Jika Anda adalah pemilik bisnis kecil yang menyadari pentingnya media sosial namun merasa bingung dengan  informasi, kesalahan informasi, dan juga statistic yang ada, Anda tidak sendiri. Bahkan jika Anda merasa kebingungan dalam menyiapkan profil media sosial dan menggunakannya untuk bisnis Anda, perlu meninjau kembali pendapat Anda, bagaimana cara menggunakan media sosial secara lebih efektif dan lain sebagainya, mungkin artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih memahami tentang pentingnya sosial media untuk bisnis kecil.

Berikut adalah beberapa informasi tentang media sosial populer dan cara bisnis kecil Anda bisa menuai keuntungan lebih besar.

Mengapa Bisnis Kecil Anda Membutuhkan Media Sosial

Anda mungkin sadar bahwa media sosial itu penting. Tapi apakah Anda tahu betapa pentingnya? Pertimbangkan keempat alasan ini sehingga Anda tidak dapat mengabaikan media sosial dan mengapa Anda harus menjadikannya sebagai sebuah prioritas.

Meningkatkan Brand Recognition

Sebuah perusahaan kecil memiliki tantangan ketika harus mengenalkan produknya dalam dunia digital. Konsumen saat ini mengharapkan perusahaan, apakah mereka besar atau kecil, mudah dikenal secara online. Mereka mengharapkan sebuah perusahaan memiliki banyak situs web, sebuah halaman Facebook dan kehadiran Twitter. Mereka ingin melihat bagaimana Anda melibatkan pelanggan Anda. Mereka ingin melihat bahwa perusahaan Anda lebih jauh lagi. Mereka ingin tahu tentang orang-orang di balik bisnis yang sedang Anda jalankan. Menurut beberapa riset menemukan bahwa 71 persen konsumen yang memiliki pengalaman layanan pelanggan positif dengan sebuah brand melalui media sosial cenderung merekomendasikan brand tersebut kepada orang lain. Penggunaan media sosial yang efektif memberi peluang usaha kecil untuk menghasilkan prospek dan mengubahnya menjadi pelanggan. Oleh karena itu, media sosial bisa dikatakan sebagai sebuah iklan dari mulut ke mulut di era digital

Meningkatkan Layanan Pelanggan

Keuntungan dari media sosial untuk bisnis adalah Anda memiliki kesempatan untuk secara penuh dan langsung melibatkan pelanggan. Para pelanggan Anda akan menuju ke media sosial untuk bertanya tentang produk atau layanan, memesan produk, mengajukan pertanyaan tentang penggunaan dan juga melakukan complain terhadap produk Anda.

Setiap interaksi dengan pelanggan, termasuk ketika Anda menangani keluhan, hal ini akan membuat bisnis kecil Anda memiliki kesempatan untuk lebih bersinar. Para follower Anda di media sosial dapat mengetahui cara bagaimana perusahaan Anda menangani masalah, mengenal orang-orang di balik brand Anda dan melihat secara langsung bagaimana perusahaan Anda merasakan dan memperlakukan pelanggannya.

Menggunakan media sosial juga memberi Anda platform untuk memberi tahu pelanggan tentang produk baru, penundaan, dan masalah relevan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui apakah produk Anda dinilai positif atau tidak oleh pelanggan.

Biaya Periklanan yang Lebih Rendah dan Mendapatkan ROI yang lebih tinggi

Satu hal yang hampir semua usaha kecil, terutama pemula, memiliki kesamaan yaitu memiliki anggaran periklanan yang terbatas. Apakah Anda ingin mengiklankan produk Anda secara gratis? Itulah yang akan Anda dapatkan melalui saluran media sosial. Anda masih harus sering menggunakan metode pemasaran tradisional, namun Anda dapat memposting produk Anda beberapa kali sehari di Facebook dan Twitter secara gratis

Manaikkan Peringkat SEO

Kabar baiknya adalah beberapa post dari media sosial Anda akan masuk ke mesin pencari. Salah satu postingan Anda mungkin sangat bagus sehingga para pelanggan akan langsung menghubungi perusahaan Anda untuk membeli produk.

Tips Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis Kecil

Sekarang Anda tahu mengapa Anda harus meluangkan waktu untuk menerapkan media sosial. Untuk mempelajari lebih jauh, berikut adalah cara menggunakan sosial media untuk bisnis kecil.

Memaksimalkan Twitter

Twitter adalah salah satu platform yang sangat bagus untuk usaha kecil. Twitter adalah media yang tepat untuk berinteraksi dengan para audiens Anda. Dengan sekitar 320 juta pengguna, Twitter adalah sebuah jalan penghubung tercepat dalam skala global. Keterlibatan para follower adalah salah satu kekuatan platform tersebut: Anda dapat menggunakan gambar, video dan jajak pendapat (polling) untuk menjalin komunikasi. Banyak pelanggan menggunakan Twitter sebagai alat komunikasi utama untuk bisnis. Untuk menggunakan Twitter secara efektif, bagaimanapun, berarti Anda harus responsif setiap saat. Para pelanggan atau followers yang menunggah postingan ke akun Twitter Anda untuk bertanya maupun mengeluh tentang produk Anda mengharapkan jawaban dalam waktu kurang dari satu jam.

Jadikan Facebook sebagai Prioritas Anda

Dengan jumlah pengguna sekitar 1,8 miliar membuat Facebook ideal untuk usaha kecil dan pemula yang perlu mempromosiakan brand sebanyak mungkin. Selain itu,  Anda tidak perlu memposting di Facebook sesering yang Anda lakukan di Twitter. Anda harus membaca dan menanggapi posting setiap hari, terutama postingan yang memerlukan respons layanan pelanggan, namun jika Anda memposting satu atau dua kali dalam seminggu, tidak masalah. Anda dapat memposting video, gambar, dan link ke berbagai sumber di Facebook. Jika Anda hanya memilih satu platform media sosial, pilihlah Facebook

Tentukan apakah Instagram Cocok dengan Brand Anda

Instagram adalah surga bagi pecinta visual. Media sosial yang dimiliki oleh Facebook ini adalah ‘All-in-One’ media sosial, dalam platform ini, Anda dapat mengunggah foto atau video. Dengan lebih dari 600 juta pengguna, Anda tidak dapat menganggap remeh Instagram, namun Anda dapat menentukan apakah bisnis Anda dapat berkembang atau tidak jika menggunakan media sosial yang satu ini. Jika bisnis Anda berkaitan dengan seni, traveling, fashion atau makanan, maka Anda dapat menggunakan Instagram. Jika bisnis Anda tidak memiliki cita rasa artistik, Instagram mungkin bukan sebuah tempat untuk  menghabiskan banyak waktu Anda.

Pertimbangkan Pinterest Untuk Pemasaran Visual

Apa itu Pinterest? Pinterest adalah platform berorientasi visual selain instagram. Kebanyakan pengguna platform ini adalah wanita, dan lagi, bisnis dalam fashion, kuliner, proyek DIY, dan kecantikan akan lebih berkembang di Pinterest. Elebihan dari platform ini adalah Pinterest disusun dalam kategori dan juga bergaya pinboard. Jika bisnis Anda sangat bergantung pada pemasaran visual, pertimbangkan untuk menggunakan Pinterest

Itulah beberapa poin tentang pentingnya sosial media untuk bisnis kecil. Tidak peduli platform sosial mana yang Anda gunakan, keseimbangan adalah kuncinya. Selain itu, memposting referensi dan informasi tentang sumber yang relevan, dan berkomunikasi dengan pelanggan adalah kunci kesuksesan dalam sosial media.