Pentingnya Sistem Keamanan untuk Bisnis Online

Muhamad Amirullah


Rincian pembayaran, data transaksi pembayaran dan juga Informasi pribadi seorang pelanggan merupakan hal yang sensitive dalalm sebuah bisnis online karena beberapa hal tersebut jika jatuh k tangan yang salah dapat dijual dengan harga yang tinggi dan membahayakn bisnis Anda.

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, popularitas online shop terus tumbuh secara pesat di seluruh dunia, oleh karena itu,keamanan menjadi hal yang terpenting, tidak hanya bagi para pemilik bisnis yang beroperasi melalui internet, dalam upaya untuk meningkatkan kepercayaan dan kepercayaan pelanggan. Hal ini dapat dicapai terutama dengan meminimalkan risiko yang dihadapi pelanggan secara online.

Beberapa alasan mengapa keamanan sangat penting untuk bisnis online

Pada akhir akhir ini terdapat banyak laporan tentang para pelanggan yang telah menjadi korban pelanggaran hacking dan data pribadi mereka, hal ini disebabkan oleh tingkat keamanan yang tidak cukup kuat. Konsekuensi dari hal ini dapat menyebabkan reputasi perusahan menurun dan konsekuensi finansial yang tidak dapat diperbaiki lagi. Dengan demikian, keamanan online sangat penting dalam membantu bisnis dalam mengatasi ancaman terhadap situs mereka dan menghindari hilangnya data pribadi dan sensitif lainnya.

Selain itu, sistem keamana yang tinggi Ijuga dapat mempromosikan penjualan produk milik perusahaan Anda, hal ini karena konsumen secara alami akan memilih melakukan pembelian dari sebuah website yang mereka yakini benar-benar aman. Agar membuat website Anda menjadi sebuah tempat yang aman untuk melakukan transaksi jual beli maka Anda sebagai pemilik bisnis harus menyadari beberapa layanan keamanan yang dapat memastikan bahwa website Anda dilindungi secara menyeluruh sehingga kepercayaan konsumen dapat meningkat.

Pentingnya Otentifikasi

Arti kata otentikasi itu sendiri adalah proses identifikasi bahwa baik toko maupun pelanggan tersebut valid. Proses ini dapat membuat kedua belah pihak bisa tenang dengan mengetahui bahwa ada pembeli dan penjual asli. Dengan mendapatkan sertifikat digital adalah salah satu cara untuk mengotentikasi seorang pedagang atau penjual yang valid. Dengan cara ini, para pembeli dapat mengetahui jika sebuah website yang mereka kirimkan informasi sensitif sebenarnya adalah sebuah website yang vaild, bukan pihak ketiga yang menyamar sebagai toko online.

Dengan menggunakan Secure Socket Layers (SSL)  yang berguna untuk mengenkripsi data dari pelanggan ke server dan mencegah interferensi pihak ketiga, dan juga terdapat (PKI) Public Key Infrastructure untuk memastikan privasi dan integritas dapat terjaga.

Pentingnya Keamanan web host

Dengan menggunakan SSL (Secure Socket Layers) beberapa rincian kartu kredit dapat dikirim dengan aman, namun tetap saja banyak pelanggan merasa khawatir tentang apa yang terjadi dengan informasi pribadi mereka ketika transaksi telah selesai dilakukan. Hal ini dikarenakan rincian pembayaran diperlukan untuk e-commerce sehingga penting bagi pedagang atau penjual produk untuk menyimpan informasi tersebut dengan aman dan di tempat yang aman. Data tersebut dapat disimpan di server pemasok web hosting, di PC yang terpisah atau bahkan di disk. Namun, dengan menggunakan layanan dari penyedia web hosting berkualitas tinggi, Anda dapat mengidentifikasi pola atau serangan berbahaya yang mungkin tidak terdeteksi oleh perangkat lunak  Anda.

Melihat dari sudat pandang pelanggan

Terdapat beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa keamanan dari website Anda. Salah satunya adalah melalui proses pembelian, memilih produk dan melakukan pembayaran, seolah-olah Anda adalah pelanggan. Ini akan memberi peluang kepada perusahaan untuk membuat sistem keamana yang dapat terus diimprovisasi untuk memastikan semua layanan stelah berjalan dengan lancar..

Seperti contohnya ketika  melakukan input data kartu kredit, Anda harus memastikan jika browser Anda sedang terhubung dengan server menggunakan SSL. Jika browser tidak mengenali sertifikat SSL server, segera perbaiki hal tersebut karena pelanggan mungkin tidak menganggap situs tersebut cukup dapat dipercaya untuk menyelesaikan transaksi penjualan atau pembelian.

Selain itu, faktor keamanan lainnya adalah penggunaan username dan kata sandi. Username dan kata sandi yang aman haruslah terdiri dari kombinasi angka dan juga huruf agar tidak dapat lebih aman digunakan. Jika pelanggan gagal mengetikkan kata sandi yang benar setelah lima kali mencoba, maka akun tersebut dapat ‘dikunci’ untuk menghindari pencurian beberapa data penting milik pelanggan tersebut.

Daripada menunggu kerusakan atau pencurian data terjadi, seorang pemilik bisnis harus melakukan tindakan pencegahan agar website Anda dapat lebih dipercaya oleh para pelanggan. Selain itu, para pelanggan juga harus meningkatkan kewaspadaan saat berbelanja online di sebuah website.