Mengapa Konten Marketing Sangat Penting bagi Bisnis Anda di Era Digital Ini?

Muhamad Amirullah

Dalam memasarkan sebuah produk tidak hanya sekedar tentang melakukan pengiklanan namun yang tak kalah penting adalah tentang cara  menunjukkan kepada pelanggan Anda siapa diri Anda, bukan hanya memberi tahu mereka.

Konten marketing  telah mengubah cara bisnis berinteraksi dengan pelanggan mereka. Sejak bangkitnya media sosial, merek (brand) sekarang telah secara tidak langsung dituntut untuk harus semakin dekat dan lebih komunikatif dengan pelanggan jika produk Anda menginginkan kesetiaan dan kepercayaan dari mereka.

Hanya menyebarkan iklan melalui pesan bukan lagi satu-satunya strategi yang tersedia dan tidak disarankan jika pelanggan Anda telah berupaya memasukkan Anda ke dalam lingkaran ‘sosial’ mereka.

Pada saat ini, melibatkan cerita yang mengandung pesan intrinsic yang mudah dicerna dan informasi yang benar-benar berguna atau menarik merupakan beberapa poin penting dalam melakukan pemasaran sebuah prioduk.

Saat ini masih terdapat banyak perusahaan yang masih menyesuaikan diri dengan beberapa gagasan dan juga upaya yang diperlukan untuk membuat konten konten yang berkualitas karena mereka tidak dapat selalu menghitung ROI (Return On Investment) dalam prosesnya. Dikarenakan beberapa alasan tersebut berikut adalah beberapa alasan mengapa pemasaran konten sangat penting bagi bisnis Anda di era digital:

Dapat membangun kestiaan pelanggan

Memberikan informasi yang berkualitas secara gratis dapat membangun sebuah komunitas atau basis pelanggan setia yang terhubung dengan merek (brand) Anda yang telah mereka pilih untuk diikuti perkembangannya. Dengan memberi konten yang sesuai dengan komunitas pelanggan Anda, mereka akan memiliki alasan untuk menginvestasikan waktu pada merek (brand) Anda. Jika Anda mempublikasikan konten secara berkala, maka para pelanggan Anda akan mengenal lebih dalam dana familiar dengan brand dari produk Anda.

Konten marketing dapat membuat merek Anda memiliki pengaruh penting

Dengan memposting konten berkualitas yang disampaikan secara berkala dapat membuat merek Anda menjadi memiliki pengaruh penting dalam kehidupan pelanggan Anda. Hal ini sangat penting karena membangun kepercayaan denga membuat pengaruh penting pada pelanggan Anda adalah sesuatu yang dapat meningkatkan penjualan produk Anda.

Mengenal pelanggan Anda lebih jauh

Ketika sebuah konten disebar melalui media sosial maka secara otomatis postingan Anda tersebut akan mendapatkan umpan balik (feeback). Ini berarti Anda bisa mengukur ‘behavio’r pelanggan Anda dan mengetahui kebutuhan dan demografi mereka dengan lebih baik. Dengan membuat konten yang informatif dan berkualitas dapat  menginspirasi pelanggan untuk berdiskusi, memancing rasa penasaran dan membuat mereka berbicara tentang merek (brand) yang Anda miliki.

Meningkatkan SEO

Sebuah konten dengan kualitas yang bagus adalah hal yang penting untuk SEO. Jika Anda memutuskan untuk membuat blog dengan konten yang berkualitas dan menghubungkannya ke merek (brand) Anda, maka hal ini dapat menimbulkan dampak positif pada produk Anda. Konten dengan konteks yang sesuai, benar-benar bagus, dan berkualitas  tidak hanya menarik mint baca pelanggan Anda tapi juga membuat peringkat brand Anda akan meningkat pada serach engine.

Konten dapat memiliki nilai lebih untuk bisnis Anda

Terdapat sebuah peraturan yang tidak tertulis bahwa apapun bisnis Anda, Anda harus memiliki konten yang berkualitas agar dapat bersaing dengan perusahaan yang lain. Para pelanggan mengharapkan bisnis Anda, situs web Anda dan duta merek Anda (apakah itu manajer, staf, mempekerjakan pekerja lepas atau bahkan pelanggan) untuk memberikan wawasan atau hiburan. Banyak orang mengunjungi  situs web dan media sosial Anda karena mereka mendapatkan sesuatu yang bermanfaat. Menggunakan video untuk film pendek, memposting gambar lucu, memberikan panduan praktis dan bermanfaat akan membuat situs web Anda layak untuk dikunjungi setiap hari.

Itulah beberapa alasan mengapa konten marketing sangat penting bagi bisnis Anda di era digital. Semoga beberapa poin di atas dapat bermanfaat bagi bisnis yang sedang Anda jalankan agar semakin berkembang dan dikenal oleh banyak orang.