Tips Mempromosikan Bisnis Wedding Organizer Secara Efektif

Muhamad Amirullah


Bisnis wedding organizer dapat dikatakan sebagai sebuah  konsep bisnis yang relatif baru. Namun, konsep ini telah dijalankan dengan baik oleh banyak pengusaha saat ini karena meningkatnya permintaan pasar, biaya yang rendah untuk menjalankannya dan keuntungan yang didapatkan cukup tinggi. Karena bisnis ini terbilang cukup baru, maka strategi promosinya harus dilakukan dengan baik dan efektif.

Ketika Anda mengembangkan bisnis wedding organizer, sangat penting untuk melakukan promsi agar basis pelanggan Anda dapat tumbuh berkembang. Berikut adalah beberapa tips mempromosikan bisnis wedding organizer secara efektif yang dapat memastikan pertumbuhan dan ekspansi bisnis yang cepat, tanpa menghabiskan banyak uang untuk pemasaran.

1. Memiliki kartu nama bisnis

Jangan pernah meremehkan kekuatan alat pemasaran yang satu ini. Bahkan di zaman teknologi yang serba digital seperti saat ini, kartu nama yang ringkas dan dicetak secara profesional masih sangat penting. Anggaplah kartu nama tersebut sebagau sebuah brosur berukuran kecil. Banyak pemilik usaha wedding organizer memilih format kartu bisnis ini karena lebih banyak informasi yang dapat dimasukkan, sementara kartu tersebut tetap cukup kecil untuk dapat dimasukkan ke dalam dompet atau saku.

Sertakan nama bisnis Anda, informasi kontak (email, telepon atau bahkan website yang dimiliki), nama Anda, serta beberapa testimonial dari klien sebelumnya. Selalu bawa kartu nama ini karena Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan bertemu dengan klien potensial. Bagikan kartu ini kepada para rekan bisnis Anda seperti penjual bunga, katering atau juga  fotografer sehingga bisnis Anda akan semakin dikenal secara luas.

2. Membuat brosur yang informatif

Tak hanya kartu nama, membuat brosur yang informatif juga sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda. Sebuah brosur yang dirancang secara profesional akan dapat membantu memperkuat brand Anda sebagai penyedia jasa wedding organizer yang profesional. Ini karena, banyak calon klien atau pelanggan akan membuat penilaian pertama tentang perusahaan Anda berdasarkan pada brosur tersebut, jadi pastikan brosur tersebut dibuat dan diproduksi dengan sangat baik.

Brosur yang Anda buar harus memiliki semua informasi penting terkait bisnis Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan beberapa foto terbaik dari acara pernikahan yang telah Anda rancang. Maksimalkan peluang kesuksesan Anda dengan memastikan bahwa brosur perusahaan tersebut cocok dengan jenis bisnis yang Anda miliki. Tak hanya itu, Anda juga dapat mencantumkan beberapa kontak partner bisnis Anda, seperti katering, toko bunga, fotografer, dan beberapa vendor lain yang bekerja sama dengan bisnis Anda.

3. Menemukan pelanggan pertama bisnis Anda

Menemukan pelanggan pertama dapat dikatakan sebagai sebuah tantangan terbesar yang harus dihadapi. Pada umumnya, masalah terbesar yang dimiliki oleh para pemilik wedding organizer adalah bahwa mereka tidak tahu bagaimana memenuhi permintaan  calon klien yang terbaik dan mengambil strategi pemasaran yang menyeluruh,

Untuk mendapatkan klien pertama, Anda harus mempromosikan ide Anda terlebih dahulu, dan kemudian brand Anda pada pasar yang tertarik dengan jasa Anda. Jika Anda tidak melakukan hal tersebut, maka tidak ada gunanya membuang-buang uang dan waktu dalam kampanye pemasaran yang tidak ada tujuannya.

4. Membuat portofolio bisnis

Ketika Anda mengerjakan proyek dari klien atau pelanggan pertama Anda, bersiaplah untuk memenuhi harapan yang tinggi mereka. Coba dan jadikan acara tersebut mendapatkan kesuksesan yang besar.  Kelola acara dengan sukses dan pekerjakan seorang fotografer profesional untuk mengabadikan momen terbaik dari acara pernikahan tersebut. Setelah itu, unggahlah beberapa foto tersebut di bagian portofolio website Anda. Hal tersebut selain dapat membuat bisnis wedding organizer Anda terlihat lebih profesional, ternyata juga dapat meningkatkan brand dari bisnis yang Anda miliki. Dengan semakin baik reputasi yang dimiliki oleh sebuah brand, maka bisnis tersebut akan selalu mendapatkan banyak calon pelanggan atau klien potensial.                                                                            

5. Menjaga hubungan dengan para pelanggan

Menjaga hubungan dengan para pelanggan merupakan hal yang penting. Anda dapat mengirimkan ucapan selamat dan mengirimkan pesan pada hari libur kepada klien Anda. Beri tahu mereka tentang penawaran dan diskon yang Anda miliki, dan lihat apa yang akan terjadi.

Tetap berhubungan secara teratur dengan para pelanggan yang ada sebenarnya merupakan cara yang bagus untuk mengingatkan mereka bahwa Anda selalu ada untuk melayani kebutuhan mereka. Jika pelanggan tersebut puas dengan layanan yang Anda lakukan, maka secara otomatis mereka akan merekomendasikan bisnis Anda pada teman atau kolega mereka. Hal tersebut dapat membuat bisnis wedding organizer Anda untuk terus selalu menadapatkan calon pelanggan dan bisnis Anda akan semakin dikenal secara luas.

Tak hanya itu, menjaga hubungan dengan para vendor juga adalah hal yang penting. Ini karena, seluruh strategi  pemasaran Anda tidak akan sia-sia jika Anda gagal mempertahankan hubungan yang baik dengan beberapa vendor tersebut.

6. Memiliki sebuah website sebagai media informasi dan juga promosi

Memiliki sebuah website bisnis adalah landasan dari setiap usaha apapun. Bahkan sebelum Anda mencetak kartu nama, Anda harus memiliki website untuk perusahaan Anda. Kehadiran website ini memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda. Melalui sebuah website, Anda dapat menampilkan beberapa hasil pekerjaan (portofolio) Anda untuk menarik perhatian para calon pelanggan. Selain itu, para pelanggan juga akan lebih mudah menghubungi Anda ketika Anda menampilkan kontak informasi bisnis pada website tersebut. Oleh karena itu, memiliki website yang dibuat dengan serius adalah hal yang penting sehingga Anda harus memilih penyedia jasa pembuatan website profesional yang terpercaya.

Itulah beberapa tips mempromosikan bisnis wedding organizer secara efektif. Dengan mengikuti beberapa tips tersebut, bisnis wedding organizer yang Anda miliki akan semakin dikenal secara luas oleh masyarakat, yang mana hal ini akan berdampak pada peningkatkan penjualan jasa yang Anda miliki.

Muhamad Amirullah

res.partner(7,)