Pentingnya Mengembangkan Sebuah Branding Bagi Kesuksesan Bisnis Anda

Muhamad Amirullah

Dalam bisnis. selain memiliki sebuah logo yang mudah untuk diingat oleh banyak orang ternyata merek (brand)  yang baik juga dapat meningkatkan nilai sebuah perusahaan, menambah motivasi karyawan, dan juga dapat dijangkau oleh pelanggan baru dengan lebih mudah. Namun apakah pentingnya merek (brand) itu sendiri?

Sebuah merek (brand) dapat mewakili pandangan para pelanggan tentang layanan, reputasi, periklanan, dan logo dari perusahaan Anda. Bila semua bagian bisnis ini berjalan dengan baik, maka keseluruhan merek (brand) akan cenderung memiliki reputasi yang baik pula. Di sisi lain, kita semua mungkin tahu perusahaan yang menawarkan produk atau layanan terbaik, namun memiliki merek (brand) dengan reputasi yang kurang baik atau bahkan buruk.

Menciptakan, membangun dan mempertahankan sebuah brand tidaklah merupakan hal yang mudah. Jika Anda berpikir bahwa yang dibutuhkan hanyalah logo yang mencolok dan nama yang bagus, maka brand Anda akan gagal untuk berkembang. Agar bisa diperhatikan dan benar-benar tahan ujian waktu Anda harus kreatif dalam pendekatan Anda dan melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan oleh orang lain sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa tips tentang cara mengembangkan brand untuk kesuksesan bisnis Anda:

Pentingnya konsisitensi

Pada umumnya, ada banyak bisnis yang membuat kesalahan dengan berpikir bahwa konsistensi merupakan sebuah hal yang membosankan, namun, melakukan konsistensi dalam jangka yang panjang dapat membuat brand Anda dikenal oleh konsumen. Salah satu contohnya adalah Cola Cola. Coca Cola bukan hanya sekedar sebuah brand,: logo dengan warna merah dan putih mengingatkan konsumen akan Santa Claus dan juga beruang kutub. Bahkan Anda biasa mendengar orang mengatakan, “Rasanya Natal tidak akan lengkap  sampai iklan Coca Cola mulai ditayangkan.” Inilah salah satu alasan mengapa mereka berhasil mencapai status ikonik seperti itu pada musim liburan adalah karena konsistensi mereka.

Membuat webisite yang original

Catat kata ‘original’. Tidak ada salahnya untuk mengambil inspirasi dari orang lain, tapi jangan menyalin seluruh situs web tersebut, terutama yang ada di industri terkait. Ada banyak bisnis memiliki kecenderunagn untuk meniru situs-situs lain dikarenakan kesusksesan mereka. Namun, dalam banyak situasi, alasan utama mengapa mereka sukses adalah karena adanya originalitas. Sebuah desain sebuah situs web akan lebih baik dibuat sendiri dari nol dari pada harus menggunakan template yang ada karena Anda dapat mengambil semuanya dari penempatan gambar hingga tipografi.

Memiliki akun Instagram

Instagram adalah salah satu jaringan sosial yang sedang populer saat ini. Berbeda dengan yang lain (facebook, Twitter, dan sebagainya), Instagram memungkinkan Anda untuk mengubah gambar menjadi sebuah karya seni yang nyata, hal ini bertujuan untuk memastikan Anda terus memperkuat citra dari brand Anda. Selain itu, semakin banyak pengikut Anda maka secara otomatis brand Anda akan dikenal luas oleh para konsumen.

Buat konsumen Anda merasa terlibat

Dengan melakukan branding terhadap pelanggan Anda dapat membuat mereka merasa seperti mereka telah bergabung dengan sebuah komunitas yang eksklusif. Perusahaan pada umumnya akan membuat nama khusus untuk sekelompok penggemar setia mereka, misalnya, band rock alternatif 30 Seconds to Mars memanggil anggota klub penggemar mereka dengan sebutan ‘The Echelon’ dan banyak orang bergabung hanya untuk menjadi bagian dari kelompok mereka. Saat membangun brand, Anda memberi penghargaan kepada ‘anggota’ Anda dengan sebuah panggilan khas.

Tidak hanya menggunakan teknologi digital

Banyak bisnis baru menghindari metode pemasaran tradisional dan hanya berfokus pada alternatif digital; jangan membuat kesalahan seperti ini. Misalnya, pemasaran melalui pamphlet dan brosur masih bisa sangat efektif. Meskipun lebih mahal dan tidak seefisien email, tapi umumnya menghasilkan hasil yang lebih baik dari pada menggunakan pemasaran digital.

Hindarilah melakukan spam

Spam adalah kutukan Internet dan semua orang membencinya; Namun, pemasaran melalui email yang solid bisa menjadi aset bagi brand Anda. Seperti pada umunya, kirimkan saja buletin email bila ada yang ingin Anda promosikan, dan jangan mengirim lebih dari tiga sampai empat email setiap bulan.

Memberikan merchandise untuk promosi

Alat tulis dan barang promosi lainnya dapat membuat bisnis Andaberkembang dalam jumlah yang sangat besar dengan biaya yang sangat rendah. Menurut Impressions Marketing, pena akan melewati sekitar 14 tangan sebelum dibuang. Dan secara otomatis ada 14 orang berbeda yang berpotensi melihat logo Anda.

Itulah beberapa tips tentang cara mengembangkan brand untuk kesuksesan bisnis Anda. Semoga beberapa tips tersebut bermanfaat agar bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini semakin berkembang dan juga dapat bersaing dengan brand lainnya yang ada di pasaran.