Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi Berbasis Web (Cloud)

Muhamad Amirullah


Dengan semakin majunya perkembangan teknologi, semakin banyak pula pemilik bisnis yang beralih menggunakan software akuntansi berbasis cloud untuk memaksimalkan kinerja akuntansi secara online dan membantu perkerjaan mereka. Sebagai pemilik usaha kecil, Anda mungkin akan menemukan aktivitas pembukuan sebagai pekerjaan yang membosankan, terutama bila fokus Anda terletak pada membangun brand dan mengembangkan bisnis Anda. Oleh karena itu anda perlu memmpertimbangkan untuk memilih software akuntansi berbasis cloud dengan banyak kelebihannya, dengan memanfaatkan software akuntansi berbasis web atau cloud  dapat membantu Anda untuk membuat seluruh pengelolaan perusahaan berjalan lebih lancar. Dan itu memberi Anda lebih banyak waktu untuk berfokus pada hal lain yang dapat mengembangkan bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan software akuntansi berbasis web (cloud) untuk bisnis Anda:

1. Miliki akses ke data perusahaan Anda dimana saja dan kapan saja

Menggunakan software akuntansi berbasis web (cloud) dapat memudahkan Anda untuk mengakses data perusahaan kapan saja dan dimana saja. Hal Ini karena data tersebut telah di-host dari jarak jauh yang berarti Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan download dan pembaruan yang memakan waktu. Untuk mengikuti perkembangan bisnis Anda ketika sedang dalam perjalanan ke sebuah pertemuan, Anda bahkan dapat mengakses data tersebut melalui smartphone atau tablet Anda. Ini memberi Anda fleksibilitas dan rasa tenang yang berarti Anda tidak perlu duduk di kantor untuk memeriksa arus kas atau mengakses akun Anda. Itulah mengapa bisnis Anda membutuhkan software akuntansi yang berkualitas demi kemudahan pengelolaan perusahaan Anda.

2. Informasi bisnis yang benar-benar up-to-date

Dengan software akuntansi berbasis web (cloud). Anda akan selalu mendapatkan informasi terkini tentang situasi keuangan perusahaan Anda saat ini. Dan itu memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang lebih tepat tentang masa depan keuangan bisnis Anda. Dengan menggunakan metode akuntansi tradisional, Anda harus menggulir banyak halaman laporan manajemen yang ketinggalan zaman. Sekarang Anda dapat melihat informasi keuangan perusahaan Anda secara real time – dan itu adalah keuntungan yang luar biasa.

3. Membangun hubungan yang lebih baik dengan akuntan anda

Sebagai pemilik bisnis, Anda tetap perlu berkolaborasi secara rutin dengan para akuntan untuk memastikan keuangan bisnis Anda selalu terbarui, terutama bila harus menganalisis pajak akhir tahun dan sebagainya. Sebagai hasilnya, Anda mungkin akan menghabiskan banyak waktu dengan akuntan Anda yang bisa juga memakan banyak biaya. Tapi dengan memanfaatkan software akuntansi berbasis web, Anda dan penasihat bisnis Anda dapat melihat buku besar secara online dalam waktu yang sama. Itu berarti, Anda akan mendapatkan pengalaman klien / akuntan yang jauh lebih dalam dan lebih berharga dengan membicarakandata  keuangan Anda dalam percakapan secara real-time.

4. Lebih efisien

Mengelola dan menjaga dokumen bisnis bisa menjadi hal yang merepotkan. Pengeluaran biaya, kuitansi dan faktur, semuanya meningkat – dan cara untuk melakukan semuanya membutuhkan waktu. Namun, dengan software akuntansi berbasis web, Anda dapat mengimpor dokumen Anda secara langsung ke software akuntansi Anda, memindahkan data Anda langsung ke ranah digital dan memungkinkan Anda untuk mengerjakannya dengan mudah. Ini membantu meminimalkan risiko kesalahan manual dan menghasilkan metode yang lebih cepat dan jauh lebih efisien. Dikarenakan lebih efisien, maka Anda dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut lebih cepat dan Anda bisa fokus untuk mengembangkan branding bagi kesuskesan bisnis Anda saat ini

5. Membuat ekosistem kerja agar sesuai dengan bisnis Anda

Menemukan satu sistem yang memberikan semua kebutuhan bisnis Anda bisa menjadi hal yang sulit. Itulah sebabnya penting untuk sebuah sistem agar dapat diintegrasikan dengan aplikasi online lainnya yang dapat membantu membentuk sebagian ekosistem bisnis yang sesuai dengan yang Anda harapkan. Dengan memanfaatkan software akuntansi berbasis cloud, Anda dapat menciptakan alur kerja yang sesuai untuk bisnis Anda dan meningkatkan efisiensi tugas rutin seperti faktur, pelaporan, penggajian dll. Aplikasi atau software berbasis cloud memainkan peran besar dalam mewujudkan hal tersebut.