Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Software Akuntansi?

Muhamad Amirullah


Ketika seorang akuntan mengerjakan tugasnya, mereka cenderung menggunakan produk seperti Microsoft Excel. Ini mungkin tampak seperti pilihan sederhana untuk para klien yang memiliki volume lebih rendah, terutama mengingat kenyamanan yang dimiliki kebanyakan orang dengan software tersebut dan biaya yang lebih terjangkau.

Namun, ada beberapa keuntungan yang mungkin terlewat ketika Anda menggunakan software akuntansi resmi ketika mengelola perusahaan Anda.  Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda memerlukan software akuntansi untuk bisnis yang Anda:

Software yang dikembangkan oleh para ahli di bidang akuntansi

Sebagian besar software akuntansi dikembangkan dan dirancang oleh para ahli di bidang akunting dengan penglaman yang sudah teruji. Bila Anda menggunakan software akuntansi, Anda tidak akan merancang dan mengembangkan proses Anda sendiri untuk setiap klien bisnis kecil Anda. Anda dapat melakukan semua pekerjaan Anda secara konsisten, lebih efisien dan memberikan kepuasan pada klien Anda.

Dapat diakses secara mudah

Pada saat ini kebanyakan ara profesional menggunakan perangkat eletronik  mereka untuk bekerja secara mobile, hal ini dikarenakan lebih mudah dan memaksimalkan produktivitas mereka. Anda harus bisa mengakses informasi klien Anda dari perangkat apa pun (bukan hanya desktop Anda), seperti juga rekan-rekan lain di perusahaan Anda yang memerlukan visibilitas ke akun tersebut. Selain itu, klien Anda juga ingin bisa mengakses informasinya. Bila Anda menggunakan software akuntansi, maka semua hal yang telah disebutkan tersebut akan lebih mudah untuk dilakukan.

Audit akan lebih mudah dilakukan

Selain mudah untuk diakses, kelebihan lain dari software akuntansi adalah secara otomatis software ini akan dapat memberikan jejak audit. Oleh karena itu, hal Ini dapat memungkinkan Anda untuk mengetahui siapa yang membuat perubahan dan pembaruan pada buku klien, perubahan apa saja, dan kapan hal itu terjadi. Jika terjadi audit, informasi ini dapat diperoleh dengan mudah dan cepat, Selain itu, dikarenakan dapat berjalan secara otomatis, maka hal ini dapat mengurangi risiko ‘human errors’ yang dilakukan oleh karyawan Anda.

Dapat mencakup segala hal

Alih-alih menggunakan sistem terpisah untuk membuat, mengirim, dan menerima faktur, software akuntansi memungkinkan Anda untuk memproses faktur dari tempat yang sama dengan yang Anda lakukan pada sebagian besar pekerjaan Anda.

Membuat laporan dengan lebih mudah dan cepat

Pada umunya, setiap pebisnis menginginkan semua laporan dapat dilakukan dengan cepat. Tanpa menggunakan software akuntansi, Anda harus membuat laporan tersebut secara manual, seperti  menganalisis data, menghitung ulang angka, dan membuat visualisasi Anda sendiri. Namun, ketika Anda menggunakan software akuntansi, Anda dapat menghasilkan beberapa jenis laporan hanya dalam beberapa klik, sehingga memberikan informasi terkini dengan cepat dan mudah.

Melakukan kolaborasi dengan klien Anda

Selain beberaa kelebihan yang telah disebutkan, ternyata ada kelebiha lain yang dimiliki oleh software akuntansi. Anda dapat berbagi akses dengan pengambil keputusan di perusahaan Anda atau klien Anda untuk meningkatkan visibilitas dan kepercayaan. Ketika seorang klien bisnis Anda terlibat dalam proses akuntansi Anda, mereka akan dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang keuangan merek. Hal ini secara otomatis dapat membuat mereka yakin dengan akuntansi bisnis mereka.