Mengapa Software Kasir Berbasis Cloud Lebih Baik Daripada Software Kasir Desktop?

Muhamad Amirullah

Pada saat ini, kita hidup di dunia digital dimana teknologi sangat berperan penting bagi kehidupan sehari hari sehingga setiap hal yang kita lakukan dituntut untuk bergerak dengan cepat. Salah satu perkembangan teknologi pada saat ini yang mampu untuk memudahkan setiap pekerjaan (khususnya bisnis retail) adalah penyimpanan berbasis cloud. Penyimpanan berbasis cloud mampu untuk menyimpan semua data aman dan juga dapat di akses 24/7 dari mana saja.

Teknologi berbasis cloud juga telah masuk ke dalam dunia penjualan, dan banyak pemilik bisnis memilih mobilitas dan kemudahan software kasir POS (Point On Sales) berbasis cloud daripada berbasis Windows tradisional karena beberapa alasan berikut:

Menawarkan mobilitas

Menggunakan software kasir berbasis berbasis cloud akan memberi Anda lebih banyak mobilitas dan fleksibilitas. Seluruh sistem bisa dipasang dan dijalankan menggunakan mobile phone dan juga tablet. Jika Anda menjalankan bisnis retail, maka staf Anda dapat mengelola kartu kredit pembayaran dan langsung mengirimkan tanda terima pembayaran melalui email atau mengirimkannya ke handphone pelanggan secara langsung. Mobilitas memungkinkan Anda mengelola bisnis Anda dari manapun dengan akses 24/7 ke semua laporan sistem.

Downtime

Ada kalanya ketika sistem POS Windows tradisional terkena virus atau jika sistem mengalami crash atau rusak, Anda bisa mengharapkan staff IT Anda untuk mengatasi masalah downtime ini. Semuanya perlu diperiksa untuk menentukan apakah terjadi kerusakan di perangkat keras atau perangkat lunak, dan dengan sebagian besar masalah yang melibatkan virus atau data korupsi, keseluruhan pengaturan harus diinstal ulang. Dan yang mengesalkan adalah perbaikan tersebut bisa membutuhkan waktu yang lama untuk diselesaikan. Namun, jika bisnis Anda menggunakan sistem POS berbasis cloud, maka semua permasalahan tersebut dapat diatasi dengan sangat cepat.

Fitur sinkronisasi

Memaliki koneksi agar tetap online adalah hal yang penting dari sistem kasir berbasis cloud. Tapi dengan memiliki software kasir berbasis cloud yang terbaik, Anda masih bisa bekerja meski internet sedang down, Fitur bekerja secara offline memungkinkan Anda untuk meneruskan dan mengizinkan sistem menyinkronkan data saat Anda menjalankannya kembali secara online.

Pengerluaran biaya yang lebih efektif

Sistem POS tradisional biasanya mengenakan biaya di awal untuk lisensi perangkat keras dan perangkat lunak, ditambah biaya perawatan tahunan tambahan sekitar 18-20% lebih untuk upgrade. Dan beberapa hal Ini masih dihitung secara terpisah ketika melakukan pelatihan dan persiapan agar tim Anda dan sistem Anda memperbarui fitur keamanan baru.

Namun semua itu bukan menjadi masalah jika Anda menggunakan software kasir berbasis cloud. Software kasir POS berbasis cloud memiliki model SaaS atau software as a service (perangkat lunak sebagai layanan), tanpa biaya di awal dan biaya bulanan yang rendah. Karena keseluruhan sistem berbasis cloud, pembaruan perangkat lunak secara otomatis dan sistem yang dapat diperbarui degan mudah. Anda juga tidak akan harus menggunakannya selama satu tahun dan Anda dapat membatalkannya kapan saja.

Keamanan yang terjaga

Karena semua data Anda tersimpan di cloud, Anda tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan, pencurian, dan masalah lainnya. Semua data disimpan di beberapa server off-site yang memiliki keamanan 24/7.

Penyedia kartu kredit seperti Visa, Mastercard dan Amex juga menyatakan bahwa mereka akan menanggung semua biaya yang dikeluarkan oleh kartu kredit yang hilang atau dicuri, namun hanya untuk pedagang yang menggunakan teknologi penjualan terkini. Jadi jika Anda bisnis retail Anda masih menggunakan cash register lama atau bahkan sistem tradisional, maka inilah waktu yang tepat untuk beralih ke software kasir berbasis cloud.

Dapat dikolaborasikan dengan mudah

Karena software kasir ini berbasis cloud, Anda dapat mengintegrasikannya secara mudah dengan software akuntansi, dan add-on lainnya tanpa hambatan. Tidak ada sistem POS yang hebat seperti sistem berbasis cloud. Integrasinya tidak pernah semudah ini.

Jika Anda menginginkan teknologi terbaru untuk membantu menjalankan bisnis retail Anda, Anda tidak akan menyesal dengan software kasir berbasis cloud ini. Dengan biaya yang lebih hemat, penyimpanan berbasis cloud dengan ukuran yang tudak terbatas, pembaharuan sistem yang mudah dan Anda dapat mengakses laporan Anda 24/7 merupakan beberapa fitur terbaik yang wajib dimiliki oleh setiap bisnis retail.