Manfaat Twitter untuk Bisnis Rumahan

Muhamad Amirullah


Tahukah Anda jika  platform sosial media yang satu ini merupakan sebuah alat yang efektif dan juga efisien untuk menjangkau para pelanggan untuk bisnis Anda?. Namun tantangannya adalah bagaimana cara Anda untuk menyampaikan pesan dalam 140 karakter namun tetap menjadi sebuah postingan yang viral. Namun jika Anda ingin memfokuskan Twitter sebagai sebuah platform untuk bisnis maka Anda menggunakannya secara maksimal karena Ini gratis dan juga efektif.

Hal yang harus dilakukan sebelum mengirim Tweet pertama Anda

Sebelum Anda mulai menge -tweet dan retweet, juga lupa untu memastikan profil Twitter Anda telah selesai atau lengkap. Ketika Anda membuat profil, jangan lupa untuk mempertimbangkan juga tentang image dari Brand perusahaan atau produk Anda.

Apakah Anda ingin mempromosikan diri Anda atau bisnis yang sedang Anda jalankan?. Pilih nama / username Twitter yang ingin Anda promosikan (nama Anda versus nama bisnis). Isi semua bagian profil, termasuk tautan webiste Anda. Dan yang paling penting, Anda harus memiliki foto profil, hal ini dikarenakan banyak orang tidak akan mem –follow Anda jika foto profil Anda kososng.

Beberapa cara untuk mengembangkan bisnis rumahan Anda melalui Twitter

Nah, setelah Anda menyelesaikan profil bisnis Twitter Anda, berikut adalah manfaat Twitter untuk bisnis rumahan Anda:

Cobalah untuk menemukan dan mengikuti pasar Anda.

Menemukan orang untuk di follow merupakan pengalaman yang menyenangkan ketika pertama kali menggunakan Twitter. Namun Anda harus tetap fokus untuk memfollow orang orang yang dapat membuat bisnis Anda berkembang.  Dengan memasukkan kata kunci di kolom pencarian (search) maka Anda dapat menemukan mereka dengan mudah. Selain itu. Anda juga dapat melihat pada bagian trending page untuk melihat tentang topik apa saja yang sedang marak dan cobalah untuk menganalisanya apakah bisnis Anda dapat berkembang dengan mengikuti trend tersebut. ,Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis pembersih dan salah satu followe Anda mengirimkan tweet tentang betapa kotor rumahnya dan betapa sedikit waktu yang dia miliki untuk membersihkannya, Anda bisa menganalisa tweetnya dengan memantau kata kunci “rumah kotor” atau “bersih . “Kemudian kirimkan tweet kembali kepadanya dan mengatakan kepadanya bahwa dia layak mendapat istirahat dan memberinya diskon 25% jika menggunakan jasa layanan pembersihan rumah Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pendekatan lain, misalnya dengan mengirimkan link ke situs web Anda di mana Anda memiliki artikel tentang “Tips Cara Bersihkan Rumah Anda dengan Cepat.”

Alasan lain untuk melacak kata kunci adalah dengan melihat buzz atau tren di pasar Anda. Ini akan membantu Anda mengenali topik dan tren terkini, sehingga Anda dapat merencanakan bisnis Anda dengan tepat.

Melakukan follow dan retweet dari para influencer.

Jika Anda masih baru dalam menggunakan Twitter, berhubungan dengan orang-orang yang dikenal dan dihormati di industri Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pengikut dan kredibilitas Anda. Caranya, ikuti orang yang Anda anggap sebagai expert dalam bisnis Anda dan retweet dan / atau beri komentar tentang apa yang mereka bagikan. Ketika mereka melihat Anda berbagi (retweet) dan merespon kicauannya, mereka mungkin akan mengikuti Anda dan membalasnya. Fokus pada menciptakan hubungan positif dan saling menguntungkan dengan orang-orang ini. Jangan melihatnya sebagai “menggunakan mereka” atau “apa yang bisa mereka lakukan untuk saya?”

Influencer akan tetap berada di atas apa yang ada saat ini dan hal yang menarik di pasar Anda, jadi sekali lagi, beberapa hal ini bisa menjadi sumber ide yang hebat yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda di sosial media. Seringkali, mereka dapat merekomendasikan Anda ke orang lain yang memiliki peranan penting dalam bisnis Anda dengan cara yang sama seperti pemasaran tradisional.

Membagikan hal yang ingin diketahui oleh pasar Anda

Kesalahan yang dibuat oleh pengguna baru adalah terus mengirimkan materi promosi. Tapi orang pastinya akan bosan danmerasa terganggu. Tentu, mereka suka mendengar tentang penawaran yang menggiurkan atau diskon besar besaran, tapi hanya pada kesempatan tertentu. Ingat, media sosial bersifat sosial.

Hal yang membuat sosial media adalah sesuatu yang hebat adalah adanya interaksi melalui percakapan, dari ini saja, Anda bisa menghasilkan kepercayaan dan juga respect dari para follower Anda, tapi hanya jika Anda memberikan nilai lebih. Ada banyak hal yang dapat Anda bagikan di Twitter dalam 140 kata. Anda bisa memberi wawasan, tip, dan inspirasi. Selain itu, Anda juga bisa menyertakan gambar dan video.

Jangan lupa untuk menggunakan Hashtag

Jika dibandingkan dengan platform media sosial yang lain, Twitter adalah yang paling terlihat “susah” karena bergerak terlalu cepat dan Anda mungkin mengalami kesulitan untuk menemukan apa yang ingin Anda baca. Akibatnya, banyak pengikut Anda tidak akan melihat pos Anda kecuali Anda membantu mereka. Cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui penggunaan hastag. Sebuah hashtag adalah tanda (#) yang diikuti oleh tag yang menjelaskan topik posting Anda. Untuk memudahkan dalam mencari hal di Twitter, para pengguna akan menggunakan hashtag tersebut.

Mengatur porsi konten dan promosi

Banyak pemasar online memiliki rasio konten untuk promo (yaitu 75 persen konten dan 25 persennya lagi adalah promosi). Sebenarnya, orang lebih cenderung menanggapi konten yang menarik atau menghibur daripada pesan pemasaran atau promosi. Saat Anda melakukan promosi, cobalah untuk menawarkan opsi gratis atau murah. Hal Ini akan membangun daftar calon pelanggan Anda, di mana Anda kemudian bisa melakukan penjualan. Kupon gratis, , dan diskon juga merupakan hal yang sangat populer namun, Anda juga harus menggunakan hashtag seperti. #free #diskon #freeforweekend.