Manfaat Utama Software CRM

Muhamad Amirullah

Mengumpulkan dan mengatur data pelanggan merupakan sebuah pekerjaan penting dan membutuhkan ketelitian sehingga sedikit kesalahan dapat berakibat fatal bagi bisnis Anda. Dengan demikian, menggunakan software Customer Relationship Management (CRM) yang berkualitas tinggi merupakan sebuah kewajiban bagi bisnis apa pun yang ingin membawa kepuasan pelanggan ke tingkat yang lebih tinggi. CRM menawarkan sejumlah keuntungan yang akan membantu Anda mengidentifikasi, memahami, dan membantu klien Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan keuntungan dikarenakan data yang terkumpul tidak lengkap. Berikut adalah beberapa  manfaat utama software CRM bagi bisnis Anda:

Meningkatkan pengaturan informasi

Semakin banyak Anda tahu tentang informasi pelanggan Anda, maka semakin baik pula Anda dapat memberikan mereka beberapa pengalaman positif yang dapat menguntungkan Anda juga. Segala sesuatu dan interaksi yang mereka lakukan dengan perusahaan Anda merupakan hal penting yang perlu diidentifikasi, didokumentasikan, dan dicatat. Untuk melakukan ini, Anda membutuhkan teknologi tingkat lanjut yang tidak hanya dapat mengukur dan mengelompokkan data dengan tepat untuk referensi di masa mendatang, namun juga menyediakan data secara keseluruhan.

Dengan memanfaatkan software CRM, semua pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyimpan daftar pelanggan yang luas dan informasi penting mengenai hal tersebut. Akses ke file mereka bahkan lebih mudah daripada sebelumnya karena software ini menggunakan penyimpanan berbasis cloud.

Meningkatkan komunikasi

Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, software CRM memungkinkan setiap karyawan Anda untuk memberikan layanan terbaik dengan memiliki akses ke data pelanggan yang sama. Bagaimanapun, bahkan jika pelanggan Anda memiliki satu kontak utama, ada kemungkinan besar bahwa pada suatu saat kontak tersebut mungkin tidak tersedia, dan klien akan dipaksa harus bekerja dengan individu yang baru. Ketika hal tersebut terjadi, maka ada banyak pelanggan yang harus beradaptasi lagi dengan seseorang yang tidak memahami preferensi dan masalah mereka sebelumnya. Namun, ketika menggunakan CRM, semua permasalahan tersebut tidak lagi menjadi hambatan, dengan membuat informasi pelanggan terperinci yang dapat dimengerti oleh siapa saja yang memerlukannya. Dengan demikian, tidak masalah siapa yang saat ini membantu klien tersebut, karena mereka akan bekerja dari informasi yang sama. Dan mengingat bahwa CRM berbasis cloud dan dapat diakses dari perangkat manapun dengan koneksi internet, sehingga ini dapat meningkatkan komunikasi yang sebelumnya dirasa cukup sulit.

Meningkatkan Customer Service Anda

Waktu merupakan hal yang sangat berharga bagi sebuah perusahaan (time is money), begitu juga untuk pelanggan Anda. Dan, jika pelanggan Anda mengalami masalah, mereka akan sangat senang jika masalah tersebut dapat ditangani dengan sangat cepat. Permasalah tersebut dapat diatasi dengan mudah ketika Anda menggunakan software CRM. Dengan menggunakan software ini, begitu pelanggan menghubungi perusahaan Anda, secara otomatis karyawan Anda akan dapat meng-handle semua aktivitas yang ada mengenai pembelian, preferensi, dan hal lain yang mungkin bisa membantu mereka dalam menemukan solusi. Dalam banyak kasus, karyawan Anda yang lebih berpengalaman akan dapat menemukan solusi dalam beberapa menit berkat database ‘potensi masalah’ yang mudah diakses.

Memudahkan tugas harian

Melakukan penjualan memang tidak hanya sekedar membuat pelanggan setuju untuk berkomitmen. Seiring dengan detail penjualan, terdapat ratusan tugas kecil yang harus diselesaikan agar semuanya berfungsi dengan baik. Formulir yang harus diisi, laporan harus dikirim, dan beberapa hal lain yang memakan waktu. Oleh karena itu, sistem CRM terbaik dirancang untuk mengurangi beban tugas-tugas ini dari bahu karyawan Anda, berkat keajaiban otomatisasi. Ini berarti karyawan Anda dapat lebih fokus pada upaya melakukan closing dan mengatasi beberapa complain pelanggan, sementara sistem CRM secara otomatis menangani detailnya.

Lebih efisien

Beberapa data uang tersimpan secara otomatis memungkinkan Anda melihat email, kalender dan rincian panggilan telepon di satu tempat yang mudah diakses. Setelah itu, fitur tersebut dapat dimanfaatkan oleh beberapa tim untuk mengakses data yang sama. Tim penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan dapat berbagi informasi penting tentang klien untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dari penjualan, pengetahuan tentang produk baru, atau layanan pelanggan yang sangat baik. Setiap bisnis sekarang dapat memberi tag tim untuk mendapatkan informasi yang benar kepada individu yang tepat. Dengan kemudahan ini, setiap tim dapat bekerja sama untuk memperbaiki permasalahan dengan lebih efisien.

Membuat laporan dengan mudah

Sistem CRM menyimpan informasi di satu tempat yang dapat peningkatan kinerja analisis data secara keseluruhan. Karena mudah diintegrasikan dengan berbagai alat atau plugin, Anda memiliki kemampuan untuk menghasilkan laporan secara otomatis yang dapat menghemat waktu Anda. Personalisasikan tampilan dasbor Anda untuk menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat seperti informasi pelanggan, sasaran penjualan, dan laporan kinerja untuk mencapai beberapa peluang yang belum dimanfaatkan. Dengan data pelaporan yang lebih baik, Anda dapat membuat keputusan yang lebih efektif untuk mendapatkan loyalitas pelanggan dan keuntungan jangka panjang.

Meningkatkan kepuasan pelanggan

Kunci untuk memberi pelanggan apa yang mereka inginkan adalah dengan memahami mereka, dan sistem CRM melakukan hal tersebut. Software Ini memfasilitasi banyak hal dengan memberi Anda dan pelanggan, kemudahan komunikasi, data yang terorganisir, dan layanan pelanggan yang jauh lebih baik. Semua ini dapat memperlancar proses untuk memastikan kebutuhan pelanggan Anda merasa dipenuhi dan permasalahan mereka dapat ditangani dengan cepat

Pelanggan adalah bagian terpenting dari bisnis Anda, dan membuat mereka bahagia seharusnya menjadi prioritas utama Anda. Janganlah membuat bisnis Anda berisiko; berinvestasilah pada software CRM yang berkualitas, dan membuktikan kepada klien Anda bahwa Anda peduli dengan kepuasan mereka.