Manfaat Memiliki Website Sendiri bagi Penjual di Marketplace (Tokopedia, Lazada, Bukalapak dll)

Muhamad Amirullah

Pada saat ini, terdapat banyak penjual online memulai berdagang dengan memanfaatkan marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak dll sebagai satu saluran distribusi. Toh, beberapa marketplace tersebut  mempermudah mereka untuk menjual produk secara online. Namun, sebagai penjual barang secara online, apakah Anda pernah berpikir untuk memiliki website sendiri dan menjual produk Anda disana? Berikut adalah beberapa manfaat memiliki wesbiste sendiri bagi penjual di marketplace:

1. Membangun hubungan yang lebih dekat dengan para pelanggan

Bila Anda memiliki sebuah situs web sendiri, Anda dapat mengumpulkan informasi pelanggan Anda dan hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengetahui tentang kebiasaan membeli mereka. Dengan begitu, Anda dapat membangun sebuah basis pelanggan jangka panjang yang akan membeli produk Anda secara berulang dan mereka akan merasa lebih familiar dengan brand produk Anda. Dan yang terpenting, memiliki hubungan dengan pelanggan akan memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan yang besar. Itulah beberapa faktor mengapa memiliki sebuah website sangat penting bagi bisnis Anda dan juga memiliki website sendiri dapat membuat produk Anda dikenal luas.

2. Anda mengasuh dan mendapatkan pelanggan tetap

Begitu Anda memiliki hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, Anda dapat mendorong pelanggan untuk membeli produk Anda lagi dengan menyarankan produk lain yang Anda jual. Dalam sebuah bisnis retail, hal ini biasa disebut dengan keuntungan jangka panjang. Hal ini  adalah dapat menghitung jumlah pendapatan yang akan Anda didapatkan dari pelanggan Anda.

Namun, ketika Anda menjual produk di marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak dll, maka Anda akan sulit untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan membuat mereka untuk melakukan pembelian berulang dan ini juga dapat melanggar persyaratan layanan untuk menyarankan produk lain yang akan mereka beli.

3. Memasarkan produk Anda sendiri

Menampilkan produk, dan mempromosikan brand Anda, ketika Anda memiliki website sendiri, Anda akan dapat melakukan semua hal tersebut. Anda juga dapat membuat peraturan yang Anda tetapkan sendiri. Hal ini memungkinkan Anda untuk menampilkan produk Anda dengan cara terbaik yang Anda inginkan.

Tetapi, ketika Anda menggunakan marketplace, maka Anda dibatasi tentang bagaimana Anda mempromosikan tentang produk atau grambar yang dapat Anda gunakan. Jika Anda ingin menambahkan video, Anda harus menjadi bagian dari Vendor Central dan membayar biaya tambahan.

Memiliki kebebasan untuk memasarkan produk Anda sendiri merupakan sebuah strategi promosi untuk meningkatkan brand awareness dan juga akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan kreativitas dan penjualan produk Anda dapat meningkat.

4. Tidak ada penangguhan akun

Salah satu ketakutan terbesar setiap penjual di marketplace adalah terjadinya penangguhan akun. Penangguhan akun terjadi dikarenakan beberapa hal, ini adalah pengingat serius bahwa Anda sedang berada di sebuah marketplace milik orang lain dan bukan website Anda sendiri.

Seiring akun berjualan milik Anda terus berkembang, demikian juga risiko yang Anda ambil dengan menempatkan produk Anda hanya di marketplace. Anda pada dasarnya memiliki banyak potensi, namun Anda berada di tempat milik orang lain.

Oleh karena itu, beralih ke website Anda sendiri dan membangun brand Anda sendiri memberikan diversifikasi yang diperlukan untuk membangun bisnis yang berkelanjutan – dan mengimbangi risiko yang terkait dengan potensi terjadinya penangguhan.

Sementara website Anda sendiri mungkin ketinggalan dalam penjualan dari beberapa marketplace (Tokopedia, Lazada, Bukalapak dll) karena masih baru, Namun saat Anda membangun reputasi brand Anda, maka pelanggan Anda akan mulai mencari produk di website Anda secara langsung.

Itulah beberapa manfaat memiliki website sendiri bagi penjual di marketplace. Dengan memiliki website yang berkualitas pastinya penjualan produk Anda akan meningkat dan keuntungan semakin besar. Jika Anda belum memiliki sebuah website, Anda dapat menyewa penyedia jasa pembuatan website yang berkualitas. Namun, jika Anda telah memiliki sebuah website sendiri namun masih bingung tentang cara untuk merawatnya, Anda juga dapat memanfaatkan sebuah perusahaan jasa perawatan dan optimasi website untuk Anda.