dan juga gratis jika Anda mengetahui triknya.

  6. Data dan hasilnya segera tersedia. Hal ini memberi Anda umpan balik yang cepat mengenai apa yang berhasil dan mana yang tidak memungkinkan Anda menyesuaikan pemasaran Anda.

  7. Tidak perlu menyewa bantuan dari luar. Banyak strategi pemasaran online dapat dengan mudah diimplementasikan oleh bisnis rumahan dan dilakukan oleh satu orang.

  8. Kemampuan untuk membangun hubungan langsung dengan pelanggan Anda melalui media sosial dan komunitas.

Kekurangan pemasaran online:

Berikut adalah beberapa kekurangan dari pemasaran secara oneline, seperti:

  1. Lebih sulit dilakukan karena memerlukan keahlian yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Selain menuntut keahlian yang lebih kompleks, pemasaran online juga sangat dinamis yang menuntut Anda untuk terus belajar strategi-strategi baru.

  2. Persaingan yang ketat. Jangkauan yang luar membuat Anda bersaing dengan siapapun di dunia online. 

  3. Bisa sangat menuntut pada waktu Anda. Konten berkelanjutan harus dibuat, diedit, disetujui dan dipublikasikan; komentar harus ditanggapi dan situs dan halaman harus dijaga. Lalu ada media sosial, yang bisa memakan banyak waktu.

  4. Dapat melakukan kesalahan dalam mengatur atau tidak konsisten dengan identitas merek Anda di forum, blog, media sosial, dll. Pemasaran online yang sukses memerlukan konsistensi di semua platform pemasaran Anda.

Pada akhirnya, keputusan terserah Anda. Memasukkan riset pasar ke dalam rencana pemasaran Anda akan membantu Anda menentukan bagaimana target pasar Anda tercapai. Jika Anda membutuhkan jasa marketing online silahkan menghubungi customer service kami di nomer 0852-1500-2010 dengan senang hati kami membantu Anda.

Konsultasi melalui WhatsApp