Manfaat Software Akuntansi Berbasis Web (Cloud) untuk UKM

Muhamad Amirullah

Software akuntansi berbasis cloud telah berada di puncak kepopulerannya saat ini.  Hal ini juga dikarenakan banyak usaha kecil menengah (UKM) menggunakan software ini untuk memproses transaksi keuangan dan menyimpan data keuangan bisnis mereka. Sederhananya, software akuntansi berbasis cloud adalah sebuah aplikasi akuntansi online. Alih-alih mengakses software dari hard disk komputer Anda, Anda mengaksesnya menggunakan internet. Selain itu, software atau aplikasi berbasis cloud lebih baik dari pada software berbasis desktop dikarenakan banyak kemudahan yang ditawarkan.

Ternyata banyak sekali keuntungan menggunakan software berbasis cloud untuk bisnis, terutama UKM. Berikut adalah beberapa manfaat software akuntansi berbasis cloud untuk UKM:

1. Akses yang mudah

Tidak diragukan kemudahan akses adalah manfaat utama dari software akuntansi berbasis cloud. Anda atau karyawan Anda dapat mengakses data keuangan bisnis UKM Anda dari manapun di seluruh dunia, kapan saja tanpa harus mendownload dan menginstall apapun di desktop mereka. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet! Kemampuan untuk mengurus pembukuan Anda saat bepergian berarti pemilik bisnis tidak terjebak dalam satu lokasi namun dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk bepergian, mendapatkan klien baru dan mengurus urusan bisnis penting lainnya tanpa harus berada di kantor. Dikarenakan beberapa faktor tersebut, inilah mengapa bisnis Anda membutuhkan software akuntansi untuk memudahkan pengelolaan bisnis yang sedang dijalankan.

2. Biaya yang terjangkau

Mengeluarkan biaya untuk sebuah produk merupakan hal yang penting dalam bisnis UKM dan keuntungan lain dari software akuntansi berbasis cloud adalah harganya yang terjangkau. Pertama, Anda tidak perlu membayar uang muka untuk semua biaya seperti yang akan Anda dapatkan dengan paket akuntansi desktop – karena Anda akan membayar setiap bulan. Kedua, Anda tidak perlu melakukan upgrade karena secara hal tersebut sudah secara otomatis disertakan dalam pembayaran tersebut.

3. Pengelolaan yang mudah

Pembayaran secara bulanan jelas membuat semuanya lebih mudah untuk mengelola arus kas bisnis UKM Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengurangi biaya perawatan komputer melakukan upgrade, dan biaya administrasi sistem tidak lagi menjadi masalah Anda karena semuanya dikelola oleh perusahaan penyedia software akuntansi berbasis cloud tersebut.

4. Informasi Keuangan Real T6. ime

Jika dimanfaatkan dengan baik, software akuntansi berbasis cloud akan memberi bisnis UKM Anda informasi terkini tentang keungan Anda secara real-time. Hal ini dapat membantu Anda untuk merespons perubahan bisnis dengan memberi Anda informasi keuangan di ujung jari Anda.

5. Menawarkan Mobilitas

Panels are a great tool to compare offers or to emphasize on key features. To compare products, use the inside columns.

6. Backup dan keamanan data

Pada umumnya, perusahaan penyedia software akuntansi ini menawarkan keamanan data yang sesuai dengan Standar Keamanan Data Industri atau PCI. Standar PCI akan dirasa terlalu mahal untuk didapatkan bagi perusahaan kecil atau UKM, terutama jika memiliki aplikasi di tempat yang telah disertifikasi. Tingkat ketersediaan dan keamanan, cadangan dan pemulihan data yang ditawarkan oleh penyedia software sebagai layanan yang terbaik  yang dapat diberikan oleh perusahaan jika aplikasi ditempatkan di suatu lokasi. Anda tidak perlu membayar ekstra untuk melakukan backup secara online karena semuanya telah dilakukan oleh penyedia jasa software akuntansi tersebut Anda tidak memerlukan server khusus atau konfigurasi desktop. Anda hanya membutuhkan subuah perangkat yang dapat langsung tersambung dengan internet untuk menggunakannya.