Pengertian Mesin Kasir, Fungsi dan Kegunaan

Muhamad Amirullah


1. Pengertian 

Menurut pengertiannya sendiri, mesin kasir merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk menghitung transaksi keuangan. Mesin kasir pada umumnya memiliki keyboard yang digunakan untuk memasukkan data, pemindai (scanner), laci yang digunakan untuk menyimpan uang tunai, dan perangkat pencetakan untuk tanda terima. Dengan kemajuan teknologi, mesin kasir dapat melakukan berbagai macam fungsi tambahan termasuk pemrosesan kartu kredit, verifikasi cek pribadi, dan pelacakan inventaris.

Mesin kasir adalah sebuah peralatan penting dalam berbagai bisnis. Sebuah mesin kasir dapat melakukan pencatatan jumlah penjualan, memberikan tanda terima kepada pelanggan, dan membantu pem,buatan laporan transaksi harian. Pada saat ini, mesin kasir sudah semakin canggih dan memiliki banyak fungsi yang dapat membantu dalam menjalankan toko, restoran, atau bisnis Anda yang lain. Mesin kasir dengan teknologi terkini dan lebih kompleks dapat digunakan untuk melacak persediaan dan sinyal komputer jarak jauh yang berguna untuk mengatur ulang persediaan atau inventaris bisnis Anda. Tak hanya itu, mesin kasir juga dapat digunakan untuk membantu Anda dalam menghitung penjualan berdasarkan berdasarkan tipe atau kelas barang. Mesin semacam ini paling sering digunakan oleh bisnis ritel.

2. Fungsi dan Kegunaan Mesin Kasir

Ketika Anda pergi ke toko untuk membeli sebuah barang, ada satu hal yang pasti Anda lihat, yaitu mesin kasir. Mesin kasir ini merupakan sebuah hal yang umum ditemui pada sebuah bisnis ritel atau restoran karena memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat besar bagi pengelolaan bisnis tersebut. Berikut adalah beberapa fungsi serta kegunaan mesin kasir bagi sebuah bisnis:

  • Perhitungan

Selain sudah menjadi lebih ringan dan jauh lebih canggih, mesin kasir modern juga dapat melakukan berbagai fungsi dan perhitungan berdasarkan daftar nama dan harga semua barang yang telah dibeli, memproses kupon, menghitung pajak, diskon dan menentukan dengan tepat berapa banyak perubahan yang harus dibayarkan pelanggan. Beberapa fungsi dan perhitungan tersebut dapat membantu toko menjaga para pekerja tetap fokus pada layanan pelanggan dan menjaga agar jalur kasir tetap bergerak.

  • Pelacakan pelanggan

Dengan kemajuan teknologi, kini telah banyak mesin kasir yang telah dilengkapi dengan kartu gesek pelanggan atau kartu loyalitas pelanggan yang dapat memberi bisnis informasi penting tentang apa yang mereka beli. Dikarenakan hal tersebut, mesin kasir saat ini telah menjelma menjadi sebuah alat identifikasi tentang produk apa yang keluar dari toko tersebut, sehingga manajer dapat melakukan restock ketika produk tersebut hampir habis. Selain itu, para manajer juga dapat mengetahui produk apa yang populer pada hari tertentu dan merek mana yang disukai pembeli mereka. Mesin kasir yang beroperasi bersamaan dengan kartu loyalitas pelanggan memiliki sistem komputer terintegrasi yang menyampaikan semua informasi ini kembali ke toko dan manajemen. Ini membantu toko untuk melakukan iklan yang tertarget dalam bentuk pengiriman surat, email, dan bahkan pop-up langsung di daftar dalam struk pembayaran.